Page 44 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 44

Mata  kuliah  ini  bertujuan  memberikan  pemahaman  dan  keterampilan
                                   kepada  mahasiswa  agar  mampu  mengembangkan,  menyusun  program
                                   (mengidentikasi masalah, memilih metode, pendekatan teknik, instrumen,
                                   analisis  data),  mengaplikasikan  program,  dan  mengevaluasi  program
                                   supervisi pendidikan,menguasai tentang hakikat dan sejarah perkembangan
                                   kurikulum,  dan  menganalisis  isu  terkini  tentang  pembaharuan  kurikulum,
                                   serta manajemen pembaharuan kurikulum. Mata kuliah ini juga menuntut
                                   mahasisawa  untuk  mengkaji,  menyeminarkan  dan  melakukan  workshop
                                   tentang proses pembaharuan kurikulum dan revisi kegiatan belajar melalui
                                   mekanisme  kepemimpinan  tim,  kepemimpinan  pembelajaran,  supervisi
                                   kurikulum dengan partisipasi pengajar/guru untuk menyesuaikan program
                                   pengalaman  belajar  dengan  tuntutan  perubahan  dan  kebutuhan  peserta
                                   didik.

                             13)   Manajemen Perilaku Organisasi dan Tenaga Kependidikan Berbasis THK
                                   Mata kuliah ini bertujuan untuk mengkaji perilaku organisasi, latar belakang
                                   sejarah, evolusi ilmu perilaku dalam manajemen, perilaku dalam kelompok,
                                   persepsi  dan  komunikasi,  motivasi  dalam  organisasi,  memberikan
                                   pemahaman  kepada  mahasiswa  bahwa  tenaga  kependidikan  merupakan
                                   insan yang tidak bisa dilepaskan dari hakikat manusia yang berbudaya yang
                                   harus menjunjung nilai-nilai organisasi, budaya organisasi, budaya sebagai
                                   input dan output, proses budaya, budaya organisasi, privat, publik dan sosial,
                                   manajemen  budaya,  budaya  kerja,  budaya  organisasi  di  Indonesia,  teori
                                   budaya  organisasi  terpadu,  dan  teori  budaya  nilai-nilai  kearifan  yang
                                   berbasistri hita karana.

                             14)   Penelitian kualitatif
                                   Mata  kuliah  ini  bertujuan  agar  mahasiswa  memahami  ilmu  metode
                                   penelitian    yang  berbasis  pada  pendekatan  filosofi  penelitian  kualitatif.
                                   Metodologi ini memahami prinsip-prinsip, rancangan, instrumen penelitian,
                                   lokasi  penelitian,  pengembangan  pedoman  pengumpulan  data,  teknik
                                   pengumpulan data, teknik analisis data, teknik keabsahan, dan   prosedur
                                   penelitian, termasuk pembuatan proposal penelitian.

                             15)   Penelitian pengembangan
                                   Mata  kuliah  ini  bertujuan  agar  mahasiswa  memahami  ilmu  metode
                                   penelitian pengembangan baik dari segi filosofi, strategi maupun berbagai
                                   spesifikasi produk yang dapat dihasilkan. Mahasiswa juga diharapkan dapat
                                   memahami diskursus, prinsip-prinsip, rancangan spesifikasi produk beserta
                                   pengujiannya, baik untuk skala terbatas maupun skala luas, menguasai teknik
                                   pengumpulan data, teknik analisis data, beserta cara pelaporannya. Tujuan
                                   akhir dari matakuliah ini adalah mahasiswa dapat menyusun draft proposal
                                   riset dan pengembangan dalam bidang manajemen pendidikan.

                             16)   SIM dan Pengendalian Mutu Pendidikan




                       Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         40
   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49