Page 200 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 200

pendidikan,  manajemen  pemasaran  produk  pendidikan,  periklanan  bidang
                                   pendidikan, penyiaran bidang pendidikan. Kompetensi tersebut diharapkan dapat
                                   diimplementasikan  dalam  pengembangan  kewirausahaan  bidang  pendidikan,
                                   seperti  lembaga  layanan  konsultan  pendidikan,  lembaga  sertifikasi  pendidikan,
                                   software house media pendidikan, dan berbagai layanan pendidikan, seperti rumah
                                   belajar, lembaga pelatihan, lembaga survey, dan lembaga-lembaga sejenis lainnya.

                             55)   Pendidikan Humanis Berbasis Budaya Tri Hita Karana
                                   Indonesia kaya akan budaya, termasuk sistem pendidikan. Di berbagai daerah di
                                   Indonesia terdapat sistem pendidikan yang sudah diwariskan secara turun-temurun
                                   dari  satu  generasi  ke  genarasi  berikutnya.  Sistem  pendidikan  tersebut  belum
                                   banyak  diformulasikan,  sehingga  pemberlakuannya  terbatas  hanya  di  daerah  di
                                   mana sistem pendidikan tersebut berada. Pekuliahan pendidikan humanis berbasis
                                   Tri  Hita Karana  diharapkan  mampu  memberikan wawasan  teoretik  dan  praktek
                                   sistem  pendidikan  berbasis  budaya  lokal.  Selanjutnya,  mahaiswa  diharapkan
                                   mampu  memformulasikan  sistem  pendidikan  tersebut  dengan  melakukan
                                   penyesuaian terhadap kondisi kekinian. Harapan besar yang ingin dicapai adalah
                                   keterpaduan antara pencapain tujuan pendidikan dan upaya pelestarian budaya
                                   adiluhung yang dimiliki bangsa Indonesia

                             56)   Disertasi
                                   Mata  kuliah  ini  bertujuan  agar  mahasiswa  memiliki  kompetensi  untuk
                                   merancang proposal, melaksanakan penelitian, menulis, mempertahankan,
                                   serta mendesiminasikan disertasi. Penelitian disertasi dilaksanakan dengan
                                   memanfaatkan  metodologi  kuantitatif,        kualitatif  atau  penelitian
                                   pengembangan.  Penelitian  disertasi  diawali  dengan  penyusunan  proposal
                                   penelitian. Proposal tersebut dibahas dalam sebuah forum seminar untuk
                                   membahas aspek-aspek metodologis. Instrumen yang digunakan dikaji oleh
                                   pakar yang relevan dan diujicoba sesuai kepentingan. Draf disertasi sebagai
                                   laporan  hasil  penelitian  dibahas  dalam  sebuah  forum  untuk  menguji
                                   kelayakan  sebuah  disertasi.  Setelah  dilakukan  proses  penyusunan  dan
                                   pembimbingan  disertasi  serta  dinyatakan  layak  untuk  diujikan,  disertasi
                                   tersebut  wajib  dipertahankan  dalam  ujian  tertutup.  Disertasi  yang  sudah
                                   dinyatakan lulus dalam ujian tertutup dan sudah melalui perbaikan sesuai
                                   dengan masukan yang ada pada ujian tersebut, wajib dipertahankan dalam
                                   ujian terbuka.
















                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         196
   195   196   197   198   199   200   201   202   203   204   205