Page 30 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 30

antara lain model CIPP (context, input, output, product) dari Stufllebeam,
                                 model goal free model dari  Scriven, model responsif dari Stake, dan model
                                 obyektif dari Tyler.

                             5)   DESAIN EKSPERIMEN
                                 Mata kuliah ini bertujuan memberikan wawasan dan pengetahuan tentang
                                 berbagai  desain  eksperimen,  khususnya  yang  umum  digunakan  dalam
                                 penelitian  pendidikan.  Topik-topik  yang  dikaji  meliputi  berbagai  desain
                                 eksperimen  di  bidang  pendidikan,  berbagai  teknik  memanipilasi  variabel
                                 penelitian, bebragai perlakuan untuk memanipulasi variabel, berbagai teknik
                                 pengendalian  variabel  penganggu  dalam  penelitian,  dan  teknik  analalisis
                                 statistik  yang  cocok  untuk  tiap-tiap  desain  eksperimen.  Pengkajian  juga
                                 Pengkajian  dimulai  dari  filosofi,  kemudian  konsep  dan  prosedur
                                 pelaksanaan, dan dilanjutkan dengan contoh penerapan

                             6)   PENGANTAR EVALUASI PEMBELAJARAN
                                 Mata  Kuliah  ini  membahas  tentang  evalusi  hasil  belajar  peserta  didik.
                                 Perkuliahan  dimulai  dari  konsep  pengukuran,  penilaian,  dan  evaluasi;
                                 lingkup hasil belajar yang dievaluasi; acuan penilaian; instrumen pengukuran
                                 hasil  belajar;  perencanaan  tes  hasil  belajar;  analisis  kualitas  instrumen;
                                 pelaksanaan tes hasil belajar, pengolahan hasil pengukuran dan penilaian;
                                 administrasi dan pelaporan

                             7)   PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
                                 Mata kuliah merupakan mata kuliah dasar kependidikan. Selesai mengikuti
                                 mata  kuliah  ini  mahasiswa  diharapkan  mampu  menjelaskan  dan
                                 mengaplikasikan  dalam  pendidikan  tentang  (1)  konsep  perkembangan,
                                 mencakup  :  (a)  konsep  perkembangan  dalam  kontelasi  psikologi  dan
                                 pendidikan,  serta  (b)  pengertian,  prinsip,  pendekatan,  dan  tahapan
                                 perkembangan;  (2)  faktor-faktor  yang  mempengaruhi  perkembangan;  (3)
                                 konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4)
                                 karakteristik  perkembangan  psikofisik  peserta  didik,  mencakup  (a)
                                 perkembangan  fisik  dan  psikomotorik,  (b)  kognitif,  (c)  bahasa,  (d)
                                 sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan
                                 karier; serta (5) permasalahan remaja.

                             8)   DESAIN PEMBELAJARAN
                                 Mata  kuliah  ini  membahas  tentang  konsep  dasar  perencanaan
                                 pembelajaran,  kaitan  perencanaan  dengan  implementasi  pembelajaran,
                                 langkah-langkah  perencanaan  pembelajaran,  model-model  perencanaan
                                 pembelajaran, dan membuat rancangan produk pembelajaran

                             9)   TEORI BELAJAR
                                 Mata  kuliah  ini  dimaksudkan  untuk  memberikan  pemahaman  kepada
                                 mahasiswa mengenai teori-teori belajar serta penerapannya dalam kegiatan




                       Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         26
   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35