Page 190 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 190
2)
17) Pendalaman Penelitian di Bidang Evaluasi Pendidikan
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami kawasan penelitian evaluasi
pendidikan, sehingga mampu mencermati isu-isu kritis yang dapat dijadikan topic
penelitian evaluasi pendidikan. Mahasiswa diajak mencermati dinamika
perkembangan pendidikan dalam proses perkembangan masyarakat, negara, dan
bangsa, terutama tentang evaluasi. Selain itu, melalui mata kuliah ini mahasiswa
diharapkan mamiliki pemahaman dan kompetensi tentang isu-isu di sekitar evaluasi
pendidikan baik isu-isu masa lalu (old issues), sekarang (current issues), dan isu
masa depan (future issues) pada tingkat lokal, nasional, dan global. Selanjutnya
mahasiswa diharapkan memahami kedudukan strategis hal-hal tentang isu-isu
dalam masyarakat terkait evaluasi pendidikan, sepeti ujian nasional, ujian bersama,
atau ujian berstandar internasional. Pada bagian akhir, mahasiswa diajak untuk
menggali evaluasi pendidikan dari kearifan lokal yang berpeluang untuk diangkat ke
tingkat nasional maupun internasional
3)
18) Manajemen dan Kajian Kebijakan Sistem Satuan dan Jenis Pendidikan
Sasaran Perkuliahan Manajemen dan Kajian Kebijakan Sistem Satuan dan Jenis
Pendidikan adalah agar mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengembangkan
pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di dalam bidang Manajemen dan Kajian
Kebijakan Sistem Satuan dan Jenis Pendidikan atau praktek profesionalnya melalui
riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji, serta mampu
memecahkan permasalahan teknologi, dan/atau seni yang berkaitan dengan
bidang Manajemen dan Kajian Kebijakan Sistem Satuan dan Jenis Pendidikan
melalui pendekatan inter, multi dan transdisipliner. Materi perkuliahan mencakup
pengertian manajemen, fungsi-fungsi manajemen, pengertian kebijakan, isu-isu
dalam pengelolaan pendidikan di SD, isu-isu dalam pengelolaan pendidikan di SMP,
isu-isu dalam pengelolaan pendidikan di SMA, isu-isu dalam pengelolaan
pendidikan di PT, proses penyusunan kebijakan dan manajemen pendidikan di SD,
proses penyusunan kebijakan dan manajemen pendidikan di SMP, proses
penyusunan kebijakan dan manajemen pendidikan di SMA, proses penyusunan
kebijakan dan manajemen pendidikan di Perguruan Tinggi
3)
19) Ekonomi Pendidikan
Sasaran perkuliahan Ekonomi Pendidikan adalah agar mahasiswa memiliki
kemampuan untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru
di dalam bidang Ekonomi Pendidikan atau praktek profesionalnya melalui riset,
hingga menghasilkan karya kreatif, original, inovatif, dan teruji, serta mampu
memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan teknologi, dan/atau seni dalam
Ekonomi Pendidikan melalui pendekatan inter, multi dan transdisipliner. Lingkup
materi mencakup pokok bahasan konsep dasar ekonomi dan investasi pendidikan,
pendidikan sebagai industri, pendidikan sebagai pembentukan modal manusia,
investasi pendidikan dan proyeksi tenaga kerja, ekonomi dan mutu pendidikan,
beberapa persepektif ekuitas pendidikan, pengangguran dan penguatan posisi
pendidikan, pendidikan sebagai barang publik dan komoditi, pendidikan sebagai
investasi dan konsumsi yang saling melengkapi, keuntungan investasi pendidikan,
pembiayaan pendidikan, sumber dan struktur biaya pendidikan, pemerataan
pendidikan
3)
20) Manajemen Strategik dalam Pendidikan
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 186