Page 186 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 186

0)
                             5)    Psikologi Pendidikan
                                 Mata kuliah psikologi pendidikan bertujuan memberi wawasan, pengetahuan, dan
                                 pemahaman  tentang  psikologi  pendidikan  menurut  berbagai  teori  yang  ada.
                                 Perkuliahan mengkaji psikologi pendidikan, baik secara teoretik maupun praktek di
                                 lapangan. Beberapa aliran psikologi pendidikan yang dibahas adalah behavioristik,
                                 humanistik, kognitif, dan kontruktivis. Berbagai aliran dalam psikologi belajar dikaji
                                 secara  kritis  dan  analisis  agar  mahasiswa  mampu  menggunakan  berbagai  teori
                                 belajar dan pembelajaran yang ada dalam berbagai aliran, baik untuk keperluan
                                 penyempurnaan  proses  pembelajaran  maupun  keperluan  pengembangan
                                 paradigma  penelitian.  Pengkajian  dilakukan  secara  deduktif  dan  secara  induktif.
                                 Pengkajian deduktif dimulai dari mengkaji beberapa teori psikologi pendidikan dan
                                 selanjutnya  melalui  berbagai  cara  dicoba  disesuaikan  dengan  penerapannya  di
                                 lapangan.  Pengkajian  secara  induktif  dimulai  dari  pengamatan  sendiri  atau
                                 pengalaman emperik sendiri, kemudian diformulasikan dan dicari teori psikologi
                                 pendidikan yang mendukung pengalaman tersebut. Model perkuliahan seperti ini
                                 memberi  peluang  untuk  mendapatkan  hal  baru  dalam  psikologi  pendidikan.
                                 Perkuliahan juga mencakup perkembangan peserta didik sesuai dengan teori-teori
                                 perkembangan anak yang ada, seperti teori Piaget, Freud, Erickson, Rousseau, John
                                 Lock, William Stern.

                                                              0)
                             6)    Teori dan Model Pembelajaran
                                 Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman
                                 tentang beberapa model pembelajaran dari berbagai aliran psikologi belajar yang
                                 ada. Selanjutnya mereka diharapkan mampu menerapkannya dalam pembelajaran
                                 di  kelas.  Selain  itu  mahasiswa  juga  diharapkan  mampu  mengembangkan  model
                                 pembelajaran agar sesuai dengan perkembangan peserta didik, lingkungan belajar,
                                 serta  materi  pembelajaran,  baik  dari  hasil  modifikasi  atau  temuan  baru  dan
                                 disesuaikan  dengan  sarana  dan  prasarana  yang  ada  serta  kemajuan  di  bidang
                                 teknologi  informasi  dan  telekomunikasi.  Perkuliahan  diawali  dengan  pengkajian
                                 beberapa  teori  belajar  dari  berbagai  aliran  psikologi  pendidikan  yang  ada.
                                 Selanjutnya,  melalui  diskusi  dan  kerja  mandiri,  mereka  diharapkan  mampu
                                 menerapkan teori-teori tersebut dalam pembelajaran dengan memilih materi yang
                                 menjadi bidang keahliannya. Teori belajar dibahas sesuai dengan aliran psikologi
                                 pendidikan,  yakni  behavioristik,  humanistik,  kognitif,  dan  kontruktivis.  Beberapa
                                 teori  belajar  yang  dikaji  adalah  teori  belajar  sosial  dari  Albert  Bandura,  teori
                                 fenomenologis  dari  Carl  Rogers,  teori  hierarkis  dari  Abraham  Maslow,  teori
                                 kontruktivis dari Piaget dan Vigotsky. Selain itu, mahasiswa juga diberi tugas untuk
                                 mengkaji beberapa teori belajar yang masih relevan untuk diterapkan. Pengkajian
                                 dimulai dari filosofis, kemudian teoretis sampai dengan penerapannya di lapangan.
                                 Pada bagian akhir juga dibahas teori belajar yang berkembang di Tanah Air, baik di
                                 level nasional maupun daerah, seperti misalnya Tri Nga dari Ki Hajar Dewantara
                                 (Ngarti, Ngarasa, dan Ngalakoni). Pembahasan juga mencakup faktor-faktor yang
                                 mempengaruhi pembelajaran, pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran,
                                 serta  model-model  pembelajaran  inovatif  beserta  asesmen  autentiknya.  Pada
                                 bagian akhir dikaji pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan
                                 komunikasi (e-learning) dan cara asesmennya, baik sebagai suplemen, komplemen,
                                 maupun substitusi dari pembelajaran konvensional.

                                                         0)
                             7)    Manajemen Pembelajaran



                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         182
   181   182   183   184   185   186   187   188   189   190   191