Page 221 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 221
Tabel 2.2 Pemetaan Keterkaitan Profil Prodi dengan CPL, Bahan Kajian dan Mata Kuliah
BAHAN KAJIAN
Mata Kuliah Inti Keilmuan MK Ipteks MK Pilihan
Pendu-kung
Capaian Pembelajaran:Sikap,Keterampilan Umum,dan MK Penciri
No Profil Konsepsi Bidang Studi Pendidikan
Keterampilan Khusus yang Diperlukan dalam era Industri 4.0 Prodi
Dasar Dasar Teknologi Dalam Luar
(Konsentrasi)
Pendidikan Pendidikan Prodi Prodi
(Bahasa) Bahasa
Dosen Prodi Sikap
Pendidikan 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu √ √ √ √ √
Bahasa menunjukkan sikap religious
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas √ √ √ √ √
berdasarkan agama, moral, dan etika
3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik √ √ √ √ √
4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,
memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara √ √ √ √ √
dan bangsa
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan
√ √ √ √ √
kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian
√ √ √ √
terhadap masyarakat dan lingkungan √
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan
√ √ √ √ √
bernegara;
8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan
√ √ √ √ √
kewirausahaan
9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang
√ √ √ √ √
keahliannya secara mandiri
10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang
√ √ √ √ √
pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri.
11. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik √ √ - √ √
Pengetahuan
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 217