Page 218 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 218

g.   mampu mengelola, termasuk menyimpan, mengaudit, mengamankan,
                                      dan menemukan kembali data dan informasi hasilpenelitian yang berada
                                      dibawah tanggung jawabnya
                                 h.   mampu  mengembangkan  dan  memelihara  hubungan  kolegial  dan
                                      kesejawatan  didalam  lingkungan  sendiri  atau  melalui  jaringan  kerja
                                      sama dengan komunitas peneliti diluar lembaga

                              4)   CPL Keterampilan Khsusus: (Konsentrasi Bahsa Indonesia)
                                 a.   Mahir berbahasa  lisan dan tulis dengan baik dan benar untuk keperluan
                                      umum, akademik, dan pekerjaan/profesi serta mampu  menggunakan
                                      salah satu bahasa daerah;
                                 b.   Mampu  mengapresiasi,  mengekspresi,  dan  mengreasi  sastra    secara
                                      lisan dan tulis serta mendeseminasikan dan mempublikasikannya;
                                 c.   Mampu menyusun peta jalan penelitian bidang kebahasaan, kesastraan,
                                      pendidikan bahasa, dan pendidikan sastra;
                                 d.   Mampu  mengembangkan  teori  kebahasaan,  kesastraan,  dan
                                      pendidikan/ pembelajaran bahasa dan sastra melalui penelitian dengan
                                      menerapkan pendekatan transdisiplin;
                                 e.   Mampu  menerapkan  pendekatan  inter-,  multi-,  atau  transdisipliner
                                      untuk memecahkan masalah dalam bidang bahasa, sastra, pendidikan
                                      bahasa, dan pendidikan sastra;
                                 f.   Mampu  menghasilkan  karya  kreatif,  orisil,  dan  teruji  dalam  bidang
                                      pendidikan bahasa dan sastra;
                                 g.   Mampu  mengembangkan  dan  memelihara  jaringan  kerja  dengan
                                      masyarakat profesi.
                                 h.   Mampu  mengembangkan  keterampilan  “Olah  Kata”dan  pengetahuan
                                      kebahasaan    menjadikannya  bahasa  dalam  kemasan  Slogan,
                                      memberikan  hiburan  melalui  tulisan  seperti,Joger  atau  media  visual
                                      (konten kreator) dalam kemasan “Studi Olah Kata”
                                 i.   Mampu mengembangkan keterampilan “Olah Kata” dan pengetahuan
                                      kebahasaan dalam upaya pemasaran produk barang dan jasa maupun
                                      promosi pendidikan (Sales Engineer) yang dikolaborasikan dengan TIK
                                      dalam kemasan “Bahasa Marketing Digital”
                                 j.   Mampu  mengembangkan  kesastraan  melalui  “Revitalisasi  Sastra
                                      Nusantara”  yang  mati  suri  ,khususnya  Folklore  menjadi  Film  animasi
                                      anak-anak berbasis budaya lokal Bali dalam wadah “Folklore Digital”
                                 k.   Mampu sebagai kreator pendidikan di bidang bahasa dan sastra.


                                 CPL Keterampilan Khsusus: (Konsentrasi Bahsa Inggris)
                                 a.   memiliki keterampilan untuk mengembangkan bidang kajian Pendidikan
                                      Bahasa Inggris untuk bisa memberikan kontribusi pada pengembangan
                                      dan  pengamalan  teknologi    dan  Ilmu  Pendidikan  Bahasa  Inggris
                                      berdasarkan pemikiran logis, kritis, ilmiah, dan kreatif






                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         214
   213   214   215   216   217   218   219   220   221   222   223