Page 187 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 187

Sasaran perkuliahan dasar-dasar manajemen pendidikan adalah agar mahasiswa
                                 mampu  mengembangkan  pengetahuan,  teknologi,  dan/atau  seni  baru  dalam
                                 bidang Manajemen Kepemimpinan Pendidikan atau praktek profesionalnya melalui
                                 riset,  hingga  menghasilkan  karya  kreatif,  original,  dan  teruji,  serta  mampu
                                 memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan teknologi, dan/atau seni dalam
                                 bidang Manajemen Kepemimpinan Pendidikan melalui pendekatan inter, multi dan
                                 transdisipliner.  Materi  perkuliahan  mencakup  pokok  bahasan  hakikat
                                 kepemimpinan pendidikan, kepemimpinan sebagai kunci keberhasilan pendidikan,
                                 sumber  kuasa  dan  gaya,  kompetensi  dan  ketrampilan  pemimpin,  lembaga
                                 pendidikan sebagai organisasi kompleks dan unik, tanggungjawab kepemimpinan
                                 pendidikan,  meningkatkan  kualitas  kepemimpinan,  meningkatkan  hubungan
                                 pendidikan dengan masyarakat.

                                                                    1)
                             8)    Analisis Sistem Pendidikan Nusantara
                                 Keragaman  budaya  Nusantara  berimplikasi  pada  sistem  pendidikan  yang
                                 ada.  Bahkan  pada  zamannya,  sistem  pendidikan  yang  pernah  ada  di
                                 Nusantara menjadi model pendidikan di Negara lain, sehingga banyak orang
                                 asing belajar ke Nusantara. Banyak kearifan lokal yang mampu menghasilkan
                                 sumber  daya  manusia  unggul  di  bidangnya.  Mata  kuliah  “Analisis  Sistem
                                 Pendidikan Nusantara” bertujuan mengkaji berbagai sistem pendidikan yang
                                 ada di Nusantara, seperti pedepokan, madrasah, pondok-pesantren, paroki,
                                 pasraman, pesantian, dan beberapa sistem pendidikan lain, termasuk sistem
                                 pendidikan  yang  mengintegrasikan  sistem  tertentu  pada  sistem
                                 persekolahan.  Pada  bagian  akhir  dikaji  sistem  pendidikan  yang  muncul
                                 belakangan, seperti home schooling dan full day school. Produk perkuliahan
                                 yang diharapkan adalah pengkajian secara holistik sistem-sistem pendidikan
                                 tersebut dengan beragam pola pengintegrasiannya.

                             9)    Analisis Perbandingan Kebijakan Pendidikan di Beberapa Negara 1)
                                 Mata  kuliah  Perbandingan  Kebijakan  Pendidikan  di  Beberapa  Negara
                                 mengkaji berbagai kebijakan pendidikan yang sedang dan pernah berlaku di
                                 beberapa  Negara  dan  dinilai  cocok  untuk  diterapkan  di  Indonesia.
                                 Pengkajian  mecakup  latar  belakang,  konsep,  implementasi,  dan  implikasi
                                 kebijakan. Di dalamnya juga termuat kelebihan dan kekurangan dari tiap-
                                 tiap kebijakan. Mahasiswa diharapkan mampu mengkritisi sebuah kebijakan
                                 dengan  melakukan  pengkajian  teoretik  dan  emperik.  Dalam  diskusi
                                 mahasiswa  diharapkan  mampu  menunjukkan  keunggulan  dari  sebuah
                                 kebijakan yang perlu dikembangkan. Selain itu mahasiswa juga diharapkan
                                 mampu menunjukkan titik lemah kebijakan tersebut dan memberikan saran
                                 untuk  penyempurnaannya.  Pengkajian  kebijakan  pendidikan  dilakukan
                                 dengan  melakukan  pembandingan  terhadap  kebijakan  atau  kebijakan
                                 pendidikan  di  beberapa  negara  yang  dinilai  relevan.  Melalui  pendekatan
                                 seperti ini mahasiswa diharapkan mampu merumuskan langkah bijaksana
                                 bila diperlukan langkah untuk mengadopsi kebijakan pendidikan.

                                                                         1)
                             10)   Isu-isu Kritis dan Orientasi Baru Pedagogik
                                   Mata  kuliah  ini  bertujuan  agar  mahasiswa  dapat  memahami  dinamika



                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         183
   182   183   184   185   186   187   188   189   190   191   192