Page 219 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 219

b.   memiliki   keterampilan     dalam    bidang    kependidikan     untuk
                                      mengembangkan kurikulum dan perangkat pembelajaran sesuai dengan
                                      perkembangan pengetahuan dan teknologi  dalam pembelajaran Bahasa
                                      Inggris
                                 c.   memiliki  keterampilan  untuk  melakukan  melakukan  penelitian
                                      interdisipliner,  multidisipliner  atau  transdisipliner,  pada  bidang
                                      pendidikan Bahasa Inggris dan inovasinya
                                 d.   memiliki keterampilan tentang penelitian yang tepat guna, terkini dan
                                      termaju  dan  memberikan  kemaslahatan  pada  umat  manusia  dalam
                                      bidang Pendidikan Bahasa Inggris  melalui pendekatan interdisipliner,
                                      multidisiplin,  atau  transdisipliner,  dalam  rangka  mengembangkan
                                      dan/atau menghasilkan penyelesaian masalah dalam bidang Pendidikan
                                      Bahasa Inggris
                                 e.   memiliki keterampilan untuk menyusun argumen dan solusi keilmuan
                                      dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris berdasarkan pandangan kritis
                                      atas   fakta,    konsep,    prinsip,   atau    teori    yang    dapat
                                      dipertanggungjawabkan  secara  ilmiah  dan  etika  akademik,  serta
                                      mengkomunikasikannya melalui forum dan/ atau jurnal ilmiah
                                 f.   Memiliki  keterampilan  mengorganisir  usaha  yang  berkaitan  dengan
                                      Pendidikan Bahasa Inggris, menginvestasikan waktu, energi, dan modal
                                      untuk  menciptakan,  mengembangkan,  dan  memasarkan  program,
                                      produk,  layanan,  atau  teknologi  untuk  meningkatkan  kuantitas  dan
                                      kualitas pembelajaran dan pendidikan Bahasa Inggris

                      03.6.  Bahan Kajian (Konsentrasi Bahasa Indonesia):
                              Bahan  kajian  adalah  suatu  bangunan  ilmu,  teknologi  atau  seni,  objek  yang
                              dipelajari, yang menunjukkan ciri cabang ilmu tertentu, atau dengan kata lain
                              menunjukkan bidang kajian atau inti keilmuan suatu program studi. Bahan kajian
                              dapat  pula  merupakan  pengetahuan/bidang  kajian  yang  akan  dikembangkan,
                              keilmuan  yang  sangat  potensial  atau  dibutuhkan  masyarakat  untuk  masa
                              datang.Langkah-langkah  yang  dapat  ditempuh  terkait  dengan  penyusunan
                              kurikulum berdasarkan bahan kajian adalah sebagai berikut
                              1.   Penentuan Bahan Kajian
                                 Penentuan  bahan  kajian  dilakukan  dengan  mengadakan  analisis  ontologi
                                 keilmuan bidang studi dalam diskusi prodi dan divalidasi oleh pengguna dan
                                 forum asosiasi program studi (IKAPROBSI). Berdasarkan hal itu dirumuskan
                                 bahan kajian Kurikulum S3 yang terdiri atas:Konsep Dasar Pendidikan Bahasa
                                 yang berisi (1)Etnopedagogi Lanjut Berperspektif THK dan Filsafat Bahasa
                                 dan  Sastra  dan  (A.2)  Bidang  Studi  Dasar  Pendidikan  Bahasa  yang  berisi
                                 Perkembangan Linguistik Mutakhir.(B) Iptek Pendukung  yang terdiri  atas :
                                 Metode Penelitian Bahasa ,Sastra dan Statistika lanjut dan  Pembelajaran
                                 Inovatif    Bahasa  dan  Sastra.(C)  Penciri  Prodi  (Konsentrasi)  yang  terdiri
                                 atas:1)AWK,2)Folklore  Digital  Berperspektif  THK,3)  Pengembangan
                                 Kurikulum  dan  Materi  Ajar  dan  Bahasa,4)Linguistik  Pendidikan
                                 Lanjut,5)Psikolinguistik  Lanjut,6)Linguistik  Antropologi,dan  7)  Studi  Olah




                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         215
   214   215   216   217   218   219   220   221   222   223   224