Page 19 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 19
f) THK based Business Ethics IMM220323
g) Leadership berbasis THK PDS220318
h) Asesmen Berbasis THK PEP220319
i) Olahraga dalam Perspektif THK POR220314
j) Sastra Nusantara Digital Berperspektif THK BHS220314
k) Technopreneur Teknologi Pembelajaran berbasis
TPD220314
THK
l) Landasan Pendidikan, Pembelajaran, Telaah
BKS220323
Kurikulum berbasis THK
m) Literasi Sains IPA221316
n) Kajian STEM berbasis THK MAT220316
Jumlah Sks 11
*) Pilih salah satu
01.9. Deskripsi Mata Kuliah:
1) Filsafat Ilmu dan Filsafat Pendidikan
Tujuan matakuliah ini adalah untuk memberikan pengetahuan hakikat
proses berpikir ilmiah yang mencakup : perkembangan filsafat dan ilmu
pengetahuan , pengertian, hubungan dan perbedaan antara pengetahuan,
ilmu pengetahuan, filsafat dan filsafat ilmu pengetahuan; kedudukan filsafat
ilmu pengetahuan dalam system filsafat dan ruang lingkupnya; hakikat ilmu
pengetahuan / antrhopologi, epistemologi, dan aksiologi; dimensi dan
struktur ilmu pengetahuan; metode keilmuan dan pengembangan ilmu
pengetahuan terutama dalam kegiatan penelitian, filsafat dan kaitannya
dengan profesi guru.Filsafat pendidikan yang meliputi: peran, ruang lingkup,
ontologi, epistemologi,aksiologi dan aliran filsafat pendidikan.
2) Metode Penelitian Pendidikan Bahasa, Sastra dan Statistika
Mata Kuliah Metode Penelitian Pendidikan adalah salah satu mata kuliah
yang diberikan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa S2.
Melalui mata kuliah ini mahasiswa diberikan diberikan wawasan tentang
masalah dan sumber masalah penelitian pendidikan, melakukan tinjauan
pustaka, menetapkan sumber data, menetapkan rancangan penelitian,
mengumpulkan dan menganalisis data penelitian baik secara kaualitatif
maupun kuantitatif,yang meliputi konsep dasar dan aplikasi analisis seperti
teori peluang, konsep analisis data kuantitatif, prosedur analisis data
kuantitatif, prosedur analisis data deskriptif (univariat), bivariat dan
melaporkannya.
3) Etnopedagogi Berperspektif THK
Mata kuliah ini menyajikan latar belakang munculnya etnopedagogi,
etnopedagogi sebagai paradigma pendidikan, konsep etnopedagogi, kaitan
etnopedagogi dengan filsafat pendidikan, pendidikan pada masyarakat
(primitive, perkebunan, peternak, pertanian) dan THK. Masyarakat
komersial, industry dan THK. Masyarakat modern dan post modern dan
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 15