Page 208 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 208
7) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DAN ASESMEN HASIL BELAJAR
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman, pengalaman
dan peningkatan wawasan mahasiswa terkait pengintegrasian berbagai
model pendekatan dan strategi pembelajaran, baik yang bersifat korelated
maupun integrated dalam konteks pendidikan dasar serta terkait dengan
asesmennya. Disamping itu juga dikaji berbagai filsafat pendidikan yang
melandasi lahirnya pendekatan terintegrasi dan aplikasinya bagi
pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar.
8) DISERTASI
Penulisan disertasi diawali dengan seminar proposal penelitian disertasi.
Seminar ini membahas aspek-aspek metodologis mengenai penyusunan
usulan penelitian, terutama yang berkaitan dengan kriteria pemilihan
variabe1, logika dalam pengajuan hipotesis, memilih metode penelitian
yang sesuai dengan tujuan penelitian, penyesuaian dan uji coba instrumen,
teknik pengambilan contoh (sampel) yang relevan serta teknik analisis
yang sesuai dengan jenis data. Selanjutnya, penelitian disertasi
dilaksanakan dengan memanfaatkan metodologi kuantitatif maupun
kualitatif. Dengan demikian penulisan disertasi mencakup: latar belakang
masalah, perumusan masalah dan tujuan penelitian, kajian teoretis
tentang konsep-konsep yang diteliti dan disertai kerangka berpikir peneliti
itu sendiri. Metodologi penelitian dirinci sesuai dengan masalah· dan
tujuan penelitian. Terakhir peneliti menafsirkan dan menarik kesimpulan
dari semua unsur tersebut dituliskannya dalam bentuk tesis yang dapat
dipertanggungjawabkan secara akademik.
9) APLIKASI STATISTIK DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN DASAR
Mata kuliah ini bertujuan menyajikan dasar-dasar analisis data kuantitatif
serta penerapannya dalam penelitian kuantitatif. Topik yang disajikan
dalam mata kuliah ini meliputi: teori peluang, analisis data kuantitatif
(statistic), prosedur analisis data deskriptif melalui sajian dasar distribusi
frekwensi, sajian visual grafik dan histogram, pengukuran tendensi sentral,
variabilitas dan dispersi; pemilihan teknik analisis, pengukuran asosiasi dan
korelasi, uji persyaratan analisis, estimasi (predictability and estimation)
pengujian hipotesis, konsep inferensi, dan teknik analisis data dengan
Analisis Varians Satu Jalur, Dua Jalur, dan Tiga Jalur; Analisis Regresi
Sederhana, Analisis Regresi Ganda dan Jamak; Analisis Kovarians Satu
Jalur, Dua Jalur, dan Tiga Jalur; dan Analisis Jalur (Path Analysis). Distribusi
sampling dibicarakan dalam kaitannya dengan bahasan interval
kepercayaan (confidence interval, estimated and statistical
inference).Untuk penguasaan konsep analisis, mahasiswa diberi tugas-
tugas latihan penerapan teknik analisis data. Sebagai tugas akhir,
mahasiswa membuat
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 204