Page 9 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 9

i.   Mampu sebagai edupreneur dalam berinovasi dan berkreasi di bidang
                                      Sastra  Nusantara  Digital  untuk  menghasilkan  karya  pendidikan  yang
                                      bernilai  ekonomi  dalam  bentuk  film  animasi  yang  berkearifan  lokal
                                      sehingga mampu bekerja pada subsektor industri kreatif dalam bidang
                                      pendidikan.

                     Tabel 01. Keterkaitan Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran
                                       Profil Lulusan              Capaian Pembelajaran
                                                     Program Magister                 Program Doktor
                      Pendidik Madya           a. 1 – 14                       -
                      Bahasa                   b. 1 – 5
                                               c. 1 – 8
                                               d. 1 – 9
                      Peneliti Madya           a. 1 – 11                       -
                      Pendidikan Bahasa        b. 1 – 5
                                               c. 1 – 8
                                               d. 1 – 9
                      Pendidik utama bahasa  -                                 a. 1 - 11
                      Indonesia                                                b. 1 – 4
                                                                               c. 1 – 8
                                                                               d. 1 – 7
                      Peneliti utama bidang    -                               a. 1 - 11
                      pendidikan bahasa                                        b. 1 – 4
                      Indonesia                                                c. 1 – 8
                                                                               d. 1 – 7
                      Perancang dan            -                               a. 1 - 11
                      pengembang bahasa                                        b. 1 – 4
                      Indonesia                                                c. 1 – 8
                                                                               d. 1 – 7

                      01.6.  Bahan Kajian.
                              Bahan  kajian  adalah  suatu  bangunan  ilmu,  teknologi  atau  seni,  objek  yang
                              dipelajari, yang menunjukkan ciri cabang ilmu tertentu, atau dengan kata lain
                              menunjukkan bidang kajian atau inti keilmuan suatu program studi. Bahan kajian
                              dapat  pula  merupakan  pengetahuan/bidang  kajian  yang  akan  dikembangkan,
                              keilmuan yang sangat potensial atau dibutuhkan masyarakat untuk masa datang.
                              Langkah-langkah  yang  dapat  ditempuh  terkait  dengan  penyusunan  kurikulum
                              berdasarkan bahan kajian adalah sebagai berikut
                              1)   Penentuan Bahan Kajian
                                   Penentuan  bahan  kajian  dilakukan  dengan  mengadakan  analisis  ontologi
                                 keilmuan bidang studi dalam diskusi prodi dan divalidasi oleh pengguna dan
                                 forum asosiasi program studi (IKAPROBSI). Berdasarkan hal itu, dirumuskan
                                 bahan kajian Kurikulum S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, yang terdiri atas:
                                 (A)Mata  Kuliah  Inti  Keilmuan(MKIK)  ,  yang  meliputi;  (1)  Etnopedagogi
                                 Berperspektif THK, (2) Filsafat Ilmu dan Filsafat Pendidikan, dan , (B) Mata




                        Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         5
   4   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14