Page 61 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 61

05.8.  Deskripsi Mata Kuliah:
                              1)   FILSAFAT ILMU TEKNOLOGI PEMBELAJARAN (3 SKS)
                                 Mata  kuliah  ini  bertujuan  memfasilitasi mahasiswa  dalam  pengembangan
                                 kompetensi kepribadian berbasis pemahaman dan penerapan Filsafat Ilmu
                                 Teknologi  Pembelajaran  yang  melandasi  kajian  Teknologi  Pembelajaran.
                                 Topik-topik perkuliahan mencakup: (1) Perkembangan filsafat ilmu teknologi
                                 pembelajaran; (2) Pengertian, hubungan, dan perbedaan pengetahuan, ilmu
                                 pengetahuan,  filsafat  dan  filsafat  ilmu  teknologi  pembelajaran;  (3)
                                 Kedudukan filsafat ilmu teknologi pembelajaran dalam sistem filsafat dan
                                 ruang  lingkupnya;  (4)  Hakikat  ilmu  teknologi  pembelajaran:  ontologi,
                                 epistemologi,  aksiologi  teknologi  pembelajaran;  (5)  Dimensi  dan  struktur
                                 filsafat ilmu teknologi pembelajaran; (6) Kedudukan filsafat konstruktivisme
                                 dan koneksionisme dalam filsafat ilmu teknologi pembelajaran; (8) Obyek
                                 material dan obyek formal Filsafat Ilmu Teknologi Pembelajaran; (9) Metode
                                 keilmuan  dan  pengembangan  ilmu  pengetahuan  dalam  kajian  penelitian
                                 teknologi pembelajaran.

                             2)   PSIKOLOGI DAN LANDASAN PEMBELAJARAN (3 SKS)
                                 Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam pengembangan
                                 kompetensi pedagogik berbasis pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan
                                 evaluasi  terhadap  konsep,  prinsip,  dan  teori  psikologi  dan  landasan
                                 pembelajaran dalam menfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja sesuai
                                 kawasan  teknologi  pembelajaran.  Topik-topik  perkuliahan  mencakup:  (1)
                                 psikologi  sebagai  landasan  pembelajaran,  (2)  teori  perkembangan  dan
                                 perkembangan selama anak-anak dan dewasa, (3) keragaman peserta didik,
                                 (4) teori behavioristik tentang belajar, (5) teori kognitif dan pemerosesan
                                 informasi tentang belajar, (6) teori konstruktivistik, (7) pembelajaran yang
                                 efektif, (8) pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa, (9) pembelajaran
                                 mengakomodasi kebutuhan individu peserta didik, (10) motivasi siswa dalam
                                 belajar, (11) lingkungan belajar yang efektif, (11) variabel pembelajaran, (12)
                                 aplikasi konsep dan teori belajar dalam pembelajaran di jenjang pendidikan
                                 usia  dini,  pendidikan  dasar,  menengah,  dan  perguruan  tinggi,  dan  (13)
                                 paradigma penelitian berbasis teori belajar.

                             3)   MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS ICT (3 SKS)
                                 Mata  kuliah  ini  bertujuan  memfasilitasi  mahasiswa  dalam  proses
                                 pengembangan  kompetensi  profesional  dan  pedagogik  berbasis
                                 pemahaman,  aplikasi,  analisis,  sintesis,  dan  evaluasi  paradigma
                                 pembelajaran  inovatif  berbasis  ICT  (Information,  Communication,  &
                                 Technology).  Topik-topik  perkuliahan  meliputi:  (1)  istilah  paradigma,
                                 pendekatan, strategi, model, metode, teknik, dan taktik pembelajaran, (2)
                                 ciri-ciri model pembelajaran, (3) pengelompokan model pembelajaran, (4)
                                 pengertian  dan  karakteristik  model  pembelajaran  inovatif,    (5)  model
                                 pembelajaran  inovatif  beserta  karakteristiknya,  (6)  dasar  pertimbangan




                       Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         57
   56   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66