Page 208 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 208

7)    PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DAN ASESMEN HASIL BELAJAR
                                   Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman, pengalaman
                                   dan  peningkatan  wawasan  mahasiswa  terkait  pengintegrasian  berbagai
                                   model pendekatan dan strategi pembelajaran, baik yang bersifat korelated
                                   maupun integrated dalam konteks pendidikan dasar serta terkait dengan
                                   asesmennya. Disamping itu juga dikaji berbagai filsafat pendidikan yang
                                   melandasi  lahirnya  pendekatan  terintegrasi  dan  aplikasinya  bagi
                                   pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar.

                             8)    DISERTASI
                                   Penulisan disertasi diawali dengan seminar proposal penelitian disertasi.
                                   Seminar ini membahas aspek-aspek metodologis mengenai penyusunan
                                   usulan  penelitian,  terutama  yang  berkaitan  dengan  kriteria  pemilihan
                                   variabe1,  logika  dalam pengajuan hipotesis,  memilih  metode  penelitian
                                   yang sesuai dengan tujuan penelitian, penyesuaian dan uji coba instrumen,
                                   teknik  pengambilan  contoh  (sampel)  yang  relevan  serta  teknik  analisis
                                   yang  sesuai  dengan  jenis  data.  Selanjutnya,  penelitian  disertasi
                                   dilaksanakan  dengan  memanfaatkan  metodologi  kuantitatif  maupun
                                   kualitatif. Dengan demikian penulisan disertasi mencakup: latar belakang
                                   masalah,  perumusan  masalah  dan  tujuan  penelitian,  kajian  teoretis
                                   tentang konsep-konsep yang diteliti dan disertai kerangka berpikir peneliti
                                   itu  sendiri.  Metodologi  penelitian  dirinci  sesuai  dengan  masalah·  dan
                                   tujuan penelitian. Terakhir peneliti menafsirkan dan menarik kesimpulan
                                   dari semua unsur tersebut dituliskannya dalam bentuk tesis yang dapat
                                   dipertanggungjawabkan secara akademik.

                             9)    APLIKASI STATISTIK DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN DASAR
                                   Mata kuliah ini bertujuan menyajikan dasar-dasar analisis data kuantitatif
                                   serta  penerapannya  dalam  penelitian  kuantitatif.  Topik  yang  disajikan
                                   dalam  mata  kuliah  ini  meliputi:  teori  peluang,  analisis  data  kuantitatif
                                   (statistic), prosedur analisis data deskriptif melalui sajian dasar distribusi
                                   frekwensi, sajian visual grafik dan histogram, pengukuran tendensi sentral,
                                   variabilitas dan dispersi; pemilihan teknik analisis, pengukuran asosiasi dan
                                   korelasi, uji persyaratan analisis, estimasi (predictability and estimation)
                                   pengujian  hipotesis,  konsep  inferensi,  dan  teknik  analisis  data  dengan
                                   Analisis  Varians  Satu  Jalur,  Dua  Jalur,  dan  Tiga  Jalur;  Analisis  Regresi
                                   Sederhana,  Analisis  Regresi  Ganda  dan  Jamak;  Analisis  Kovarians  Satu
                                   Jalur, Dua Jalur, dan Tiga Jalur; dan Analisis Jalur (Path Analysis). Distribusi
                                   sampling  dibicarakan  dalam  kaitannya  dengan  bahasan  interval
                                   kepercayaan     (confidence    interval,   estimated    and    statistical
                                   inference).Untuk  penguasaan  konsep  analisis,  mahasiswa  diberi  tugas-
                                   tugas  latihan  penerapan  teknik  analisis  data.  Sebagai  tugas  akhir,
                                   mahasiswa membuat






                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         204
   203   204   205   206   207   208   209   210   211   212   213