Page 20 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 20
THK.Bentuk pendidikan tradisional (konsep, batasan, dan paradigma).
Pengetahuan tradisional Bali sebagai warisan budaya dan sumber daya.
Pengetahuan tradisional masyarakat Bali, dan ruang lingkupnya. Ideologi
pendidikan konservatif. THK dalam prinsip-prinsip dan model pendidikan
tradisional.
4) Metode Pembelajaran Berbasis ICT
Mata kuliah ini menyajikan materi pendekatan pembelajaran bahasa yang
terdiri atas pendekatan (komunikatif, kontekstual, teks, saintifik, dan
integratif), sedangkan metode pembelajaran meliputi: (pemecahan masalah,
inquiri, proyek, saintifik). Teknik pembelajaran bahasa meliputi: (diskusi,
trade place, role playing, brainstorming, dan pengamatan). Tenologi
pembelajaran bahasa Indonesia berbasis TIK, seperti teknologi pembelajaran
menulis bahasa Indonesia, teknologi pembelajaran sastra dengan
pemanfaatan: tape, cd, video, tv, computer sebagai sarana/media
pembelajaran menyimak maupun berbicara.
5) Sosiopragmatik
Mata kuliah sosiopragmatik merupakan mata kuliah yang mengabungkan
dua macam ancangan,yaitu ancangan sosiolinguistik dan ancangan
pragmatik.Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan
pemanfaatan bahasa secara terampil sesuai dengan konteks sosial.Konteks
social setidaknya mencakup 8 (delapan) ranah sosial (social domain).Ke
delapan ranah dalam masyarakat tersebut mencakup: (1) ranah pendidikan,
(2)ranah keagamaan,(3) ranah kemasyarakatan, (4) ranah media,(5) ranah
pemerintahan,(6) ranah perkantoran,(7) ranah keluarga,dan (8) ranah
transaksional bisnis.Dalam ranah sosial itu, wujud-wujud kebahasaan yang
ditengarai dapat memiliki makna sosiopragmatik akan dapat diidentifikasi
dfan dicermati dengan baik.
6) Kurikulum dan Perancangan Pembelajaran Bahasa
Mata kuliah ini berisikan wawasan kurikulum dan pengembangannya dan
memanfaatkan wawasan itu untuk melakukan tekaah kurikulum pengajaran
bahasa yang sedang berlaku.Dalam konteks perancangan pembelajaran
disajikan teori merancang desain sistem pengajaran mulai merumuskan
tujuan instruksional umum, tujuan instruksional khusus,mempersiapkan
media,bahan yang dapat membuat pembelajaran menarik, kontekstual yang
memenuhi tautan kekinian.
7) Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu mengembangkan evaluasi
hasil belajar-mengajar bahasa dan sastra ke dalam model evaluasi belajar-
mengajar bahasa dan sastra yang autentik, sehingga hasil-hasil
pembelajaran bahasa dan sastra benar-benar merepresentasikan
kemampuan/kompetensi berbahasa pebelajar (learners). Untuk itu,
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 16