Page 16 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 16
2) Penentuan Waktu, Beban Satuan Kredit, dan Mata Kuliah.
Selanjutnya, pembentukan mata kuliah dilakukan dengan membuat matrik
yang menghubungkan antara Capaian Pembelajaran Lulusan dengan Bahan
Kajian. Titik temu antara satu atau lebih CPL dengan Bahan Kajian menjadi
embrio mata kuliah.Dari hasil pengkajian diperoleh mata kuliah yang mengait
dengan bahan kajian yang membangun 4 (empat) domain capaian
pembelajaran, yaitu (1) sikap, (2)pengetahuan, (3) keterampilan umum, dan
(4) keterampilan khusus pada tabel 2.2 berikut:
Kedalaman/
Bahan Kajian Mata Kuliah
Bobot (%)
a) Mata Kuliah Inti Keilmuan 14,6 1. Filsafat Ilmu dan Filsafat
(MKIK): Konsepsi Dasar Pendidikan (3 sks),
Pendidikan Bahasa 2. Etnopedagogik Berperspektif THK
(3 sks)
b) Mata Kuliah Iptek Pendukung 14,6 1. Metode Penelitian Bahasa,
(MKIP) : Sastra, dan Statistika (3 sks)
a. Penelitian Pendidikan 2. Metode Pembelajaran Bahasa
Bahasa Indonesia Berbasis ICT (3 sks)
b. Pembelajaran Bahasa
c) Mata Kuliah penciri Prodi: 36,6 1. Sosiopragmatik (3 sks)
Bahasa,Keterampilan 2. Sastra Nusantara Digital
Berbahasa dan Keterampilan Berperspektif THK (3 sks),
Bersastra 3. Kurikulum dan Perancangan
Pembelajaran Bahasa (3 sks),
4. Linguistik Pendidikan
5. Evaluasi Pembelajaran Bahasa (3
sks)
d) MK Pilihan: 14,6 1. Linguistik Mikro (3sks)*
a. Dalam Prodi 2. Sastra Kontempore (3 sks)*
3. Pembelajaran Bahasa Inovatif (3
sks)*
b. Luar Prodi 4. ……….(3sks)
01.7. Struktur Kurikulum Berdasarkan Kelompok Mata Kuliah
NO MATA KULIUAH KODE MK Sks Smtr
A Mata Kuliah Inti Keilmuan (MKIK)
1. Etnopedagogik Berperspektif THK BHS220101 3 I
2. Filsafat Ilmu dan Filsafat Pendidikan BHS220206 3 II
Jumlah Sks 6
B Mata Kuliah Iptek Pendukung (MKIP)
1. Metode Penelitian Bahasa, Sastra, dan Statistika BHS220207 3 II
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 12