Page 29 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 29

2)   LANDASAN DAN INOVASI PEMBELAJARAN
                                 Tujuan mata kuliah ini adalah untuk memberikan berbagai konsep dan teori
                                 yang relevan dengan pembelajaran. Berbagai aliran dalam psikologi belajar
                                 dikaji  secara  kritis  dan  analisis  agar  mahasiswa  mampu  menggunakan
                                 berbagai teori belajar dan pembelajan yang ada dalam berbagai aliran, baik
                                 untuk  keperluan  penyempurnaan  proses  belajar-mengajar  maupun
                                 keperluan  pengembangan  paradigma  penelitian  yang  dilakukan.
                                 Pembahasan  juga  mencakup  faktor-faktor  yang  mempengaruhi  belajar,
                                 pendekatan belajar serta strategi belajar. Pada bagian akhir diperkenalkan
                                 pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (e-
                                 learning),  baik  sebagai  suplemen,  komplemen,  maupun  substitusi  dari
                                 pembelajaran konvensional.

                             3)   METODE PENELITIAN
                                 Mata  kuliah  ini  bertujuan  untuk  menyajikan  dasar-dasar  metodologi  dan
                                 operasionalisasi penelitian kuantitatif dalam bidang pendidikan. Topik yang
                                 dibahas  dalam  perkuliahan  ini  meliputi  :  konsep  dasar  unsur-unsur
                                 penelitian  kuantitatif,  formulasi  permasalahan,  ragam  dan  rancangan
                                 penelitian  kuantitatif,  metode  dan  teknik  pengumpulan  data  kuantitatif.
                                 Juga  dibahas  peranan  teori  dan  hasil-hasil  penelitian  sebagai  landasan
                                 penelitian, perumusan pertanyaan penelitian dan hipotesis penelitian, dan
                                 ragam penelitian kuantitatif. Untuk pendalaman dan pengayaan materi dan
                                 keterampilan  mahasiswa  akan  mendapat  tugas  pengajian  penerapan
                                 penelitian kuantitatif dalam berbagai bidang yang disajikan dalam laporan
                                 serta artikel jurnal, latihan menerapkan metode dan teknik pengumpulan
                                 data serta analisisnya. Pada perkuliahan mahasiswa mengerjakan tugas akhir
                                 berupa proposal dan laporan penelitian miniatur penelitian untuk tesisnya.
                                 Selanjutnya,  Mata  kuliah  ini  mengkaji  dasar-dasar  metodologi  dan
                                 operasionalisasi penelitian kualitatif dalam bidang pendidikan. Topik yang
                                 dibahas  dalam  perkuliahan  ini  meliputi  :  konsep  dasar  unsur-unsur
                                 penelitian  kualitatif,  formulasi  permasalahan,  ragam  dan  rancangan
                                 penelitian  kualitatif,  pemilihan  kancah  (research  setting)  dan  entri,
                                 pemilihan  informan  kunci  dan  nara  sumber,  metode  dan  teknik
                                 pengumpulan  data  kualitatif.  Juga  dibahas  peranan  teori  dan  hasil-hasil
                                 penelitian  sebagai  landasan  penelitian,  perumusan  pertanyaan  penelitian
                                 dan hipotesis penelitian, serta ragam penelitian kualitatif.

                             4)   EVALUASI PROGRAM PENDIDlKAN
                                 Perkuliahan ini mengkaji tentang evaluasi program yang berkaitan dengan
                                 pendidikan. Pembahasan mata kuliah ini difokuskan pada evaluasi, desain
                                 evaluasi,  pengumpulan  informasi,  analisis  informasi,  pelaporan  informasi,
                                 pengelolaan  evaluasi,  mengevaluasi  evaluasi,  serta  penerapannya  yang
                                 meliputi contoh-contoh kasus lokal di sekolah, kasus pada suatu negara, dan
                                 contoh-contoh kasus pada institut atau universitas. Model analisis yang dikaji




                       Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         25
   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34