Page 158 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 158

yang  berkaitan  dengan  bilangan  dan  matematika  diskrit  khususnya  permasalahan  yang
                     sering  mengemuka  di  saat  pembelajaran  di  sekolah.  Materi  yang  dibahas  adalah  Faktor

                     Pembagi Terbesar, Teorema Aritmetika Fundamental, Kongruensi, Fungsi-Fungsi Teoretik
                     Bilangan Multiplikatif, Lebih Jauh tentang Relasi Equivalensi dan Partisi, Pohon-Pohon, dan

                     Teori Graf.


                     5.  Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis TIK (3 SKS)

                     Mata  kuliah  ini  bertujuan  untuk  memberi  membekali  mahasiswa  pengetahuan  dan
                     keterampilan  untuk  mengembangkan  media  dan  pembelajaran  matematika  berbasis  TIK

                     berdasarkan  kerangka  Pengetahuan  Teknologi  Pedagogi  dan  Konten  (Tecnological
                     Pedagogical  and  Content  Knowledge).  Materi  yang  dibahas  adalah  Kerangka  TPACK,

                     Peranan TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, Model-model pengembangan media dan

                     pembelajaran berbasis TIK, Model-model evaluasi media dan pembelajaran berbasis TIK,
                     Studi kasus pengembangan model dan pembelajaran matematika dan evaluasinya.



                     6.  Seminar Pendidikan Matematika (3 SKS)
                     Mata Kuliah Seminar Pendidikan Matematika bertujuan untuk mengembangkan pemikiran

                     logis, kritis, sistematis, dan kreatif. Mata kuliah ini  menyusun konsepsi ilmiah pemecahan
                     masalah pendidikan matematika dalam bentuk makalah, mengeksplorasi etnomatematika,

                     serta rumusan konseptual  penerapan etnomatematika dalam pembelajaran matematika di
                     kelas.




                     7.  Landasan Pendidikan Lanjut (3 SKS)

                     Mata  kuliah  ini  bertujuan  mengkaji  landasan  dan  tujuan  pendidikan  pada  umumnya,
                     mengevaluasi teori dan praktek pendidikan nasional dan internasional, mengkreasi ide baru

                     landasan  pendidikan,  dan  menerapkannya  sebagai  agen  tranformasi  dalam  praktek
                     pendidikan profesional  sehari-hari. Kajian materi meliputi  Konsep, tujuan,  dan landasan

                     pendidikan munurut pemikir-pemikir terkenal di dunia, seperti Aristoteles, Giambista Vico,

                     George Berkely, Immanuel Kant, John Locke, John Dewey, Jean Piaget, Vigotsky, Von
                     Glaserfeld, dan termasuk oleh pemikir dan Pahlawan Pendidikan Nasional, sepertti  Ki Hajar

                     Dewantara, R.A Kartini, Dewi Sartika, KH. Hasyim Asy’ari,  dan KH. Ahmad Dahlan dan





                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         154
   153   154   155   156   157   158   159   160   161   162   163