Page 9 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 9
i. Mampu sebagai edupreneur dalam berinovasi dan berkreasi di bidang
Sastra Nusantara Digital untuk menghasilkan karya pendidikan yang
bernilai ekonomi dalam bentuk film animasi yang berkearifan lokal
sehingga mampu bekerja pada subsektor industri kreatif dalam bidang
pendidikan.
Tabel 01. Keterkaitan Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran
Profil Lulusan Capaian Pembelajaran
Program Magister Program Doktor
Pendidik Madya a. 1 – 14 -
Bahasa b. 1 – 5
c. 1 – 8
d. 1 – 9
Peneliti Madya a. 1 – 11 -
Pendidikan Bahasa b. 1 – 5
c. 1 – 8
d. 1 – 9
Pendidik utama bahasa - a. 1 - 11
Indonesia b. 1 – 4
c. 1 – 8
d. 1 – 7
Peneliti utama bidang - a. 1 - 11
pendidikan bahasa b. 1 – 4
Indonesia c. 1 – 8
d. 1 – 7
Perancang dan - a. 1 - 11
pengembang bahasa b. 1 – 4
Indonesia c. 1 – 8
d. 1 – 7
01.6. Bahan Kajian.
Bahan kajian adalah suatu bangunan ilmu, teknologi atau seni, objek yang
dipelajari, yang menunjukkan ciri cabang ilmu tertentu, atau dengan kata lain
menunjukkan bidang kajian atau inti keilmuan suatu program studi. Bahan kajian
dapat pula merupakan pengetahuan/bidang kajian yang akan dikembangkan,
keilmuan yang sangat potensial atau dibutuhkan masyarakat untuk masa datang.
Langkah-langkah yang dapat ditempuh terkait dengan penyusunan kurikulum
berdasarkan bahan kajian adalah sebagai berikut
1) Penentuan Bahan Kajian
Penentuan bahan kajian dilakukan dengan mengadakan analisis ontologi
keilmuan bidang studi dalam diskusi prodi dan divalidasi oleh pengguna dan
forum asosiasi program studi (IKAPROBSI). Berdasarkan hal itu, dirumuskan
bahan kajian Kurikulum S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, yang terdiri atas:
(A)Mata Kuliah Inti Keilmuan(MKIK) , yang meliputi; (1) Etnopedagogi
Berperspektif THK, (2) Filsafat Ilmu dan Filsafat Pendidikan, dan , (B) Mata
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 5