Page 61 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 61
05.8. Deskripsi Mata Kuliah:
1) FILSAFAT ILMU TEKNOLOGI PEMBELAJARAN (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam pengembangan
kompetensi kepribadian berbasis pemahaman dan penerapan Filsafat Ilmu
Teknologi Pembelajaran yang melandasi kajian Teknologi Pembelajaran.
Topik-topik perkuliahan mencakup: (1) Perkembangan filsafat ilmu teknologi
pembelajaran; (2) Pengertian, hubungan, dan perbedaan pengetahuan, ilmu
pengetahuan, filsafat dan filsafat ilmu teknologi pembelajaran; (3)
Kedudukan filsafat ilmu teknologi pembelajaran dalam sistem filsafat dan
ruang lingkupnya; (4) Hakikat ilmu teknologi pembelajaran: ontologi,
epistemologi, aksiologi teknologi pembelajaran; (5) Dimensi dan struktur
filsafat ilmu teknologi pembelajaran; (6) Kedudukan filsafat konstruktivisme
dan koneksionisme dalam filsafat ilmu teknologi pembelajaran; (8) Obyek
material dan obyek formal Filsafat Ilmu Teknologi Pembelajaran; (9) Metode
keilmuan dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam kajian penelitian
teknologi pembelajaran.
2) PSIKOLOGI DAN LANDASAN PEMBELAJARAN (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam pengembangan
kompetensi pedagogik berbasis pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan
evaluasi terhadap konsep, prinsip, dan teori psikologi dan landasan
pembelajaran dalam menfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja sesuai
kawasan teknologi pembelajaran. Topik-topik perkuliahan mencakup: (1)
psikologi sebagai landasan pembelajaran, (2) teori perkembangan dan
perkembangan selama anak-anak dan dewasa, (3) keragaman peserta didik,
(4) teori behavioristik tentang belajar, (5) teori kognitif dan pemerosesan
informasi tentang belajar, (6) teori konstruktivistik, (7) pembelajaran yang
efektif, (8) pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa, (9) pembelajaran
mengakomodasi kebutuhan individu peserta didik, (10) motivasi siswa dalam
belajar, (11) lingkungan belajar yang efektif, (11) variabel pembelajaran, (12)
aplikasi konsep dan teori belajar dalam pembelajaran di jenjang pendidikan
usia dini, pendidikan dasar, menengah, dan perguruan tinggi, dan (13)
paradigma penelitian berbasis teori belajar.
3) MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS ICT (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam proses
pengembangan kompetensi profesional dan pedagogik berbasis
pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi paradigma
pembelajaran inovatif berbasis ICT (Information, Communication, &
Technology). Topik-topik perkuliahan meliputi: (1) istilah paradigma,
pendekatan, strategi, model, metode, teknik, dan taktik pembelajaran, (2)
ciri-ciri model pembelajaran, (3) pengelompokan model pembelajaran, (4)
pengertian dan karakteristik model pembelajaran inovatif, (5) model
pembelajaran inovatif beserta karakteristiknya, (6) dasar pertimbangan
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 57