Page 184 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 184

7)
                            m) Pengembangan Model Konseling Inovatif                IPD320371
                                                                      7)
                            n)  Pengembangan Konseling Sosial Budaya                IPD320372
                                                     8)
                            o)  Semiotika dan Estetika                              IPD320381
                                          8)
                            p)  Kritik Seni                                         IPD320382
                                                                             9)
                            q)  Manajemen & Pengembangan Profesi Olahraga           IPD320391
                            r)  Pengukuran dan Evaluasi Olahraga (Orek, Ordik &     IPD320392
                                       9)
                               Orpres)
                            Pilihan Lintas Prodi (Pilihan Mahasiswa)
                            a)  Folklore Digital Berperspektif THK
                            b)  Innovation  in  English  Language  Teaching  &

                               Learning and THK
                                                                                                        III
                            c)  Etno Pedagogik dan Tri Hita Karana
                            d)  Pendidikan  Humanis  Berbasis  Budaya  Tri  Hita

                               Karana


                      01.10.  Deskripsi Mata Kuliah:
                               1)    Filsafat Ilmu dan Pendidikan
                                   Tujuan  mata  kuliah  ini  adalah  untuk  memberi  pengetahuan  tentang  hakikat,
                                   proses  berpikir  ilmiah  yang  mencakup:  perkembangan  filsafat  dan  ilmu
                                   pengetahuan;  pengertian,  hubungan  dan  perbedaan  antara  pengetahuan,  ilmu
                                   pengetahuan,  filsafat  dan  filsafat  ilmu  pengetahuan;  kedudukan  filsafat  ilmu
                                   pengetahuan  dalam  sistem  filsafat  dan  ruang  lingkupnya;  hakikat  ilmu
                                   pengetahuann (ontologi, epistemologi dan aksiologi); dimensi dan struktur ilmu
                                   pengetahuan;  metode  keilmuan  dan  pengembangan  ilmu  pengetahuan.
                                   Selanjutnya dibahas filsafat pendidikan yang bertujuan agar mahasiswa memiliki
                                   wawasan  tentang  filsafat  pendidikan  yang  dapat  menginspirasi,  menganalisis,
                                   memersepsi, menginvestigasi, serta mensupervisi. Menginspirasi adalah mampu
                                   memberi  inspirasi  bagi  para  pendidik  untuk  menjalankan  berbagai  ide  dalam
                                   pengembangan pendidikan, menganalisis adalah mampu memeriksa secara detail
                                   setiap  bagian  dari  pendidikan, memersepsi  adalah  upaya memberi  pengarahan
                                   dan  penjelasan  kepada  pendidik  mengenai  pendidikan  secara  lebih  luas  dan
                                   mendalam,  dan  menginvestigasi  adalah  meneliti  dan  memeriksa  tingkat
                                   kebenaran dari berbagai teori yang ada di dunia pendidikan.

                             2)    Metodologi Penelitian Pendidikan Lanjutan
                                 Mata  kuliah  ini  bertujuan  untuk  menyajikan  falsafah,  dasar  metotodologis  dan
                                 operasionalisasi  penelitian  dalam  bidang  pendidikan,  baik  dengan  paradigma
                                 kuantitatif, kualitatif, maupun pengembangan. Topik perkuliahan dan tugas-tugas
                                 untuk penelitian kuantitatif meliputi dasar logika penelitian kuantitatif, berbagai
                                 desain  penelitian  kuantitatif,  formulasi  permasalahan,  peranan  pengembangan
                                 kerangka teoretik, pemilihan variabel dan tata hubungannya, perumusan hipotesis
                                 (hipotesis penelitian dan hipotesis statistik) dan pemilihan teknik analisis data yang
                                 tepat.  Berikutnya,  untuk  penelitian  kualitatif  topik-topik  perkuliahan  dan  tugas-
                                 tugas  meliputi    konsep  dasar  unsur-unsur  penelitian  kualitatif,  formulasi
                                 permasalahan, ragam dan rancangan penelitian kualitatif (fenomenologi, etnografi,
                                 case study, historis, dan grounded theory), pemilihan kancah (research setting) dan




                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         180
   179   180   181   182   183   184   185   186   187   188   189