Page 30 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 30
antara lain model CIPP (context, input, output, product) dari Stufllebeam,
model goal free model dari Scriven, model responsif dari Stake, dan model
obyektif dari Tyler.
5) DESAIN EKSPERIMEN
Mata kuliah ini bertujuan memberikan wawasan dan pengetahuan tentang
berbagai desain eksperimen, khususnya yang umum digunakan dalam
penelitian pendidikan. Topik-topik yang dikaji meliputi berbagai desain
eksperimen di bidang pendidikan, berbagai teknik memanipilasi variabel
penelitian, bebragai perlakuan untuk memanipulasi variabel, berbagai teknik
pengendalian variabel penganggu dalam penelitian, dan teknik analalisis
statistik yang cocok untuk tiap-tiap desain eksperimen. Pengkajian juga
Pengkajian dimulai dari filosofi, kemudian konsep dan prosedur
pelaksanaan, dan dilanjutkan dengan contoh penerapan
6) PENGANTAR EVALUASI PEMBELAJARAN
Mata Kuliah ini membahas tentang evalusi hasil belajar peserta didik.
Perkuliahan dimulai dari konsep pengukuran, penilaian, dan evaluasi;
lingkup hasil belajar yang dievaluasi; acuan penilaian; instrumen pengukuran
hasil belajar; perencanaan tes hasil belajar; analisis kualitas instrumen;
pelaksanaan tes hasil belajar, pengolahan hasil pengukuran dan penilaian;
administrasi dan pelaporan
7) PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Mata kuliah merupakan mata kuliah dasar kependidikan. Selesai mengikuti
mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan
mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan,
mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan
pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan
perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3)
konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4)
karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a)
perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d)
sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan
karier; serta (5) permasalahan remaja.
8) DESAIN PEMBELAJARAN
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar perencanaan
pembelajaran, kaitan perencanaan dengan implementasi pembelajaran,
langkah-langkah perencanaan pembelajaran, model-model perencanaan
pembelajaran, dan membuat rancangan produk pembelajaran
9) TEORI BELAJAR
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada
mahasiswa mengenai teori-teori belajar serta penerapannya dalam kegiatan
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 26