Page 32 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 32
dan teori respons butir; model teori respons butir: model 1-level parameter
(Rasch Model), model 2-level parameter, dan model 3-level parameter; skala
kemampuan, estimasi parameter butir dan parameter kemampuan, fungsi
informasi, estimasi reliabilitas dan galat baku pengukuran; keterbatasan dan
keunggulan teori respons butir. Beberapa pengembangan dari teori respon
butir juga dibahas, seperti partial credit model (PCM) dan Grade Response
Model (GRM). Pembahasan meliputi konsep dasar dan contoh penerapan,
baik secara manual maupun menggunakan paket aplikasi Ministep, Winstep,
atau R
13) TESIS
Tesis dilaksanakan dengan memanfaatkan metodologi kuantitatif maupun
kualitatif. Dengan demikian penulisan tesis mencakup: latar belakang
masalah, perumusan masalah dan tujuan penelitian, kajian teoretis tentang
konsep-konsep yang diteliti dan disertai kerangka berpikir peneliti itu
sendiri. Metodologi penelitian dirinci sesuai dengan masalah· dan tujuan
penelitian. Terakhir peneliti menafsirkan dan menarik kesimpulan dari
semua unsur tersebut dituliskannya dalam bentuk tesis dan dapat
dipertanggungjawabkan secara akademik
14) KONSTRUKSI INSTRUMEN
Tujuan dari mata kuliah ini adalah memberi wawasan, pengetahuan, dan
kemampuan tentang konstruksi instrumen kepada mahasiswa, baik
instrumen tes maupun non tes. Konstruksi instrumen mengkaji beberapa
topik antara lain: (1) teknik-teknik pengembangan dan penggunaan berbagai
bentuk asesmen untuk mengukur hasil belajar dan prestasi belajar, (2)
teknik-teknik pengembangan dan penggunaan berbagai bentuk tes untuk
mengukur berbagai karakteristik personalitas, dan (3) pengembangan tes
untuk mengukur berbagai prilaku sosial. Kuliah dimulai dari pengkajian tes
psikologi dan pengukuran, dilanjutkan dengan pengkajian konsep dan prisip
pengembangan tes, dilanjutkan, dan pengujian instrumen. Kuliah diakhiri
dengan contoh pengembangan secara terpadu dari konsep, desain,
instrumen, sampai pengujian
15) PSIKOMETRI
Mata kuliah ini membahas tentang teori dan teknik mengenai pokok
bahasan utama mencakup konsep-konsep dasar pengukuran dalam psikologi
dan teori-teori dalam pengukuran psikologi. Teori pengukuran yang dibahas
antara lain teori Likert, Thurstone, Guilford. Pengkajian dimulai dari konsep,
penentuan skala, sampai pada pengujian skala
16) MANAJEMEN PENGUJIAN
Tujuan dari mata kuliah manajemen pengujian adalah memberikan
wawasan, pengetahuan, dan ketrampilan kepada mahasiswa dalam
manajemen pengujian. Tes yang dimaksud di sini mencakup tes hasil belajar
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 28