Page 209 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 209

10)   METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN DASAR
                                   Mata kuliah ini bertujuan untuk menyajikan falsafah, dasar metotodologis
                                   dan operasionalisasi penelitian dalam bidang pendidikan, yang difokuskan
                                   pada penelitian kuantitatif, dan kepustakaan. Topik perkuliahan dan tugas-
                                   tugas akan meliputi dasar logika penelitian ilmiah, formulasi permasalahan,
                                   peranan  pengembangan  kerangka  teoretik,  pemilihan  variabel  dan  tata
                                   hubungannya, perumusan hipotesis dan pemilihan teknik analisis data yang
                                   tepat. Juga dibahas macam-macam strategi dan jenis penelitian, langkah-
                                   langkah penyusunan proposal penelitian dan aspek-aspek evaluasi proposal
                                   maupun hasil penelitian. Di samping itu, dikaji juga tentang desain-desain
                                   penelitian,  konsep  mendalam  mengenai  populasi  dan  sampling,
                                   instrumentasi  serta  kalibrasinya,  aplikasi  analisi  jalur  dan  LISREL,  analisis
                                   diskriminan, analisis canonikal, R & D, dan teknik penulisan ilmiah, sehingga
                                   mahasiswa mampu menyelesaikan disertasi secara efektif.

                             11)   BISNIS PERPEKTIF TRI HITA KARANA
                                   Matakuliah ini bertujuan mengajarkan pada mahasiswa tentang bagaimana
                                   berbisnis  yang  baik  sehingga  mampu  merancang  bisnis  yang  dapat
                                   memberikan  keuntungan  bagi  diri  sendiri  maupun  mampu  memberikan
                                   pekerjaan bagi orang lain. Dalam merancang atau melatih berbisnis tersebut,
                                   dimasukkan nilai-nilai kearifan lokan Bali yaitu Ti Hita Karana sehingga akan
                                   dilahirkan  pebisnis  yang  menjunjung  tinggi  nilai-nilai  agama,  saling
                                   menghormati, dan bisnis yang tidak merusajk lingkungan.

                             12)   ANALISIS KEBIJAKAN & STRATEGI PEMBANGUNAN PENDAS
                                   Mata  kuliah  ini  menekankan  pada  upaya  pengkajian  terhadap  sejarah
                                   lengkap  asal  usul  serta  perkembangan  studi  dan  praktik  kebijakan
                                   pendidikan  dasar,  dengan  menekankan  pada  pelatihan  keterampilan
                                   berpikir mahasiswa. Disamping itu, mata kuliah ini juga membelajarkan tipe-
                                   tipe  analisis  dalam  kebijakan  pendidikan  dasar  dan  proses  pembuatan
                                   kebijakan  pendidikan  dasar.  Disisi  lain,  mahasiswa  juga  akan  dibekali
                                   kemampuan  dan  keterampilan  dalam  mata  kuliah  ini  terkait  dengan
                                   beberapa pendekatan dan sejumlah metode analisis yang digunakan dalam
                                   mengkaji  kebijakan  pendidikan  dasar.  Untuk  mencapai  tujuan  tersebut,
                                   maka melalui mata kuliah ini juga dibelajarkan tentang: landasan dan latar
                                   belakang filosofis, sosiologis, politis, dan ekonomis dibalik perkembangan
                                   kebijakan pendidikan dasar di berbagai kawasan. Pada bagian akhir, mata
                                   kuliah  ini berisikan  kontribusi ilmu  kebijakan  dalam  proses  politisasi,  dan
                                   demokratisasi kebijakan pendidikan dasar.

                             13)   ETNO-PEDAGOGI DAN TRI HITA KARAKA
                                   Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami perkembangan
                                   konsep peserta didik, berbasis pada kajian etno pedagogic dan pedagogik
                                   kontemporer, serta mengaitkannya dengan nilai budaya Bali Tri Kita karana.
                                   Berbagai  aliran  dalam  psikologi  belajar  dikaji  keterkaitannya  secara  kritis




                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         205
   204   205   206   207   208   209   210   211   212   213   214