Page 33 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 33
atau prestasi belajar, tes untuk mengukur karakteristik personalitas, dan tes
untuk mengukur gejala sosial. Perkuliahan mencakup topik pembuatan kisi-
kisi, penyusunan tes, dan pengujian atau kalibrasi tes. Khusus untuk tes hasil
belajar atau prestasi belajar, pembahasan tentang pengujian atau kalibrasi
tes melibatkan analisis butir klasik dan analisis butir modern. Selain
menggunakan perhitungan manual, pengujian atau kalibrasi tes juga
menggunakan paket aplikasi komputer yang sudah umum digunakan.
17) PENELITIAN DAN EVALUASI KEBIJAKAN
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk melakukan evaluasi kebijakan
pendidikan . Oleh karenanya, mereka perlu difasilitasi dan didorong agar
menguasai: dasar-dasar Evaluasi Kebijakan Pendidikan termasuk perbedaan
antara proyek, program, dan kebijakan, ruang lingkup Evaluasi Kebijakan
Pendidikan, standar evaluasi program & Kebijakan, merancang Evaluasi
Kebijakan Pendidikan ( menyusun latar belakang, menentukan fokus
evaluasi, tujuan dan manfaat Evaluasi kebijakan, melakukan kajian pustaka,
menentukan pendekatan, menentukan subyek, mengembangkan instrumen
Evaluasi Kebijakan Pendidikan, menentukan analisis data), melakukan
analisis data, menginterpretasikan hasil analisis dan membahasnya,
membuat kesimpulan dan rekomendasi, serta menyusun laporan
18) ASESMEN BERBASIS THK
Asesmen berbasis THK membahas berbagai teknik asesmen berbasis kelas
yang umum dan dikaitkan dengan budaya lokal/kearifan lokal THK,
digunakan untuk mengukur hasil belajar. Topik-topik yang dikaji mencakup
penilaian proses, portofolio, dan tes kinerja untuk mengukur produk dan
proses pembelajaran, seperti praktikum di laboratorium, kuliah kerja
lapangan, atau keterampilan lain yang merupakan hasil belajar. Hasil
asesmen berbasis THK diharapkan dapat merepresentasikan kemampuan
kognitif, afektif, maupun psikomotorik siswa secara komprehensif dan
objektif. Pengkajian mencakup penyusunan instrumen dan prosedur
pelaksanaan evaluasi.
19) KEWIRAUSAHAAN DI BIDANG PEP
Mata kuliah Kewirausahaan (Interpreneur) bidang PEP mengkaji
manajemen dan operasional PEP. Tujuannya adalah agar mahasiswa
memiliki kompetensi yang komprehensif tentang kewirausahaan dalam
bidang PEP. Kompetensi tersebut selanjutnya menjadi salah satu dasar dan
mata rantai melakukan perintisan dan pengembangan kewirausahaan yang
berbasis pada PEP. Kewirausahaan dimaksud mencakup manajemen dan
operasional penelitian serta manajemen dan operasional evaluasi.
Kewirausahaan tersebut memberi peluang kepada lulusan untuk berkiprah
pada institusi yang bergerak di bidang survey, studi kelayakan, studi
evaluatif, akreditasi, atau sertifikasi. Sejalan dengan perkembangan dunia
usaha dan industri yang didukung perkembangan ilmu pengetahuan dan
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 29