Page 199 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 199
9)
49) Metode Kepelatihan Olahraga (Fisik, Teknik, Mental & Taktik-Strategi)
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami serta
mengaplikasikan tentang: a) penyusunan program pelatihan olahraga (fisik, teknik,
mental, taktik dan strategi), b) metode-metode kepelatihan olahraga berdasarkan
prinsip-prinsip dan sistematika pelatihan, serta c) manajemen kepelatihan olahraga
secara efisien dan progresif.
9)
50) Pendalaman Biomekanika
Mata kuliah ini akan memberikan bekal mendalam kepada mahasiswa tentang
implementasi gerak, sendi, otot, tulang, dan sistem pengerak tubuh, serta analisis
gerak pada berbagai aktivitas olahraga dan aktivitas kerja berbasis IPTEKS dan
Laboratorium Keolahragaan.
51) Pengukuran dan Evaluasi Olahraga (Orek, Ordik & Orpres) 9)
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu: a) memahami instrumen
pengukuran komponen kebugaran jasmani, komponen fisik dominan cabang
olahraga, dan instrumen pengukuran cabang olahraga (sport skill test), baik yang
berbasis lapangan maupun laboratorium keolahragaan, b) melakukan pengukuran
menggunakan berbagai instrumen seperti tersebut pada point di atas, c) melakukan
tabulasi hasil pengukuran, serta c) memaknai hasil pengukuran (evaluasi), dan
menggunakan hasil evaluasi untuk berbagai kepentingan olahraga (Orek, Ordik
maupun Orpres).
52) Manajemen & Pengembangan Profesi Olahraga 9)
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami serta
mengaplikasikan tentang: a) manajemen pendidikan jasmani (perencanaan,
pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut), b) profesi pendidikan, dan c) langkah-
langkah strategis pengembangan profesi pendidikan jasmani pada era revolusi
industri 4.0
53) Statistik Lanjutan
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan kompetensi di bidang analisis data
dengan statistik multivariat. Pengkajian dimulai dari perumusan masalah dan
hipotesis penelitiaan dan hipotesis statitik yang memerlukan analisis statistik
multivariat untuk pengujiannya. Pengkajian dimulai dari uji beda dengan analisis
Multiple Anova (MANOVA), baik MANOVA satu jalur maupun manova dua jalur.
Pengkajian dilanjutkan dengan analisis Multiple Ancova (MANCOVA), baik
MANCOVA satu jalur maupun dua jalur. Selanjutnya, untuk uji pengaruh hubungan
dibahas analisis Jalur (Path Analysis), Analisis Kanonik (CANONIC), dan analisis
faktor baik eksploratori maupun konfirmatori dengan menerapkan Structural
Equation Model (SEM). Semua teknik analisis yang dibahas didahului dengan
pembahasan persyaratan analisis yang diperlukan. Perhitungan dilakukan secara
manual dan dengan bantuan paket aplikasi, seperti SPSS, AMOS, smartPLS, dan
LISREL.
54) Kewirausahaan Bidang Pendidikan
Mata kuliah Kewirausahaan (Enterpreneurship) Bidang Pendidikan berujuan agar
mahasiswa memiliki kompetensi untuk berkiprah dalam kewirausahaan bidang
pendidikan. Kewirausahaan dimaksud mencakup manajemen promosi produk
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 195