Page 209 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 209
10) METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN DASAR
Mata kuliah ini bertujuan untuk menyajikan falsafah, dasar metotodologis
dan operasionalisasi penelitian dalam bidang pendidikan, yang difokuskan
pada penelitian kuantitatif, dan kepustakaan. Topik perkuliahan dan tugas-
tugas akan meliputi dasar logika penelitian ilmiah, formulasi permasalahan,
peranan pengembangan kerangka teoretik, pemilihan variabel dan tata
hubungannya, perumusan hipotesis dan pemilihan teknik analisis data yang
tepat. Juga dibahas macam-macam strategi dan jenis penelitian, langkah-
langkah penyusunan proposal penelitian dan aspek-aspek evaluasi proposal
maupun hasil penelitian. Di samping itu, dikaji juga tentang desain-desain
penelitian, konsep mendalam mengenai populasi dan sampling,
instrumentasi serta kalibrasinya, aplikasi analisi jalur dan LISREL, analisis
diskriminan, analisis canonikal, R & D, dan teknik penulisan ilmiah, sehingga
mahasiswa mampu menyelesaikan disertasi secara efektif.
11) BISNIS PERPEKTIF TRI HITA KARANA
Matakuliah ini bertujuan mengajarkan pada mahasiswa tentang bagaimana
berbisnis yang baik sehingga mampu merancang bisnis yang dapat
memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun mampu memberikan
pekerjaan bagi orang lain. Dalam merancang atau melatih berbisnis tersebut,
dimasukkan nilai-nilai kearifan lokan Bali yaitu Ti Hita Karana sehingga akan
dilahirkan pebisnis yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama, saling
menghormati, dan bisnis yang tidak merusajk lingkungan.
12) ANALISIS KEBIJAKAN & STRATEGI PEMBANGUNAN PENDAS
Mata kuliah ini menekankan pada upaya pengkajian terhadap sejarah
lengkap asal usul serta perkembangan studi dan praktik kebijakan
pendidikan dasar, dengan menekankan pada pelatihan keterampilan
berpikir mahasiswa. Disamping itu, mata kuliah ini juga membelajarkan tipe-
tipe analisis dalam kebijakan pendidikan dasar dan proses pembuatan
kebijakan pendidikan dasar. Disisi lain, mahasiswa juga akan dibekali
kemampuan dan keterampilan dalam mata kuliah ini terkait dengan
beberapa pendekatan dan sejumlah metode analisis yang digunakan dalam
mengkaji kebijakan pendidikan dasar. Untuk mencapai tujuan tersebut,
maka melalui mata kuliah ini juga dibelajarkan tentang: landasan dan latar
belakang filosofis, sosiologis, politis, dan ekonomis dibalik perkembangan
kebijakan pendidikan dasar di berbagai kawasan. Pada bagian akhir, mata
kuliah ini berisikan kontribusi ilmu kebijakan dalam proses politisasi, dan
demokratisasi kebijakan pendidikan dasar.
13) ETNO-PEDAGOGI DAN TRI HITA KARAKA
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami perkembangan
konsep peserta didik, berbasis pada kajian etno pedagogic dan pedagogik
kontemporer, serta mengaitkannya dengan nilai budaya Bali Tri Kita karana.
Berbagai aliran dalam psikologi belajar dikaji keterkaitannya secara kritis
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 205