Page 219 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 219
b. memiliki keterampilan dalam bidang kependidikan untuk
mengembangkan kurikulum dan perangkat pembelajaran sesuai dengan
perkembangan pengetahuan dan teknologi dalam pembelajaran Bahasa
Inggris
c. memiliki keterampilan untuk melakukan melakukan penelitian
interdisipliner, multidisipliner atau transdisipliner, pada bidang
pendidikan Bahasa Inggris dan inovasinya
d. memiliki keterampilan tentang penelitian yang tepat guna, terkini dan
termaju dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia dalam
bidang Pendidikan Bahasa Inggris melalui pendekatan interdisipliner,
multidisiplin, atau transdisipliner, dalam rangka mengembangkan
dan/atau menghasilkan penyelesaian masalah dalam bidang Pendidikan
Bahasa Inggris
e. memiliki keterampilan untuk menyusun argumen dan solusi keilmuan
dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris berdasarkan pandangan kritis
atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat
dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta
mengkomunikasikannya melalui forum dan/ atau jurnal ilmiah
f. Memiliki keterampilan mengorganisir usaha yang berkaitan dengan
Pendidikan Bahasa Inggris, menginvestasikan waktu, energi, dan modal
untuk menciptakan, mengembangkan, dan memasarkan program,
produk, layanan, atau teknologi untuk meningkatkan kuantitas dan
kualitas pembelajaran dan pendidikan Bahasa Inggris
03.6. Bahan Kajian (Konsentrasi Bahasa Indonesia):
Bahan kajian adalah suatu bangunan ilmu, teknologi atau seni, objek yang
dipelajari, yang menunjukkan ciri cabang ilmu tertentu, atau dengan kata lain
menunjukkan bidang kajian atau inti keilmuan suatu program studi. Bahan kajian
dapat pula merupakan pengetahuan/bidang kajian yang akan dikembangkan,
keilmuan yang sangat potensial atau dibutuhkan masyarakat untuk masa
datang.Langkah-langkah yang dapat ditempuh terkait dengan penyusunan
kurikulum berdasarkan bahan kajian adalah sebagai berikut
1. Penentuan Bahan Kajian
Penentuan bahan kajian dilakukan dengan mengadakan analisis ontologi
keilmuan bidang studi dalam diskusi prodi dan divalidasi oleh pengguna dan
forum asosiasi program studi (IKAPROBSI). Berdasarkan hal itu dirumuskan
bahan kajian Kurikulum S3 yang terdiri atas:Konsep Dasar Pendidikan Bahasa
yang berisi (1)Etnopedagogi Lanjut Berperspektif THK dan Filsafat Bahasa
dan Sastra dan (A.2) Bidang Studi Dasar Pendidikan Bahasa yang berisi
Perkembangan Linguistik Mutakhir.(B) Iptek Pendukung yang terdiri atas :
Metode Penelitian Bahasa ,Sastra dan Statistika lanjut dan Pembelajaran
Inovatif Bahasa dan Sastra.(C) Penciri Prodi (Konsentrasi) yang terdiri
atas:1)AWK,2)Folklore Digital Berperspektif THK,3) Pengembangan
Kurikulum dan Materi Ajar dan Bahasa,4)Linguistik Pendidikan
Lanjut,5)Psikolinguistik Lanjut,6)Linguistik Antropologi,dan 7) Studi Olah
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 215