Page 52 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 52
Perkuliahan ini mengkaji tentang teori perkembangan ilmu pengetahuan
sosial di tingkat dasar, serta tata cara mengajarkan ilmu ips secara tepat dan
mengena.
5) PKn PENDAS
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan gambaran teoritis tentang
pendidikan kewarganegaraan, dan tatacara membentuk karakter bangsa
khususnya pada tingkat dasar.
6) LITERASI KEBAHASAAN DAN SASTRA INDONESIA PENDAS
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan bahasa dan Sastra
Indonesia yang benar kepada mahasiswa serta memberi tatacara pengajaran
bahasa indonesia tingkat dasar.
7) PSIKOLOGI PERKEMBANGAN DAN PENDIDIKAN
Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan
keterampilan mahasiswa secara lebih mendalam terhadap teori-teori
psikologi perkembangan anak, serta psikologi pendidikan seperti
48ehaviouristic, konstruktivis, dan sosialkultur.
8) METODOLOGI PENELITIAN
Mata kuliah ini bertujuan untuk menyajikan falsafah, dasar metotodologis
dan operasionalisasi penelitian dalam bidang pendidikan, yang difokuskan
pada penelitian kuantitatif, dan kepustakaan. Topik perkuliahan dan tugas-
tugas akan meliputi dasar logika penelitian ilmiah, formulasi permasalahan,
peranan pengembangan kerangka teoretik, pemilihan variabel dan tata
hubungannya, perumusan hipotesis dan pemilihan teknik analisis data yang
tepat.
9) APLIKASI STATISTIKA DALAM PENELITIAN
Mata kuliah ini bertujuan untuk menyajikan teknik dasar dalam pengolahan
dan penyajian data secara kuantitatif, distribusi data, pengujian prasyarat
analisis, perhitungan regresi linier sederhana, korelasi linier sederhana,
statistika inferensial, penaksiran parameter dan pengujian hipotesis dalam
kegiatan penelitian yang dilakukan secara manual dan bantuan program
aplikasi statistik.
10) INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan meningkatkan
wawasan mahasiswa terkait pengintegrasian berbagai model pendekatan
dan strategi pembelajaran, baik yang bersifat korelated maupun integrated
dalam konteks pendidikan dasar. Serta mengkaji berbagai bentuk
pengukuran terhadap hasil belajar maupun proses belajar peserta didik.
Bentuk tes kognitif dan non kognitif, serta bentuk tes dikotomi dan politomi
dibahas secara mendalam.
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 48