Page 188 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 188
perkembangan pendidikan dalam proses perkembangan masyarakat lokal,
nasional, dan global. Selain itu, melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan
mamiliki pemahaman dan kompetensi tentang isu-isu di sekitar pendidikan baik isu-
isu masa lalu, sekarang, dan isu masa depan pada tingkat lokal, nasional, dan global.
Selanjutnya, mahasiswa diajak memahami perkembangan konsep pedagogik
kontemporer karena dampak globalisasi, demokratisasi, perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi, khusunya teknologi komunikasi dan informasi.
Demikian pula dikaji pengaruh filsafat manusia postmodernisasi, teori kritik sosial,
humanisme pembebasan, perjumpaan konsep pedagogik kontinental dengan
pragmatisme Amerika Utara, pengaruh teknologi modern, dan pedagogik kritis.
Selanjutnya, sebagai ilmu praksis, kaitan pedagogik dengan ilmu-ilmu kognitif,
antropologi, dan ilmu politik.
1)
11) Perbandingan Sistem Pendidikan di Beberapa Negara
Mata kuliah analisis kebijakan berbagai kebijakan pendidikan yang sedang dan
pernah berlaku. Pengkajian mecakup latar belakang, konsep, dan implementasi
kebijakan. Di dalamnya juga termuat kelebihan dan kekurangan dari tiap-tiap
kebijakan. Mahasiswa diharapkan mampu mengkritisi sebuah kebijakan dengan
melakukan pengkajian teoretik dan emperik. Dalam diskusi mahasiswa diharapkan
mampu menunjukkan keunggulan dari sebuah kebijakan yang perlu dikembangkan.
Selain itu mahasiswa juga diharapkan mampu menunjukkan titik lemah kebijakan
tersebut dan memberikan saran untuk penyemprnaannya. Pengkajian kebijakan
pendidikan dilakukan dengan melakukan pembandingan terhadap kebijakan atau
sistem pendidikan di beberapa negara yang dianggap relevan. Melalui pendekatan
seperti ini mahasiswa diharapkan mampu merumuskan langkah bijaksana bila
diperlukan langkah untuk mengadopsi kebijakan pendidikan.
1)
12) Teori Persekolahan
Mata kuliah teori persekolahan bertujuan memberi wawasan kepada mahasiswa
untuk melihat masalah pendidikan persekolahan dari berbagai disiplin. Dengan
demikian mahasiswa mendapatkan landasan filosofis, teoretik, dan metodologis
pendidikan persekolahan. Kajian mencakup teori persekolahan dan berbagai
permasalahan yang terjadi di sekolah sebagai praktek pendidikan selama ini.
Harapannya, mahasiswa memahami model pendidikan persekolahan yang mampu
mengakomodasi perubahan jaman, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang
memiliki kompetensi sesuai bidangnya dan berkarakter. Produk akhir mata kuliah ini
adalah konfigurasi pendidikan persekolahan yang mampu bertindak sebagai
inisiator untuk melakukan sinergi dengan keluarga, dan masyarakat.
2)
13) Psikometrika
Tujuan dari mata kuliah psikometri adalah memberikan wawasan, pengetahuan,
dan ketrampilan kepada mahasiswa dalam mengkontruksi tes, angket/kuesioner
dan rubrik penilaian. Tes yang dimaksud disini mencakup tes hasil belajar atau
prestasi belajar, tes untuk mengukur karakteristik personalitas, dan tes untuk
mengukur gejala sosial. Angket/kuesioner yang dimaksud untuk mengukur
pendapat ataupun karakteristik peserta didik. Rubrik yang dimaksud adalah rubrik
holistik dan rubrik analitik. Perkuliahan mencakup topik pembuatan definisi
konseptual, defifnisi operasional, kisi-kisi, penyusunan tes, penyusunan
angket/kuesioner, dan pengujian atau kalibrasi tes. Khsusus untuk tes hasil belajar
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 184