Page 33 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 33

atau prestasi belajar, tes untuk mengukur karakteristik personalitas, dan tes
                                   untuk mengukur gejala sosial. Perkuliahan mencakup topik pembuatan kisi-
                                   kisi, penyusunan tes, dan pengujian atau kalibrasi tes. Khusus untuk tes hasil
                                   belajar atau prestasi belajar, pembahasan tentang pengujian atau kalibrasi
                                   tes  melibatkan  analisis  butir  klasik  dan  analisis  butir  modern.    Selain
                                   menggunakan  perhitungan  manual,  pengujian  atau  kalibrasi  tes    juga
                                   menggunakan paket aplikasi komputer yang sudah umum digunakan.

                             17)   PENELITIAN DAN EVALUASI KEBIJAKAN
                                   Mahasiswa  memiliki  kemampuan  untuk  melakukan  evaluasi  kebijakan
                                   pendidikan  .  Oleh  karenanya,  mereka  perlu  difasilitasi dan  didorong  agar
                                   menguasai: dasar-dasar Evaluasi Kebijakan Pendidikan termasuk perbedaan
                                   antara  proyek,  program,  dan  kebijakan,  ruang  lingkup  Evaluasi  Kebijakan
                                   Pendidikan,  standar  evaluasi  program  &  Kebijakan,  merancang  Evaluasi
                                   Kebijakan  Pendidikan  (  menyusun  latar  belakang,  menentukan  fokus
                                   evaluasi, tujuan dan manfaat Evaluasi kebijakan, melakukan kajian pustaka,
                                   menentukan pendekatan, menentukan subyek, mengembangkan instrumen
                                   Evaluasi  Kebijakan  Pendidikan,  menentukan  analisis  data),  melakukan
                                   analisis  data,  menginterpretasikan  hasil  analisis  dan  membahasnya,
                                   membuat kesimpulan dan rekomendasi, serta menyusun laporan

                             18)   ASESMEN BERBASIS THK
                                   Asesmen berbasis THK membahas berbagai teknik asesmen berbasis kelas
                                   yang  umum  dan  dikaitkan  dengan  budaya  lokal/kearifan  lokal  THK,
                                   digunakan untuk mengukur hasil belajar. Topik-topik yang dikaji mencakup
                                   penilaian proses, portofolio, dan tes kinerja untuk mengukur  produk dan
                                   proses  pembelajaran,  seperti  praktikum  di  laboratorium,  kuliah  kerja
                                   lapangan,  atau  keterampilan  lain  yang  merupakan  hasil  belajar.  Hasil
                                   asesmen  berbasis  THK  diharapkan  dapat  merepresentasikan  kemampuan
                                   kognitif,  afektif,  maupun  psikomotorik  siswa  secara  komprehensif  dan
                                   objektif.  Pengkajian  mencakup  penyusunan  instrumen  dan  prosedur
                                   pelaksanaan evaluasi.

                             19)   KEWIRAUSAHAAN DI BIDANG PEP
                                   Mata  kuliah  Kewirausahaan  (Interpreneur)    bidang    PEP  mengkaji
                                   manajemen  dan  operasional  PEP.  Tujuannya  adalah  agar  mahasiswa
                                   memiliki  kompetensi  yang  komprehensif  tentang  kewirausahaan  dalam
                                   bidang PEP.  Kompetensi tersebut selanjutnya menjadi salah satu dasar dan
                                   mata rantai melakukan perintisan dan pengembangan kewirausahaan yang
                                   berbasis  pada  PEP.  Kewirausahaan  dimaksud  mencakup  manajemen  dan
                                   operasional  penelitian  serta  manajemen  dan  operasional  evaluasi.
                                   Kewirausahaan tersebut memberi peluang kepada lulusan untuk berkiprah
                                   pada  institusi  yang  bergerak  di  bidang  survey,  studi  kelayakan,  studi
                                   evaluatif, akreditasi, atau sertifikasi. Sejalan dengan perkembangan dunia
                                   usaha  dan  industri  yang  didukung  perkembangan  ilmu  pengetahuan  dan




                       Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         29
   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38