Page 230 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 230

b)   Information and technology in LT             BHS320213
                               c)   Professional Development in ELT              BHS320214
                               d)   ELT Curriculum and Analysis                  BHS320215
                                                       Jumlah Sks
                                              Konsentrasi Bahasa Indonesia                       18
                                               Konsentrasi Bahasa Inggris                        10



                      Semester III

                      NO                      MATA KULIUAH                          KODE MK        Sks  Smtr

                      2.    Disertasi (Konsentrasi Bahasa Indoneisa)              BHS320301        12  III-VI

                      3.    Disertasi (Konsentrasi Bahasa Inggris):
                            a)   Current Issues and Problem in ELT (D.1)   3 sks   BHS320302
                            b)   Research Methodology in ELT (D.2)         3 sks   BHS320303
                                                                                                   12  III-VI
                            c)   Seminar Proposal (D.3)                    3 sks   BHS320304
                            d)   Research Writing and Publication (D.4)    3 sks   BHS320305

                            Pilihan Lintas Prodi (Pilihan Mahasiswa) *)                             3     III
                                                         Jumlah Sks

                                               Konsentrasi Bahasa Indonesia                        15
                                                 Konsentrasi Bahasa Inggris                        12

                     *) Pilih salah satu


                      03.9.  Deskripsi Mata Kuliah:
                              (Konsentrasi Bahasa Indonesia)
                              1)   Etnopedagogi Lanjut Berperspektif THK
                                 Mata  kuliah  ini    berupaya  menanamkan  sendi-sendi  hubungan    nilai
                                 kemanusiaan dalam hubungannya dengan aspek Teologis,Sosiologis,maupun
                                 Ekologis  melalui  pembelajaran  berbasis  budaya.Hal  ini  dilatari  oleh
                                 kemudahan         yang       ditawarkan       teknologi      memengaruhi
                                 penggunanya.Pengguna  teknologi  bukan  hanya  senang  mengambil  cara
                                 cepat,tetapi     juga     sering     terperosok     merendahkan        nilai
                                 kemanusiaan.Kerangka  pikir  etnopedagogi  dalam  konteks  sosiologis(
                                 hubungan  manusia  dengan  manusia).Hubungan  budaya  dan  pendidikan
                                 secara  tradisional.Pengembangan  nilai  religius  (aspek  Teologis)  melalui
                                 strategi  pembelajaran  berbasis  tradisi  maupun  berbasis  persiapan
                                 upacara.Perevitalisasian  kecintaan    ekologis  berbasis  Usadha  maupun
                                 dengan  pemanfaatan  cerita  rakyat  sebagai  model  pembelajaran  cinta
                                 lingkungan (hubungan manusia dengan alam).

                             2)   Filsafat Bahasa dan Sastra




                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         226
   225   226   227   228   229   230   231   232   233   234   235