Page 62 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 62
pemilihan model pembelajaran, (7) peran teknologi informasi dan
komunikasi dalam pembelajaran, (8) pengembangan serta penerapan model
pembelajaran inovatif berbasis ICT, (9) problematika model pembelajaran
inovatif berbasis ICT dan solusinya.
4) STATISTIKA DAN METODOLOGI PENELITIAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
(4 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam pengembangan
kompetensi kepribadian berbasis pemahaman dan penerapan konsep-
konsep dan prinsi-prinsip statistik dan metode penelitian dalam kajian ilmu
teknologi pembelajaran. Topik-topik perkuliahan mencakup: (1) Teknik
korelasi, regresi, dan analisis jalur, serta berbagai prasyarat dan asumsinya;
(2) Statistik komparatif parametrik (uji-t, anova satu dan dua jalan, manova
satu dan dua jalan, anacova satu dan dua jalan, mancova satu dan dua jalan,
dan uji post hock test), serta berbagai prasyarat dan asumsinya; (3) Teknik
analisis dengan SPSS dan pemaknaannya; (4) Analisis kritis jurnal-jurnal
internasional dan nasional serta tesis Teknologi Pembelajaran; (5) Metode
ilmiah, tahapan-tahapan logika, dan permasalahan penelitian Teknologi
Pembelajaran, (6) Review literatur dan mengkonstruksi hipotesis, (7)
Mengidentifikasi variabel, definisi operasional variabel, teknik identifikasi
dan manipulasi variabel; (8) Konsepsi dan desain penenelitian korelasional,
kausal komparatif, eksperimen, pengembangan; (9) Populasi, sampel, dan
teknik sampling; (10) Prosedur pengamatan dan pengukuran,
mengkonstruksi instrumen penelitian, dan konsepsi uji coba instrumen; (11)
Konsepsi dan teknik penulisan proposal, laporan penelitian, dan artikel
ilmiah.
5) TECHNOPRENEUR TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASIS THK (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam usaha
pengembangan kompetensi profesional dan jiwa kewirausahawan
berdasarkan paradigma teknologi pembelajaran terkini berbasis THK. Topik-
topik perkuliahan mencakup: pengembangan kecerdasan (empat
kecerdasan) menurut perspektif THK, yaitu: pertama, kecerdasan
intelektual-emosional terkait dengan kemampuan manusia
mengharmoniskan hubungan tiga unsur THK pada diri sendiri, yakni
roh/jiwa, pikiran (akalbudi), dan tubuh. Kedua, kecerdasan Parahyangan
yaitu kecerdasan spiritual, terkait dengan hubungan harmonis antara
manusia dengan Tuhan dan ketaatan terhadap agama. Ketiga, kecerdasan
Pawongan merupakan kecerdasan sosial, yakni manusia dapat berinteraksi
secara harmonis dengan sesama manusia. Keempat, kecerdasan Palemahan
merupakan kecerdasan ekologis berbentuk keharmonisan hubungan antara
manusia dengan lingkungan alam biofisik; analisis penerapan THK dalam
kawasan TP; definisi teknologi pembelajaran menurut paradigma terkini;
teknologi pembelajaran sebagai landasan perencanaan, pengembangan,
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 58