Page 21 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 21

mahasiswa  harus  mampu  mengembangkan  aspek-aspek  kompentensi
                                 esensial setiap kemampuan berbahasa, dan mampu pula mengidentifikasi
                                 deskriptor-deskriptornya,  sehingga  pengukurannya  bersifat  akuntabel.
                                 Sejalan  dengan  itu,  mahasiswa  harus  bisa  mengembangkan  parameter
                                 pengukurannya ke dalam bentuk rubrik-rubrik penilaian yang tepat. Selain
                                 itu, mahasiswa juga perlu memahami dan menerapkan uji kualitas instrumen
                                 evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra, agar instrumen evaluasi itu dapat
                                 dipercaya bila digunakan, lebih-lebih bila digunakan untuk penelitian.

                             8)   Linguistik Pendidikan
                                 Matakuliah  ini  bertujuan  memberikan  pengetahuan:  konsep  dan  sikap
                                 linguistik pendidikan, linguistik pendidikan dan linguistik terapan, perbedaan
                                 linguistik  pendidikan  dan  terapan;  model  pengembangan  linguistik
                                 pendidikan atmosfir bioekologi. Linguistik pendidikan : (kebijakan , sekolah :
                                 bahasa  pengantar,  bahasa  baku);  komunikasi  pendidikan;  permainan
                                 sebagai aspek pengembangan bahasa; bahasa dalam linguistik pendidikan

                             9)   Sistem Perancangan dan Pembelajaran Bahasa
                                 Matakuliah ini berisi sejumlah teori tentang bagaimana membuat desain /
                                 perancangan  sistem  pengajaran,  mulai  dari  merumuskan  tujuan  umum,
                                 instruksional  umum,  instruksional  khusus,  hingga  mempersiapkan  media,
                                 dan bahan yang bisa membuat pembelajaran yang menarik, kontekstual dan
                                 memenuhi tautan kekinian

                             10)  Sastra Nusantara Digital
                                 Mata kuliah ini merevitalisasi sastra Nusantara baik yang bersumber dari
                                 tradisi kelisanan maupun yang telah tertulis namun termarginalkan karena
                                 digerus  oleh  arus  globalisasi.Tujuan  revitalisasi  ini  adalah  menghidupkan
                                 kembali sastra Nusantara terutama folklore yang banyak mengandung nilai
                                 –nilai  luhur  dan  layak  digunakan  baik  untuk  fungsi  hiburan,fungsi
                                 pendidikan,fungsi  ekonomi  .Untuk  itu,sastra  Nusantara,terutama  folklore
                                 harus  direvitalisasi  dengan  tangan  dingin  melalui  balutan  teknologi
                                 informasi,sehingga    mampu      menjalankan    fungsinya,yang    meliputi
                                 aspek:anak-anak dan sastra tulis,fabel sebagai teks persuasive,dongeng dan
                                 emosi  anak,simpati  yang  ditumbuhkembangkan  melalui  folklore
                                 digital,humor  anak-anak,permainan  anak-anak,lagu  pengantar  tidur  anak
                                 ,penyusunan film cerita animasi anak.Semuanya dirangkai melalui kolaborasi
                                 antara seni sastra ,keterampilan berbahasa,disain komunikasi visual dengan
                                 memerhatikan  aspek  komunikasi  sosial  anak  yang  meliputi,aspek
                                 warna,gambar yang menarik ,perkembangan bahasa,perkembangan kognitif
                                 dan teknologi informasi.

                             11)   Linguistik Mikro
                                   Matakuliah ini mengaji fungsi, struktur, tipologi, deskripsi prosodi, morfem ,
                                   proses morfologis, klausa, kalimat minor, deskripsi frase, analisis tagmemik,




                       Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         17
   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26