Page 187 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 187
Sasaran perkuliahan dasar-dasar manajemen pendidikan adalah agar mahasiswa
mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru dalam
bidang Manajemen Kepemimpinan Pendidikan atau praktek profesionalnya melalui
riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji, serta mampu
memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan teknologi, dan/atau seni dalam
bidang Manajemen Kepemimpinan Pendidikan melalui pendekatan inter, multi dan
transdisipliner. Materi perkuliahan mencakup pokok bahasan hakikat
kepemimpinan pendidikan, kepemimpinan sebagai kunci keberhasilan pendidikan,
sumber kuasa dan gaya, kompetensi dan ketrampilan pemimpin, lembaga
pendidikan sebagai organisasi kompleks dan unik, tanggungjawab kepemimpinan
pendidikan, meningkatkan kualitas kepemimpinan, meningkatkan hubungan
pendidikan dengan masyarakat.
1)
8) Analisis Sistem Pendidikan Nusantara
Keragaman budaya Nusantara berimplikasi pada sistem pendidikan yang
ada. Bahkan pada zamannya, sistem pendidikan yang pernah ada di
Nusantara menjadi model pendidikan di Negara lain, sehingga banyak orang
asing belajar ke Nusantara. Banyak kearifan lokal yang mampu menghasilkan
sumber daya manusia unggul di bidangnya. Mata kuliah “Analisis Sistem
Pendidikan Nusantara” bertujuan mengkaji berbagai sistem pendidikan yang
ada di Nusantara, seperti pedepokan, madrasah, pondok-pesantren, paroki,
pasraman, pesantian, dan beberapa sistem pendidikan lain, termasuk sistem
pendidikan yang mengintegrasikan sistem tertentu pada sistem
persekolahan. Pada bagian akhir dikaji sistem pendidikan yang muncul
belakangan, seperti home schooling dan full day school. Produk perkuliahan
yang diharapkan adalah pengkajian secara holistik sistem-sistem pendidikan
tersebut dengan beragam pola pengintegrasiannya.
9) Analisis Perbandingan Kebijakan Pendidikan di Beberapa Negara 1)
Mata kuliah Perbandingan Kebijakan Pendidikan di Beberapa Negara
mengkaji berbagai kebijakan pendidikan yang sedang dan pernah berlaku di
beberapa Negara dan dinilai cocok untuk diterapkan di Indonesia.
Pengkajian mecakup latar belakang, konsep, implementasi, dan implikasi
kebijakan. Di dalamnya juga termuat kelebihan dan kekurangan dari tiap-
tiap kebijakan. Mahasiswa diharapkan mampu mengkritisi sebuah kebijakan
dengan melakukan pengkajian teoretik dan emperik. Dalam diskusi
mahasiswa diharapkan mampu menunjukkan keunggulan dari sebuah
kebijakan yang perlu dikembangkan. Selain itu mahasiswa juga diharapkan
mampu menunjukkan titik lemah kebijakan tersebut dan memberikan saran
untuk penyempurnaannya. Pengkajian kebijakan pendidikan dilakukan
dengan melakukan pembandingan terhadap kebijakan atau kebijakan
pendidikan di beberapa negara yang dinilai relevan. Melalui pendekatan
seperti ini mahasiswa diharapkan mampu merumuskan langkah bijaksana
bila diperlukan langkah untuk mengadopsi kebijakan pendidikan.
1)
10) Isu-isu Kritis dan Orientasi Baru Pedagogik
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dinamika
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 183