Page 57 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 57

3)   CPL Keterampilan Umum:
                                 a.   Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif
                                      melalui  penelitian  ilmiah,  penciptaan  desain  atau  karya  seni  dalam
                                      bidang  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  yang  memperhatikan  dan
                                      menerapkan  nilai  humaniora  sesuai  dengan  bidang  keahliannya,
                                      menyusun  konsepsi  ilmiah  dan  hasil  kajian  berdasarkan  kaidah,  tata
                                      cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara,
                                      dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah
                                      diterbitkan  di  jurnal  ilmiah  terakreditasi  atau  diterima  di  jurnal
                                      internasional;
                                 b.   Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai dengan bidang
                                      keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri
                                      yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
                                 c.   Mampu  menyusun  ide,  hasil  pemikiran,  dan  argumen  saintifik  secara
                                      bertanggung  jawab  dan  berdasarkan  etika  akademik,  serta
                                      mengomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan
                                      masyarakat luas;
                                 d.   Mampu  mengidentifikasi  bidang  keilmuan  yang  menjadi  objek
                                      penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang
                                      dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
                                 e.   Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah
                                      pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan
                                      dan  menerapkan  nilai  humaniora  berdasarkan  kajian  analisis  atau
                                      eksperimental terhadap informasi dan data;
                                 f.   Mampu  mengelola,  mengembangkan  dan  memelihara  jaringan  kerja
                                      dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang
                                      lebih luas;
                                 g.   Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
                                 h.   Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan
                                      menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin
                                      kesahihan dan mencegah plagiasi.
                              4)   CPL Keterampilan Khsusus:
                                 a.   Mampu  menunjukkan  kemampuan  pengembangan  produk-produk
                                      teknologi   pembelajaran      kekinian   yang    dapat     menunjang
                                      keberlangsungan pendidikan di berbagai jenjang pendidikan.
                                 b.   Mampu menunjukkan kemampuan analisis konsep dan prinsip Teknologi
                                      Pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan pendidikan kekinian.
                                 c.   Mampu  menunjukkan  kemampuan  analisis  teori  dan  praktik
                                      perancangan,  pengembangan,  penerapan,  pengelolaan,  dan  penilaian
                                      proses dan sumber belajar.
                                 d.   Mampu  menunjukkan  kemampuan  evaluatif  terhadap  anomali,  krisis,
                                      dan keunggulan teori dan terapan Teknologi Pembelajaran dalam rangka
                                      menciptakan keunggulan-keunggulan baru Teknologi Pembelajaran.
                                 e.   Mampu  menunjukkan  kemampuan  menerapkan  teknologi  informasi
                                      berbasis model-model pembelajaran inovatif.




                       Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         53
   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61   62