Page 199 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 199

9)
                             49)   Metode Kepelatihan Olahraga (Fisik, Teknik, Mental & Taktik-Strategi)
                                   Mata  kuliah  ini  bertujuan  agar  mahasiswa  mampu  memahami  serta
                                   mengaplikasikan tentang: a) penyusunan program pelatihan olahraga (fisik,  teknik,
                                   mental, taktik dan strategi), b) metode-metode kepelatihan olahraga berdasarkan
                                   prinsip-prinsip dan sistematika pelatihan, serta c) manajemen kepelatihan olahraga
                                   secara efisien dan progresif.

                                                          9)
                             50)   Pendalaman Biomekanika
                                   Mata  kuliah  ini  akan  memberikan  bekal  mendalam  kepada  mahasiswa  tentang
                                   implementasi gerak, sendi, otot, tulang, dan sistem pengerak tubuh, serta analisis
                                   gerak  pada  berbagai  aktivitas  olahraga  dan  aktivitas  kerja  berbasis  IPTEKS  dan
                                   Laboratorium Keolahragaan.

                             51)   Pengukuran dan Evaluasi Olahraga (Orek, Ordik & Orpres)  9)
                                   Mata  kuliah  ini  bertujuan  agar  mahasiswa  mampu:  a)  memahami  instrumen
                                   pengukuran  komponen  kebugaran  jasmani,  komponen  fisik  dominan  cabang
                                   olahraga, dan instrumen pengukuran cabang olahraga (sport skill test), baik yang
                                   berbasis lapangan maupun laboratorium keolahragaan, b) melakukan pengukuran
                                   menggunakan berbagai instrumen seperti tersebut pada point di atas, c) melakukan
                                   tabulasi  hasil  pengukuran,  serta  c)  memaknai  hasil  pengukuran  (evaluasi),  dan
                                   menggunakan  hasil  evaluasi  untuk  berbagai  kepentingan  olahraga  (Orek,  Ordik
                                   maupun Orpres).

                             52)   Manajemen & Pengembangan Profesi Olahraga   9)
                                   Mata  kuliah  ini  bertujuan  agar  mahasiswa  mampu  memahami  serta
                                   mengaplikasikan  tentang:  a)  manajemen  pendidikan  jasmani  (perencanaan,
                                   pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut), b) profesi pendidikan, dan c) langkah-
                                   langkah  strategis  pengembangan  profesi  pendidikan  jasmani  pada  era  revolusi
                                   industri 4.0

                             53)   Statistik Lanjutan
                                   Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan kompetensi di bidang analisis data
                                   dengan  statistik  multivariat.  Pengkajian  dimulai  dari  perumusan  masalah  dan
                                   hipotesis  penelitiaan  dan  hipotesis  statitik  yang  memerlukan  analisis  statistik
                                   multivariat untuk pengujiannya. Pengkajian dimulai dari uji beda dengan analisis
                                   Multiple Anova (MANOVA),  baik MANOVA satu jalur maupun manova dua jalur.
                                   Pengkajian  dilanjutkan  dengan  analisis  Multiple  Ancova  (MANCOVA),  baik
                                   MANCOVA satu jalur maupun dua jalur. Selanjutnya, untuk uji pengaruh hubungan
                                   dibahas  analisis  Jalur    (Path  Analysis),  Analisis  Kanonik  (CANONIC),  dan  analisis
                                   faktor  baik  eksploratori  maupun  konfirmatori  dengan  menerapkan  Structural
                                   Equation  Model  (SEM).    Semua  teknik  analisis  yang  dibahas  didahului  dengan
                                   pembahasan  persyaratan  analisis  yang  diperlukan.  Perhitungan  dilakukan  secara
                                   manual  dan  dengan  bantuan  paket  aplikasi,  seperti  SPSS,  AMOS,  smartPLS,  dan
                                   LISREL.

                             54)   Kewirausahaan Bidang Pendidikan
                                   Mata kuliah Kewirausahaan (Enterpreneurship)  Bidang  Pendidikan berujuan agar
                                   mahasiswa  memiliki  kompetensi  untuk  berkiprah  dalam  kewirausahaan  bidang
                                   pendidikan.  Kewirausahaan  dimaksud  mencakup  manajemen  promosi  produk




                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         195
   194   195   196   197   198   199   200   201   202   203   204