Page 34 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 34
teknologi, jaminan kualitas (quality insurance) dan kontrol kualitas (quality
control) menjadi tuntutan utama. Oleh karena itu, jasa untuk bidang survey,
studi kelayakan, studi evaluatif, akreditasi, atau sertifikasi sangat diperlukan
20) ISU-ISU KRITIS LOKAL, NASIONAL, DAN GLOBAL DALAM EVALUASI
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dinamika
perkembangan pendidikan dalam proses perkembangan masyarakat,
negara, dan bangsa, terutama khususnya tentang evaluasi. Selain itu, melalui
mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mamiliki pemahaman dan
kompetensi tentang isu-isu di sekitar evaluasi pendidikan baik isu-isu masa
lalu (old issues), sekarang (current issues), dan isu masa depan (future issues)
pada tingkat lokal, nasional, dan global. Selanjutnya mahasiswa diharapkan
memahami kedudukan strategis hal-hal tentang isu-isu dalam masyarakat
terkait evaluasi pendidikan, sepeti ujian nasional, ujian bersama, atau ujian
berstandar internasional. Pada bagian akhir, mahasiswa diajak untuk
menggali evaluasi pendidikan dari kearifan lokal yang berpeluang untuk
diangkat ke tingkat nasional maupun internasional
21) Orientasi Baru dalam Evaluasi Pendidikan
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami perkembangan
konsep evaluasi kontemporer karena dampak globalisasi, demokratisasi,
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khusunya teknologi
komunikasi dan informasi. Berbagai aliran dalam psikologi belajar dikaji
secara kritis dan analisis agar mahasiswa mampu menggunakan berbagai
teori belajar dan pembelajaran yang ada dalam berbagai aliran untuk
keperluan penyempurnaan evaluasi pembelajaran dan pengembangan
paradigma penelitian. Pembahasan juga mencakup berbagai kebijakan yang
mempengaruhi evaluasi, agar dapat dicari solusi yang ideal dalam
pelaksanaan evaluasi, tanpa ada pengaruh faktor-faktor eksternal. Pada
bagian akhir diperkenalkan evaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 30