Page 40 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 40
b) Penelitian Pengembangan APD220211
c) Evaluasi Pendidikan dan Evaluasi Program
APD220212
Pendidikan
Jumlah Sks 15
*) Pillih salah satu
Semester III
NO MATA KULIAH KODE MK Sks Smtr
1. Tesis APD220313 8 III-IV
2. Pilihan Lintas Prodi (Pilihan Mahasiswa) *)
a) Landasan Ilmu Pendidikan dan Edupreneurship
ING220315
berperspektif THK
b) Sistem Sosiokultural Perspektif THK IPS220318
c) Manajemen Pendidikan berbasisTHK APD220314
d) Etika Bisnis dan Profesi Perspektif THK AKN220320
e) Komputer Masyarakat KOM220327
f) THK based Business Ethics IMM220323
g) Leadership berbasis THK PDS220318
h) Asesmen Berbasis THK PEP220319 3 III
i) Olahraga dalam Perspektif THK POR220314
j) Sastra Nusantara Digital Berperspektif THK BHS220314
k) Technopreneur Teknologi Pembelajaran berbasis
TPD220314
THK
l) Landasan Pendidikan, Pembelajaran, Telaah
BKS220323
Kurikulum berbasis THK
m) Literasi Sains IPA221316
n) Kajian STEM berbasis THK MAT220316
Jumlah Sks 11
*) Pilih salah satu
03.7. Deskripsi Mata Kuliah:
1) Supervisi Pendidikan
Mata kuliah Supervisi Pendidikan (SP) ini bertujuan agar mahasiswa memiliki
penguasaan tentang konsep supervisi pendidikan (akademik dan supervisi
klinis) yang mencakup pengetahuan, sikap (memiliki hubungan sosial yang
baik dengan menerapkan prasyarat supervisor), dan keterampilan
(menerapkan konsep supervisi pendidikan). Untuk mencapai tujuan
pembelajaran tersebut, lingkup perkuliahan Supervisi Pendidikan ini
meliputi:(1) ruang lingkup Supervisi Akademik (SA), baik teori, praktik,
maupun hasil penelitian, (2) tiga pendekatan Supervisi Pendidikan (SP), (3)
tiga model Supervisi Pendidikan SP, (4) hal-hal yang perlu dipenuhi untuk
menjadi supervisor profesional, (5) pengembangan (guru, organisasi,
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 36