Page 235 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 235

mahasiswa  diarahkan  untuk  mengembangkan  program,  projeg  atau
                                   kebijakan tertentu
                              3)    META ANALYSIS RESEARCH IN ELT
                                   Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan berbagai konsep dan hakekat
                                   tentang  penelitian  meta  analisis  dalam  pembelajaran  Bahasa  Inggris.
                                   Mahasiswa memiliki kompetensi untuk melakukan kegiatan penelitian yang
                                   dilakukan  dengan  menganalisis  sejumlah  penelitian  primer  baik  dalam
                                   bidang  penelitian  kualitatif,  kuantitatif  maupun  penelitian  mixed  method
                                   untuk  menemukan  konsistensi  atau  inkonsistensi  dalam  pengkajian  hasil-
                                   hasil  penelitian  dan  mendapatkan  kesimpulan  umum  dari  berbagai
                                   permasalahan sejenis
                              4)    ENGLISH ACROSS CURRICULUM
                                   Mata kuliah ini menekankan pada kurikulum bahasa Inggris dalam konteks
                                   non  Bahasa  Inggris,  yang  mencakup  pengembangan  kurikulum  untuk
                                   berbagai  bidang  pendidikan  /  kebutuhan:  English  for  Academic  Purposes,
                                   English for Specific Purposes, English for Vocational Purposes, Content and
                                   Language Integrated Learning. Tujuan dari mata kuliah ini adalah membuka
                                   wawasan  dan  membekali  calon  Doktor  Pendidikan  Bahasa  Inggris  dalam
                                   mengembangkan potensi  diri  dan  profesi dalam  bidang  yang  relevan  dan
                                   menunjang pendidikan bahasa Inggris secara umum maupun khusus
                              5)    DISSERTATION
                                   Mata kuliah ini secara khusus menuntun mahasiswa untuk focus dan terarah
                                   dalam penyiapan disertasi mulai dengan melakukan konferensi kelas (class
                                   conference)  tentang  ide  /  cikal  bakal  disertasi,  seminar  dalam  tahapan-
                                   tahapan  time  frame  yang  ditentukan  serta  pengembangan  pola  fikir  dan
                                   ketrampilan menulis untuk disertasi dan publikasi. Mata kuliah ini dipecah
                                   menjadi  4  bagian  sehingga  sejak  semester  2  mahasiswa  sudah  mulai
                                   mengambil mata kuliah ini dengan penamaan mata kuliah yang berbeda dan
                                   berjenjang sbb.
                                   1)  Current issues and Problem in ELT (Dissertation 1) (3 sks)
                                   2)  Research Methodology in ELT (Dissertation 3)  (3 sks)
                                   3)  Seminar proposal (3sks)
                                   4)  Research Writing and Publication (Dissertation 4) (3sks)
                                   Secara  keseluruhan  Disertasi  diberi  bobot  12  sks  dengan  rincian  materi
                                   seperti tersebut di atas. Disertasi memiliki tahapan: 1) Seminar proposal, 2)
                                   Seminar hasil (seminar kelayakan disertasi), 3) Ujian tertutup, dan 4) Ujian
                                   terbuka (Promosi Doktor).

                              6)    TRENDS IN ELT
                                   Mata kuliah ini mencakup isu-isu dalam bidang Pembelajaran Bahasa Inggris
                                   yang berkembang sangat pesat sebagai akibat dari perkembangan keilmuan
                                   dan teknnologi. Komponen pembelajaran bahasa Inggris seperti Pendekatan,
                                   metodologi,  dan  strategi  pembelajaran  dielaborasi  dengan  pembelajaran
                                   abad  21,  Penggunaan/implementasi  ICT,  di  dalam  kelas  serta
                                   pengintegrasian teknologi dalam kurikulum




                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         231
   230   231   232   233   234   235   236   237