Page 48 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 48
bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi,
serta makalah yang telah
diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal
internasional;
b. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian pendidikan dasar
dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan
melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian pendidikan dasar;
c. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara
bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta
mengkomunikasikannya melalui media
kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
d. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan pendidikan dasar yang
menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta
penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau
multidisiplin;
e. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah
pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan
dan menerapkan nilain humaniora berdasarkan kajian analisis atau
eksperimental terhadap informasi dan data;
f. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja
dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang
lebih luas;
g. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
h. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan
menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin
kesahihan dan mencegah plagiasi.
4) CPL Keterampilan Khsusus:
a. Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam
pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui
pendekatan riset inter
atau multidisipliner;
b. Mampu mengkomunikasikan hasil riset dan pengembangan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan
kreatif bidang pendidikan dasar melalui publikasi diterbitkan di jurnal
nasional (minimal Sinta 2) atau diterima di jurnal internasional.
c. Mampu memecahkan masalah pembelajaran dan pengelolaan
pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
d. Mampu menemukan atau mengembangkan inovasi, kebijakan, dan
pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidi
04.6. Bahan Kajian
Lima bidang studi di sekolah dasar (IPA Pendas, Matematika Pendas, Bahasa dan
Sastra Indonesia Pendas, IPS Pendas, PKn Pendas), Hakekat pendidikan,
Manajemen Pendidikan, Psikologi Perkembangan, Psikologi, Metodologi
Penelitian, Statistik, Karya Tulis Ilmiah, Asesmen, Teori Belajar, dan
Pengembangan Kurikulum
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 44