Page 20 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 20

THK.Bentuk  pendidikan  tradisional  (konsep,  batasan,  dan  paradigma).
                                 Pengetahuan  tradisional  Bali  sebagai  warisan  budaya  dan  sumber  daya.
                                 Pengetahuan  tradisional  masyarakat  Bali,  dan  ruang  lingkupnya.  Ideologi
                                 pendidikan  konservatif.  THK  dalam  prinsip-prinsip  dan  model  pendidikan
                                 tradisional.

                             4)   Metode Pembelajaran Berbasis ICT
                                 Mata kuliah ini menyajikan materi pendekatan pembelajaran bahasa yang
                                 terdiri  atas  pendekatan  (komunikatif,  kontekstual,  teks,  saintifik,  dan
                                 integratif), sedangkan metode pembelajaran meliputi: (pemecahan masalah,
                                 inquiri,  proyek,  saintifik).  Teknik  pembelajaran  bahasa  meliputi:  (diskusi,
                                 trade  place,  role  playing,  brainstorming,  dan  pengamatan).  Tenologi
                                 pembelajaran bahasa Indonesia berbasis TIK, seperti teknologi pembelajaran
                                 menulis  bahasa  Indonesia,  teknologi  pembelajaran  sastra  dengan
                                 pemanfaatan:  tape,  cd,  video,  tv,  computer  sebagai  sarana/media
                                 pembelajaran menyimak maupun berbicara.

                             5)   Sosiopragmatik
                                 Mata  kuliah  sosiopragmatik  merupakan  mata  kuliah  yang  mengabungkan
                                 dua  macam  ancangan,yaitu  ancangan  sosiolinguistik  dan  ancangan
                                 pragmatik.Mata  kuliah  ini  bertujuan  untuk  memberikan  pemahaman  dan
                                 pemanfaatan bahasa secara terampil sesuai dengan konteks sosial.Konteks
                                 social  setidaknya  mencakup  8  (delapan)  ranah  sosial  (social  domain).Ke
                                 delapan ranah dalam masyarakat tersebut mencakup: (1) ranah pendidikan,
                                 (2)ranah keagamaan,(3) ranah kemasyarakatan, (4) ranah media,(5) ranah
                                 pemerintahan,(6)  ranah  perkantoran,(7)  ranah  keluarga,dan  (8)  ranah
                                 transaksional bisnis.Dalam ranah sosial itu, wujud-wujud kebahasaan yang
                                 ditengarai  dapat  memiliki  makna  sosiopragmatik  akan  dapat  diidentifikasi
                                 dfan dicermati dengan baik.

                             6)   Kurikulum dan Perancangan Pembelajaran Bahasa
                                 Mata  kuliah  ini  berisikan  wawasan  kurikulum dan  pengembangannya dan
                                 memanfaatkan wawasan itu untuk melakukan tekaah kurikulum pengajaran
                                 bahasa  yang  sedang  berlaku.Dalam  konteks  perancangan  pembelajaran
                                 disajikan  teori  merancang  desain  sistem  pengajaran  mulai  merumuskan
                                 tujuan  instruksional  umum,  tujuan  instruksional  khusus,mempersiapkan
                                 media,bahan yang dapat membuat pembelajaran menarik, kontekstual yang
                                 memenuhi tautan kekinian.

                             7)   Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra
                                 Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu mengembangkan evaluasi
                                 hasil belajar-mengajar bahasa dan sastra ke dalam model evaluasi belajar-
                                 mengajar  bahasa  dan  sastra  yang  autentik,  sehingga  hasil-hasil
                                 pembelajaran  bahasa  dan  sastra  benar-benar  merepresentasikan
                                 kemampuan/kompetensi  berbahasa  pebelajar  (learners).  Untuk  itu,




                       Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         16
   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25