Page 48 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 48

bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi,
                                      serta makalah yang telah
                                      diterbitkan  di  jurnal  ilmiah  terakreditasi  atau  diterima  di  jurnal
                                      internasional;
                                 b.   Mampu  melakukan  validasi  akademik  atau  kajian  pendidikan  dasar
                                      dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan
                                      melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian pendidikan dasar;
                                 c.   Mampu  menyusun  ide,  hasil  pemikiran,  dan  argumen  saintifik  secara
                                      bertanggung  jawab  dan  berdasarkan  etika  akademik,  serta
                                      mengkomunikasikannya melalui media
                                      kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
                                 d.   Mampu  mengidentifikasi  bidang  keilmuan  pendidikan  dasar  yang
                                      menjadi obyek penelitiannya dan  memposisikan ke dalam suatu peta
                                      penelitian  yang  dikembangkan  melalui  pendekatan  interdisiplin  atau
                                      multidisiplin;
                                 e.   Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah
                                      pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan
                                      dan  menerapkan  nilain  humaniora  berdasarkan  kajian  analisis  atau
                                      eksperimental terhadap informasi dan data;
                                 f.   Mampu  mengelola,  mengembangkan  dan  memelihara  jaringan  kerja
                                      dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang
                                      lebih luas;
                                 g.   Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
                                 h.   Mampu  mendokumentasikan,  menyimpan,  mengamankan,  dan
                                      menemukan  kembali  data  hasil  penelitian  dalam  rangka  menjamin
                                      kesahihan dan mencegah plagiasi.
                              4)   CPL Keterampilan Khsusus:
                                 a.   Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam
                                      pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui
                                      pendekatan riset inter
                                      atau multidisipliner;
                                 b.   Mampu  mengkomunikasikan  hasil  riset  dan  pengembangan  ilmu
                                      pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan
                                      kreatif bidang pendidikan dasar melalui publikasi diterbitkan di jurnal
                                      nasional (minimal Sinta 2) atau diterima di jurnal internasional.
                                 c.   Mampu  memecahkan  masalah  pembelajaran  dan  pengelolaan
                                      pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
                                 d.   Mampu menemukan atau mengembangkan inovasi, kebijakan, dan
                                      pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidi


                      04.6.  Bahan Kajian
                              Lima bidang studi di sekolah dasar (IPA Pendas, Matematika Pendas, Bahasa dan
                              Sastra  Indonesia  Pendas,  IPS  Pendas,  PKn  Pendas),  Hakekat  pendidikan,
                              Manajemen  Pendidikan,  Psikologi  Perkembangan,  Psikologi,  Metodologi
                              Penelitian,  Statistik,  Karya  Tulis  Ilmiah,  Asesmen,  Teori  Belajar,  dan
                              Pengembangan Kurikulum



                       Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         44
   43   44   45   46   47   48   49   50   51   52   53