Page 11 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 11
Tabel 02. Pemetaan Keterkaitan Profil Prodi dengan CPL, Bahan Kajian, dan Mata Kuliah
BAHAN KAJIAN
Inti Keilmuan Ipteks Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran: Sikap, Keterampilan Umum, Prodi Pendukung Pilihan
No Profil Keterampilan Khusus yang Diperlukan dalam Era Konsepsi Dasar Bidang Studi Teknologi Penciri Prodi Dalam Luar
Industri 4.0 Pendidikan Dasar Pendidikan (Konsentrasi) Prodi Prodi
(Bahasa) Bahasa) (Filsafat)
(Etnopedagogi)
Dosen Prodi Sikap
Pendidikan 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan √ √ √ √ √
Bahasa mampu menunjukkan sikap religious
Indonesia 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam √ √ √ √ √
menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,
dan etika
3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika √ √ √ √ √
akademik
4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan √ √ √ √ √
cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa
tanggungjawab pada negara dan bangsa
5. Menghargai keanekaragaman budaya, √ √ √ √ √
pandangan, agama, dan kepercayaan, serta
pendapat atau temuan orisinal orang lain
6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta √ √ √ √ √
kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan √ √ √ √ √
bermasyarakat dan bernegara;
8. Menginternalisasi semangat kemandirian, √ √ √ √ √
kejuangan, dan kewirausahaan
9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas √ √ √ √ √
pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas √ √ √ √ √
pekerjaan di bidang pendidikan bahasa dan sastra
Indonesia secara mandiri.
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 7