Page 231 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 231
Mata kuliah filsafat bahasa dan sastra membahas bahasa sebagai ilmu
melalui ontologi,aksiologi dan epistemologi bahasa ,memberi contoh
kewenangan bahasa,ciri keuniversalan bahasa ,bukti bahasa sebagai sarana
berpikir,bahasa sebagai kajian semiotika,filsafat dan analitika bahasa,
bahasa dan hermeneutika,hakikat bahasa sebagai dasar
filsafat.Hakikat,batas,hubungan dan perbedaan filsafat bahasa dan sastra
3) Perkembangan Linguistik Mutakhir
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman secara konprehensif dan
mendalam tentang linguistic baik secara teoritis maupun praktis kepada
mahasiswa.secara teoritis mencakup pokok bahasan aliran linguistik dan
teorinya yang meliputi:aliran linguistik Tradisional, Struktural, Taksonomi,
Tagmemik, Tatabahasa Firth,Neo Firthian(tatabahasa Halliday),Tatabahasa
Stratifikasi,Tatabahasa Generatif Transformasi.Secara emperis,analisis kajian
bahasa menyangkut aspek fonologi,morfologi,sintaksis,serta penerapannya
dalam pembelajaran bahasa,[engembangan kurikulum,dan materi ajar
4) Metode Penelitian Pendidikan Bahasa, Sastra dan Statitika
Mata kuliah ini mendeskripsikan tentang :1) hakikat penelitian pendidikan
bahasa dan sastra Indonesia.2) Hakikat pendekatan kualitatif dan
pendekatan kuantitatif.3)Jenis-jenis metode penelitian: a) metode
penelitian pendidikan,b) karaktristik masing-masing metode penelitian
pendidikan; c) prosedur metode penelitian pendidikan sesuai jenis metode
penelitiannya; desain masing-masing jenis metode penelitian; 4) metode
penelitian eksperimen;5) metode penelitian noneksperimen,PTK.Konsep
dasar dan aplikasi analisis data terhadap variable penelitian dalam studi
komparatif,studi korelatif yang menyangkut analisis regresi ganda dan
analisis kovarian dua jalur
5) Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra
Konsep pembelajaran inovatif, teori yang mendasari pembelajaran inovatif:
Teori ( kognitif, Humanistik, Gestalt), Ciri-ciri pembelajaran inovatif, fungsi
dan sumber model belajar, makna model pembelajaran inovatif, kelebihan
dan kekurangan pembelajaran inovatif, strategi mengimplementasikan
pembelajaran inovatif. Metode pembelajaran interaktif dan inovatif
6) Analisis Wacana Kritis
Mata kuliah Analisis Wacana Kritis (selanjutnya disingkat AWK) bertujuan
memperluas dan memperdalam wawasan mahasiswa tentang pendekatan
analisis wacana, hakikat AWK, dan model AWK dari beberapa ahli. Untuk
mencapai tujuan tersebut, mahasiswa dilibatkan dalam berbagai kegiatan
seperti membuat rangkuman dan review tentang pendekatan analisis
wacana, hakikat AWK, dan model AWK dari beberapa ahli. Rangkuman dan
review yang telah dibuat mahasiswa kemudian dipresentasikan dan
didiskusikan. Ada beberapa karakteristik penting AWK. Pertama wacana
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 227