Page 186 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 186
0)
5) Psikologi Pendidikan
Mata kuliah psikologi pendidikan bertujuan memberi wawasan, pengetahuan, dan
pemahaman tentang psikologi pendidikan menurut berbagai teori yang ada.
Perkuliahan mengkaji psikologi pendidikan, baik secara teoretik maupun praktek di
lapangan. Beberapa aliran psikologi pendidikan yang dibahas adalah behavioristik,
humanistik, kognitif, dan kontruktivis. Berbagai aliran dalam psikologi belajar dikaji
secara kritis dan analisis agar mahasiswa mampu menggunakan berbagai teori
belajar dan pembelajaran yang ada dalam berbagai aliran, baik untuk keperluan
penyempurnaan proses pembelajaran maupun keperluan pengembangan
paradigma penelitian. Pengkajian dilakukan secara deduktif dan secara induktif.
Pengkajian deduktif dimulai dari mengkaji beberapa teori psikologi pendidikan dan
selanjutnya melalui berbagai cara dicoba disesuaikan dengan penerapannya di
lapangan. Pengkajian secara induktif dimulai dari pengamatan sendiri atau
pengalaman emperik sendiri, kemudian diformulasikan dan dicari teori psikologi
pendidikan yang mendukung pengalaman tersebut. Model perkuliahan seperti ini
memberi peluang untuk mendapatkan hal baru dalam psikologi pendidikan.
Perkuliahan juga mencakup perkembangan peserta didik sesuai dengan teori-teori
perkembangan anak yang ada, seperti teori Piaget, Freud, Erickson, Rousseau, John
Lock, William Stern.
0)
6) Teori dan Model Pembelajaran
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman
tentang beberapa model pembelajaran dari berbagai aliran psikologi belajar yang
ada. Selanjutnya mereka diharapkan mampu menerapkannya dalam pembelajaran
di kelas. Selain itu mahasiswa juga diharapkan mampu mengembangkan model
pembelajaran agar sesuai dengan perkembangan peserta didik, lingkungan belajar,
serta materi pembelajaran, baik dari hasil modifikasi atau temuan baru dan
disesuaikan dengan sarana dan prasarana yang ada serta kemajuan di bidang
teknologi informasi dan telekomunikasi. Perkuliahan diawali dengan pengkajian
beberapa teori belajar dari berbagai aliran psikologi pendidikan yang ada.
Selanjutnya, melalui diskusi dan kerja mandiri, mereka diharapkan mampu
menerapkan teori-teori tersebut dalam pembelajaran dengan memilih materi yang
menjadi bidang keahliannya. Teori belajar dibahas sesuai dengan aliran psikologi
pendidikan, yakni behavioristik, humanistik, kognitif, dan kontruktivis. Beberapa
teori belajar yang dikaji adalah teori belajar sosial dari Albert Bandura, teori
fenomenologis dari Carl Rogers, teori hierarkis dari Abraham Maslow, teori
kontruktivis dari Piaget dan Vigotsky. Selain itu, mahasiswa juga diberi tugas untuk
mengkaji beberapa teori belajar yang masih relevan untuk diterapkan. Pengkajian
dimulai dari filosofis, kemudian teoretis sampai dengan penerapannya di lapangan.
Pada bagian akhir juga dibahas teori belajar yang berkembang di Tanah Air, baik di
level nasional maupun daerah, seperti misalnya Tri Nga dari Ki Hajar Dewantara
(Ngarti, Ngarasa, dan Ngalakoni). Pembahasan juga mencakup faktor-faktor yang
mempengaruhi pembelajaran, pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran,
serta model-model pembelajaran inovatif beserta asesmen autentiknya. Pada
bagian akhir dikaji pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi (e-learning) dan cara asesmennya, baik sebagai suplemen, komplemen,
maupun substitusi dari pembelajaran konvensional.
0)
7) Manajemen Pembelajaran
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 182