Page 21 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 21
mahasiswa harus mampu mengembangkan aspek-aspek kompentensi
esensial setiap kemampuan berbahasa, dan mampu pula mengidentifikasi
deskriptor-deskriptornya, sehingga pengukurannya bersifat akuntabel.
Sejalan dengan itu, mahasiswa harus bisa mengembangkan parameter
pengukurannya ke dalam bentuk rubrik-rubrik penilaian yang tepat. Selain
itu, mahasiswa juga perlu memahami dan menerapkan uji kualitas instrumen
evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra, agar instrumen evaluasi itu dapat
dipercaya bila digunakan, lebih-lebih bila digunakan untuk penelitian.
8) Linguistik Pendidikan
Matakuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan: konsep dan sikap
linguistik pendidikan, linguistik pendidikan dan linguistik terapan, perbedaan
linguistik pendidikan dan terapan; model pengembangan linguistik
pendidikan atmosfir bioekologi. Linguistik pendidikan : (kebijakan , sekolah :
bahasa pengantar, bahasa baku); komunikasi pendidikan; permainan
sebagai aspek pengembangan bahasa; bahasa dalam linguistik pendidikan
9) Sistem Perancangan dan Pembelajaran Bahasa
Matakuliah ini berisi sejumlah teori tentang bagaimana membuat desain /
perancangan sistem pengajaran, mulai dari merumuskan tujuan umum,
instruksional umum, instruksional khusus, hingga mempersiapkan media,
dan bahan yang bisa membuat pembelajaran yang menarik, kontekstual dan
memenuhi tautan kekinian
10) Sastra Nusantara Digital
Mata kuliah ini merevitalisasi sastra Nusantara baik yang bersumber dari
tradisi kelisanan maupun yang telah tertulis namun termarginalkan karena
digerus oleh arus globalisasi.Tujuan revitalisasi ini adalah menghidupkan
kembali sastra Nusantara terutama folklore yang banyak mengandung nilai
–nilai luhur dan layak digunakan baik untuk fungsi hiburan,fungsi
pendidikan,fungsi ekonomi .Untuk itu,sastra Nusantara,terutama folklore
harus direvitalisasi dengan tangan dingin melalui balutan teknologi
informasi,sehingga mampu menjalankan fungsinya,yang meliputi
aspek:anak-anak dan sastra tulis,fabel sebagai teks persuasive,dongeng dan
emosi anak,simpati yang ditumbuhkembangkan melalui folklore
digital,humor anak-anak,permainan anak-anak,lagu pengantar tidur anak
,penyusunan film cerita animasi anak.Semuanya dirangkai melalui kolaborasi
antara seni sastra ,keterampilan berbahasa,disain komunikasi visual dengan
memerhatikan aspek komunikasi sosial anak yang meliputi,aspek
warna,gambar yang menarik ,perkembangan bahasa,perkembangan kognitif
dan teknologi informasi.
11) Linguistik Mikro
Matakuliah ini mengaji fungsi, struktur, tipologi, deskripsi prosodi, morfem ,
proses morfologis, klausa, kalimat minor, deskripsi frase, analisis tagmemik,
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 17