Page 185 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 185
entri, pemilihan informan kunci dan nara sumber, metode dan teknik pengumpulan
data, serta analisis data kualitatif. Selanjutnya, untuk penelitian pengembangan
topik-topik perkuliahan dan tugas-tugas meliputi konsep dasar penelitian
pengembangan, model-model penelitian pengembangan, dan prosedur penelitian
pengembangan. Pembahasan penelitian dan pengembangan (R&D) mencakup
pengembangan model pembelajaran, media pembelajaran, atau evaluasi
pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pengembangan. Pada bagian
akhir, mahasiswa mahasiswa harus menghasilkan proposal penelitian sesuai minat
masing-masing.
3) Sosiologi, Antropologi, dan Ekologi Pendidikan
Kajian sosiologi dan antropologi pendidikan bertujuan memberi wawasan tentang
keberadaan pendidikan di masyarakat dari masa ke masa. Tujuaannya, mahasiswa
dapat memahami bahwa pendidikan itu sudah ada sejalan dengan kehidupan
manusia di masyarakat dan selanjutnya memahami tentang perjalanan pendidikan
dari jaman purba sampai jaman modern sekarang ini. Perkuliahan juga mengkaji
pendidikan di jaman penjajahan yang dikenal dengan pendidikan model bank dan
pendidikan di jaman kemerdekaan yang dikenal dengan pendidikan yang
memanusiakan manusia. Beberapa teori pendidikan yang berkembanga juga
dibahas, seperti teori Human Capital, Credentialism, dan seterusnya. Pada
pengkajian pendidikan sekarang ini dibahas pula jenis pendidikan (umum dan
vokasional) dan jalur pendidikan (formal, non-formal, dan informal). Pada bagian
akhir dibahas ekologi pendidikan dimana aktivitas, ide, dan nilai manusia dibentuk,
sekaligus memediasi potensi untuk mengubah struktur sosial, praktik, dan gagasan
yang ada.
4) Analisis Kebijakan dan Evaluasi Program Pendidikan
Mata kuliah analisis kebijakan berbagai kebijakan pendidikan yang sedang dan
pernah berlaku. Pengkajian mencakup latar belakang, konsep, dan implementasi
kebijakan. Di dalamnya juga termuat kelebihan dan kekurangan dari tiap-tiap
kebijakan. Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi sebuah kebijakan dengan
melakukan pengkajian teoretik dan emperik. Dalam diskusi mahasiswa diharapkan
mampu menunjukkan keunggulan dari sebuah kebijakan yang perlu dikembangkan.
Selain itu mahasiswa juga diharapkan mampu menunjukkan titik lemah kebijakan
tersebut dan memberikan saran untuk penyempurnaannya serta rekomendasi atau
keputusan apakah program pendidikan tersebut layak atau tidak untuk dilanjutkan.
Pembahasan mata kuliah ini dimulai dari pengkajian model-model evaluasi program
dan contoh-contoh kasus penerapannya di sekolah, di perguruan tinggi, atau di
lembaga pendidikan lainnya, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Fokus
pengkajian berikutnya adalah pada desain evaluasi, pelaksanaan evaluasi, dan
pelaporan evaluasi evaluasi. Desain evaluasi mencakup pemilihan kasus yang akan
dievaluasi, pemilihan model evaluasi yang tepat, penentuan responden,
penyusunan metode pengumpulan data termasuk penyusunan instrumen
pengumpulan data. Pelaksanaan evaluasi mencakup pendekatan responden dan
pengumpulan data, tabulasi data, dan analisis data. Pelaporan mencakup
penyusunan laporan dan perumusan rekomendasi yang relevan kepada pemegang
kebijakan. Evaluasi program pendidikan juga mengkaji meta analisis terhadap
beberapa hasil evaluasi program yang sudah dilakukan.
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 181