Page 25 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 25

b.   menguasai  isu  terkini  tentang  pengetahuan  dalam  bidang  studi
                                      Penelitian dan Evaluasi Pendidikan yang sesuai dengan lingkup tugasnya
                                      dan penerapan teori disiplin lain yang relevan;
                                 c.   menguasai  isu  terkini  terkait  dengan  kebijakan  pendidikan  dan
                                      implementasinya.
                              3)   CPL Keterampilan Umum:
                                 a.   mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif
                                      melalui  penelitian  ilmiah,  penciptaan  desain  atau  karya  seni  dalam
                                      bidang  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  yang  memperhatikan  dan
                                      menerapkan  nilai  humaniora  sesuai  dengan  bidang  keahliannya,
                                      menyusun  konsepsi  ilmiah  dan  hasil  kajian  berdasarkan  kaidah,  tata
                                      cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara,
                                      dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah
                                      diterbitkan  di  jurnal  ilmiah  terakreditasi  atau  diterima  di  jurnal
                                      internasional;
                                 b.   mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai dengan bidang
                                      keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri
                                      yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
                                 c.   mampu  menyusun  ide,  hasil  pemikiran,  dan  argumen  saintifik  secara
                                      bertanggung  jawab  dan  berdasarkan  etika  akademik,  serta
                                      mengomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan
                                      masyarakat luas;
                                 d.   mampu  mengidentifikasi  bidang  keilmuan  yang  menjadi  objek
                                      penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang
                                      dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
                                 e.   mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah
                                      pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan
                                      dan  menerapkan  nilai  humaniora  berdasarkan  kajian  analisis  atau
                                      eksperimental terhadap informasi dan data;
                                 f.   mampu  mengelola,  mengembangkan  dan  memelihara  jaringan  kerja
                                      dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang
                                      lebih luas;
                                 g.   mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
                                 h.   mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan
                                      menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin
                                      kesahihan dan mencegah plagiasi.
                              4)   CPL Keterampilan Khsusus:
                                 a.   mampu  mengkaji  berbagai  konsep  pengetahuan  dalam  bidang  studi
                                      Penelitian dan Evaluasi Pendidikan yang sesuai dengan lingkup tugasnya
                                      untuk mengembangkan penyelenggaraan pendidikan yang lebih efektif
                                      melalui pendekatan inter dan multidisipliner;
                                 b.   mampu  melakukan  kajian  terhadap  kebijakanatau  implementasi
                                      kebijakan di bidang pendidikan melalui pendekatan interdisipliner dan
                                      multidisipliner.






                       Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         21
   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30