Page 62 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 62

pemilihan  model  pembelajaran,  (7)  peran  teknologi  informasi  dan
                                 komunikasi dalam pembelajaran, (8) pengembangan serta penerapan model
                                 pembelajaran inovatif berbasis ICT, (9) problematika model pembelajaran
                                 inovatif berbasis ICT dan solusinya.

                             4)   STATISTIKA DAN METODOLOGI PENELITIAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
                                 (4 SKS)
                                 Mata  kuliah  ini  bertujuan  memfasilitasi  mahasiswa  dalam  pengembangan
                                 kompetensi  kepribadian  berbasis  pemahaman  dan  penerapan  konsep-
                                 konsep dan prinsi-prinsip statistik dan metode penelitian dalam kajian ilmu
                                 teknologi  pembelajaran.  Topik-topik  perkuliahan  mencakup:  (1)  Teknik
                                 korelasi, regresi, dan analisis jalur, serta berbagai prasyarat dan asumsinya;
                                 (2) Statistik komparatif parametrik (uji-t, anova satu dan dua jalan, manova
                                 satu dan dua jalan, anacova satu dan dua jalan, mancova satu dan dua jalan,
                                 dan uji post hock test), serta berbagai prasyarat dan asumsinya; (3) Teknik
                                 analisis  dengan  SPSS  dan  pemaknaannya;  (4)  Analisis  kritis  jurnal-jurnal
                                 internasional dan nasional serta tesis Teknologi Pembelajaran; (5) Metode
                                 ilmiah,  tahapan-tahapan  logika,  dan  permasalahan  penelitian  Teknologi
                                 Pembelajaran,  (6)  Review  literatur  dan  mengkonstruksi  hipotesis,    (7)
                                 Mengidentifikasi  variabel,  definisi  operasional  variabel,  teknik  identifikasi
                                 dan manipulasi variabel; (8) Konsepsi dan desain penenelitian korelasional,
                                 kausal  komparatif,  eksperimen,  pengembangan;  (9)  Populasi,  sampel,  dan
                                 teknik   sampling;    (10)   Prosedur   pengamatan      dan   pengukuran,
                                 mengkonstruksi instrumen penelitian, dan konsepsi uji coba instrumen; (11)
                                 Konsepsi  dan  teknik  penulisan  proposal,  laporan  penelitian,  dan  artikel
                                 ilmiah.


                             5)   TECHNOPRENEUR TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASIS THK (3 SKS)
                                 Mata  kuliah  ini  bertujuan  memfasilitasi  mahasiswa  dalam  usaha
                                 pengembangan  kompetensi  profesional  dan  jiwa  kewirausahawan
                                 berdasarkan paradigma teknologi pembelajaran terkini berbasis THK. Topik-
                                 topik  perkuliahan  mencakup:  pengembangan  kecerdasan  (empat
                                 kecerdasan)  menurut  perspektif  THK,  yaitu:  pertama,  kecerdasan
                                 intelektual-emosional     terkait    dengan      kemampuan        manusia
                                 mengharmoniskan  hubungan  tiga  unsur  THK  pada  diri  sendiri,  yakni
                                 roh/jiwa,  pikiran  (akalbudi),  dan  tubuh.  Kedua,  kecerdasan  Parahyangan
                                 yaitu  kecerdasan  spiritual,  terkait  dengan  hubungan  harmonis  antara
                                 manusia dengan Tuhan dan ketaatan terhadap agama. Ketiga, kecerdasan
                                 Pawongan merupakan kecerdasan sosial, yakni manusia dapat berinteraksi
                                 secara harmonis dengan sesama manusia. Keempat, kecerdasan Palemahan
                                 merupakan kecerdasan ekologis berbentuk keharmonisan hubungan antara
                                 manusia  dengan  lingkungan  alam  biofisik;  analisis  penerapan  THK  dalam
                                 kawasan  TP;  definisi  teknologi  pembelajaran  menurut  paradigma  terkini;
                                 teknologi  pembelajaran  sebagai  landasan  perencanaan,  pengembangan,




                       Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         58
   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66   67