Page 36 - BUKU PEDOMAN PENULISAN DISERTASI PASCASARJANA 2021
P. 36
10
Christopher Allinson dan John Hayes. The Cognitive Style
Index: Technical Manual and User Guide. (London:
11 Pearson Education Ltd, 2012), h. 2.
Ibid., h. 29.
Artinya, dalam catatan kaki nomor 10 diulang kutipan dari
karangan Christopher Allinson and John Hayes seperti
tercantum dalam catatan kaki nomor 11 dengan nomor
halaman yang berbeda.
loc.cit Apabila kutipan diambil dari sumber yang sama dan berada
pada halaman yang sama tetapi diselang oleh pengarang yang
lain, digunakan notasi loc. cit. (loco citato, yang artinya
dalam tempat yang telah dikutip).
Contoh
14 Robert Gregory. Psychological Testing: History,
Principles, and Applications (Boston: Allyn and Bacon,
2000), h. 23.
15 Howard Gardner. Multiple Intelligences: The Theory in
Practice. (New York: Basic Book, 1993), h. 8.
16 Gregory, loc. cit.
Pada contoh di atas, kutipan dari karangan Robert Gregory
pada catatan kaki nomor 14 dikutip lagi pada catatan kaki
nomor 16 dalam halaman yang sama tetapi tersela oleh
sumber dari karangan Howard Gardner pada catatan kaki
nomor 15. Pada catatan kaki untuk kutipan pengulangan,
nama pengarang tidak lagi ditulis lengkap, melainkan hanya
nama famili saja.
op.cit Pengulangan kutipan dari halaman yang berbeda dan telah
diselang oleh pengarang lain ditulis dengan mempergunakan
notasi op. cit. (opere citato, yang artinya dalam karya yang
telah dikutip) seperti tampak pada contoh berikut.
20. Andrea Calcaterra, Alessandro Antonietti, dan Jean
Underwood. Cognitive Style, Learning. Journal of
Computers & Education Vol. 3 No. 2, Tahun 2005), hh.
442-443.
21. Robert Gregory. Psychological Testing: History,
Principles, and Applications (Boston: Allyn and Bacon,
2000), h. 23.
22. Lee Cronbach. Essentials of Psychological Testing. (New
York: Harper & Row Publishers, 1984), h. 31.
23. Calcaterra, Antonietti, dan Underwood, op. cit., h. 125.
26 | Pedoman Penulisam Disertasi 2021