Page 234 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 234
formalisme dan fungsionalisme.Problematika Ejaan dan problematika
bunyi,problematika morfologi, problematika singkatan, problematika
frasa, sintaksis, klausa, semantic
b) Linguistik Forensik:
Mata kuliah ini menyajikan ihwal linguistik forensik,linguistik terapan
dan linguistik forensik,menangkap makna untuk memahami bahasa
hukum,linguis sebagai saksi ahli,metode linguistik forensik.Bahasa
hukum,Pencemaran nama baik dalam KUHP dan UU No.11 tahun 2008
tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.Analisis bentuk dan tema
ujaran kebencian thd Presiden Joko Widodo di media social:telaah
linguistik forensik. Penyebaran berita palsu pada musim politik melalui
akun palsu hingga asli di twitter.Analisis framing pendekatan Model
Zhong Dang Pan dan Gerald M.Kosicki: Struktur sintaksis,skrip,tematik,
dan struktur retoris.Bentuk teks linguistik forensic.Latar belakang
linguistik forensik.Teori tindakan dalam linguistik forensik.Tindakan
mengancam muka dalam linguistik forensik.Sosiopragmatik dalam
linguistik forensik.Pendekatan pragmatik dan sistem transitivitas dalam
penelitian linguistik forensik.
c) Sastra Mutakhir:
Pengertian sastra mutakhir,karya dan tokoh sastra Indonesia
mutakhir,karakteristik puisi prosa,drama dan kritik sastra Indonesia
mutakhir,sastra kontekstual,sastra koran, sastra sayembara,angkatan
2000,sastra cyber, analisis sastra mutakhir
Deskripsi Mata Kuliah:
(Konsentrasi Bahasa Inggris)
1) INNOVATION IN ENGLISH LANGUAGE TEACHING & LEARNING
Mata kuliah ini mendeskripsikan tentang berbagai inovasi dalam hal
pembelajaran Bahasa Inggris. Inovasi bisa menyangkut variasi metode dan
strategi pembelajaran, dan asesmen, dengan merujuk pada teori dan konsep
inovatif dan kekinian, pembelajaran abad 21, revolusi industry 4.0 termasuk
pengembangan media pembelajaran Bahasa Inggris berbasis teknologi
terkini. Dalam perkuliahan ini mahasiswa diantarkan dan didorong untuk
melakukan kajian kritis terhadap berbagai inovasi dalam proses belajar dan
mengajar, mengekplorasi ‘best practices’ dari implementasi kurikulum
pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dari berbagai sumber
2) ELT PROGRAM MANAGEMENT AND EVALUATION
Mata kuliah ini membekali mahasisw untuk menjadi program evaluator dan
sekaligus pengembang program. Secara komprehensif mahasiswa
mengekplorasi tentang model-model program evaluasi untuk
mengumpulkan informasi tentang sebuah proyek, kebijakan atau program-
program tertentu untuk menilai efektivitas dan efisiensinya. Berbagai model
evaluasi program direview oleh mahasiswa. Berdasarkan hasil evaluasi,
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 230