Page 34 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 34

teknologi, jaminan kualitas (quality insurance) dan kontrol kualitas (quality
                                   control) menjadi tuntutan utama. Oleh karena itu, jasa untuk bidang survey,
                                   studi kelayakan, studi evaluatif, akreditasi, atau sertifikasi sangat diperlukan

                             20)   ISU-ISU KRITIS LOKAL, NASIONAL, DAN GLOBAL DALAM EVALUASI
                                   Mata  kuliah  ini  bertujuan  agar  mahasiswa  dapat  memahami  dinamika
                                   perkembangan  pendidikan  dalam  proses  perkembangan  masyarakat,
                                   negara, dan bangsa, terutama khususnya tentang evaluasi. Selain itu, melalui
                                   mata  kuliah  ini  mahasiswa  diharapkan  mamiliki  pemahaman  dan
                                   kompetensi tentang isu-isu di sekitar evaluasi pendidikan baik isu-isu masa
                                   lalu (old issues), sekarang (current issues), dan isu masa depan (future issues)
                                   pada tingkat lokal, nasional, dan global. Selanjutnya mahasiswa diharapkan
                                   memahami kedudukan strategis hal-hal tentang isu-isu dalam masyarakat
                                   terkait evaluasi pendidikan, sepeti ujian nasional, ujian bersama, atau ujian
                                   berstandar  internasional.  Pada  bagian  akhir,  mahasiswa  diajak  untuk
                                   menggali  evaluasi  pendidikan  dari  kearifan  lokal  yang  berpeluang  untuk
                                   diangkat ke tingkat nasional maupun internasional

                             21)   Orientasi Baru dalam Evaluasi Pendidikan
                                   Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami perkembangan
                                   konsep  evaluasi  kontemporer  karena  dampak  globalisasi,  demokratisasi,
                                   perkembangan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi,  khusunya  teknologi
                                   komunikasi    dan  informasi.  Berbagai  aliran  dalam  psikologi  belajar  dikaji
                                   secara  kritis  dan  analisis  agar  mahasiswa  mampu  menggunakan  berbagai
                                   teori  belajar  dan  pembelajaran  yang  ada  dalam  berbagai  aliran  untuk
                                   keperluan  penyempurnaan  evaluasi  pembelajaran  dan  pengembangan
                                   paradigma penelitian. Pembahasan juga mencakup berbagai kebijakan yang
                                   mempengaruhi  evaluasi,  agar  dapat  dicari  solusi  yang  ideal  dalam
                                   pelaksanaan  evaluasi,  tanpa  ada  pengaruh  faktor-faktor  eksternal.  Pada
                                   bagian  akhir  diperkenalkan  evaluasi  pembelajaran  dengan  memanfaatkan
                                   teknologi informasi dan komunikasi




















                       Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         30
   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39