Page 29 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 29
2) LANDASAN DAN INOVASI PEMBELAJARAN
Tujuan mata kuliah ini adalah untuk memberikan berbagai konsep dan teori
yang relevan dengan pembelajaran. Berbagai aliran dalam psikologi belajar
dikaji secara kritis dan analisis agar mahasiswa mampu menggunakan
berbagai teori belajar dan pembelajan yang ada dalam berbagai aliran, baik
untuk keperluan penyempurnaan proses belajar-mengajar maupun
keperluan pengembangan paradigma penelitian yang dilakukan.
Pembahasan juga mencakup faktor-faktor yang mempengaruhi belajar,
pendekatan belajar serta strategi belajar. Pada bagian akhir diperkenalkan
pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (e-
learning), baik sebagai suplemen, komplemen, maupun substitusi dari
pembelajaran konvensional.
3) METODE PENELITIAN
Mata kuliah ini bertujuan untuk menyajikan dasar-dasar metodologi dan
operasionalisasi penelitian kuantitatif dalam bidang pendidikan. Topik yang
dibahas dalam perkuliahan ini meliputi : konsep dasar unsur-unsur
penelitian kuantitatif, formulasi permasalahan, ragam dan rancangan
penelitian kuantitatif, metode dan teknik pengumpulan data kuantitatif.
Juga dibahas peranan teori dan hasil-hasil penelitian sebagai landasan
penelitian, perumusan pertanyaan penelitian dan hipotesis penelitian, dan
ragam penelitian kuantitatif. Untuk pendalaman dan pengayaan materi dan
keterampilan mahasiswa akan mendapat tugas pengajian penerapan
penelitian kuantitatif dalam berbagai bidang yang disajikan dalam laporan
serta artikel jurnal, latihan menerapkan metode dan teknik pengumpulan
data serta analisisnya. Pada perkuliahan mahasiswa mengerjakan tugas akhir
berupa proposal dan laporan penelitian miniatur penelitian untuk tesisnya.
Selanjutnya, Mata kuliah ini mengkaji dasar-dasar metodologi dan
operasionalisasi penelitian kualitatif dalam bidang pendidikan. Topik yang
dibahas dalam perkuliahan ini meliputi : konsep dasar unsur-unsur
penelitian kualitatif, formulasi permasalahan, ragam dan rancangan
penelitian kualitatif, pemilihan kancah (research setting) dan entri,
pemilihan informan kunci dan nara sumber, metode dan teknik
pengumpulan data kualitatif. Juga dibahas peranan teori dan hasil-hasil
penelitian sebagai landasan penelitian, perumusan pertanyaan penelitian
dan hipotesis penelitian, serta ragam penelitian kualitatif.
4) EVALUASI PROGRAM PENDIDlKAN
Perkuliahan ini mengkaji tentang evaluasi program yang berkaitan dengan
pendidikan. Pembahasan mata kuliah ini difokuskan pada evaluasi, desain
evaluasi, pengumpulan informasi, analisis informasi, pelaporan informasi,
pengelolaan evaluasi, mengevaluasi evaluasi, serta penerapannya yang
meliputi contoh-contoh kasus lokal di sekolah, kasus pada suatu negara, dan
contoh-contoh kasus pada institut atau universitas. Model analisis yang dikaji
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 25