Page 37 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 37

j.   Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahli-
                                      annya secara
                              2)   CPL Pengetahuan:
                                 a.   Menguasai  teori  pedagogi  dan  andragogi  dan  konsep  pengetahuan
                                      dalam  bidang  studi  Administrasi    Pendidikan/Manajemen  Pendidikan
                                      yang sesuai dengan lingkup tugasnya;
                                 b.   Menguasai  isu  terkini  tentang  pengetahuan  dalam  bidang  studi
                                      Administrasi  Pendidikan/Manajemen  Pendidikan  yang  sesuai  dengan
                                      lingkup tugasnya dan penerapan teori disiplin lain yang  relevan;
                                 c.   Menguasai  isu  terkini  terkait  dengan  kebijakan  pendidikan  dan
                                      implementasinya.
                              3)   CPL Keterampilan Umum:
                                 a.   Mengembangkan  pemikiran  logis,  kritis,sistematis,  dan  kreatif  dalam
                                      bidang  ilmupengetahuan,  teknologi  atau  seni  sesuai  dengan  bidang
                                      keahliannya melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni
                                      serta menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah,
                                      tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis;
                                 b.   Menyusun  dan  mengomunikasikan  ide,  hasil  pemikiran  dan  argumen
                                      saintifik  secara  bertanggung  jawab  dan  didasarkan  pada  etika  akade-
                                      mik, melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
                                 c.   Mengambil  keputusan  dalam  konteks  menyelesaikan  masalah
                                      pengembangan  ilmu  pengetahuan,  teknologi  atau  seni  berdasarkan
                                      kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
                                 d.   Mendokumentasikan,  menyimpan,  mengamankan,  dan  menemukan
                                      kembali  data  hasil  penelitian  untuk  menjamin  kesahihan  dan
                                      menghindarkan plagiasi;
                                 e.   Meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
                                 f.   Mengelola,  mengembangkan  dan  memelihara  jaringan  kerja  dengan
                                      kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih
                                      luas;
                                 g.   Mengidentifikasi  bidang  keilmuan  yang  menjadi  obyek  penelitiannya
                                      dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan
                                      melalui pendekatan inter atau multi disipliner.
                                 h.   Mampu  melakukan  validasi  akademik  atau  kajian  sesuai  bidang
                                      keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat   atau   industri
                                      yang relevan     melalui    pengembangan pengetahuan dan keahliannya
                              4)   CPL Keterampilan Khsusus:
                                 a.   Mampu  mengembangkan  sistem  pembelajaran  kurikuler,  kokurikuler
                                      dan  ekstra  kurikuler  dalam  bentuk  model  yang  inovatif,  original,  dan
                                      teruji;
                                 b.   Mampu  mengkaji  berbagai  konsep  pengetahuan  dalam  bidang
                                      Administrasi  Pendidikan/Manajemen  Pendidikan  yang  sesuai  dengan
                                      lingkup tugasnya untuk   mengembangkan strategi pembelajaran yang
                                      lebih efektif melalui pendekatan inter dan multi disipliner;






                       Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         33
   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42