Page 32 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 32

dan teori respons butir; model teori respons butir: model 1-level parameter
                                   (Rasch Model), model 2-level parameter, dan model 3-level parameter; skala
                                   kemampuan, estimasi parameter butir dan parameter kemampuan, fungsi
                                   informasi, estimasi reliabilitas dan galat baku pengukuran; keterbatasan dan
                                   keunggulan teori respons butir. Beberapa pengembangan dari teori respon
                                   butir juga dibahas, seperti partial credit model (PCM) dan Grade Response
                                   Model (GRM). Pembahasan meliputi konsep dasar dan contoh penerapan,
                                   baik secara manual maupun menggunakan paket aplikasi Ministep, Winstep,
                                   atau R

                             13)   TESIS
                                   Tesis dilaksanakan dengan memanfaatkan metodologi kuantitatif maupun
                                   kualitatif.  Dengan  demikian  penulisan  tesis  mencakup:  latar  belakang
                                   masalah, perumusan masalah dan tujuan penelitian, kajian teoretis tentang
                                   konsep-konsep  yang  diteliti  dan  disertai  kerangka  berpikir  peneliti  itu
                                   sendiri.  Metodologi  penelitian  dirinci  sesuai  dengan  masalah·  dan  tujuan
                                   penelitian.  Terakhir  peneliti  menafsirkan  dan  menarik  kesimpulan  dari
                                   semua  unsur  tersebut  dituliskannya  dalam  bentuk  tesis  dan  dapat
                                   dipertanggungjawabkan secara akademik

                             14)   KONSTRUKSI INSTRUMEN
                                   Tujuan dari mata kuliah ini adalah memberi wawasan, pengetahuan, dan
                                   kemampuan  tentang  konstruksi  instrumen  kepada  mahasiswa,  baik
                                   instrumen tes maupun non tes. Konstruksi instrumen mengkaji beberapa
                                   topik antara lain: (1) teknik-teknik pengembangan dan penggunaan berbagai
                                   bentuk  asesmen  untuk  mengukur  hasil  belajar  dan  prestasi  belajar,  (2)
                                   teknik-teknik  pengembangan  dan penggunaan  berbagai  bentuk tes  untuk
                                   mengukur berbagai  karakteristik  personalitas,  dan  (3)  pengembangan tes
                                   untuk mengukur berbagai prilaku sosial.  Kuliah dimulai dari pengkajian tes
                                   psikologi dan pengukuran, dilanjutkan dengan pengkajian konsep dan  prisip
                                   pengembangan  tes,  dilanjutkan,  dan  pengujian  instrumen.  Kuliah  diakhiri
                                   dengan  contoh  pengembangan  secara  terpadu  dari  konsep,  desain,
                                   instrumen, sampai pengujian

                             15)   PSIKOMETRI
                                   Mata  kuliah  ini  membahas  tentang  teori  dan  teknik  mengenai  pokok
                                   bahasan utama mencakup konsep-konsep dasar pengukuran dalam psikologi
                                   dan teori-teori dalam pengukuran psikologi. Teori pengukuran yang dibahas
                                   antara lain teori Likert, Thurstone, Guilford.  Pengkajian dimulai dari konsep,
                                   penentuan skala, sampai pada pengujian skala

                             16)   MANAJEMEN PENGUJIAN
                                   Tujuan  dari  mata  kuliah  manajemen  pengujian  adalah  memberikan
                                   wawasan,  pengetahuan,  dan  ketrampilan  kepada  mahasiswa  dalam
                                   manajemen pengujian. Tes yang dimaksud di sini mencakup tes hasil belajar




                       Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         28
   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37