Page 196 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 196
postmodern serta perkembangannya dalam hasil hasil studi emperik terkini.
Berdasarkan itu, mahasiswa mencoba menformulasi suatu gagasan baru
mengenai pengembangan dan atau implementasi teori, model, teknik
konseling tertentu dalam gagasan tertulis. Produk tambahan dalam mata
kuliah ini adalah berupa draft artikel atau artikel yang siap dipublikasikan
berbasis kajian systematik literature ataupun mini research
39) Analisis Sistematik Problematika dan Perkembangan Profesi Bimbingan
7)
dan Konseling
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa mengembangkan
kompetensi dan wawasan mahasiswa tentang problematika, wawasan
profesional, dan perkembangan paradigm pelayanan bimbingan dan
konseling dalam setting pendidikan (sekolah dan perguruan tinggi) serta di
luar sekolah. Secara khusus mahasiswa mengkritisi berbagai kebijakan dan
pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di berbagai setting
berdasarkan peraturan perundangan, pedoman dalam naskah akademik,
serta gagasan tertulis dari berbagai sumber tentang perkembangan profesi
bimbingan dan konseling. Mahasiswa mencoba menformulasikan suatu
kebijakan atau pedoman pelaksanaan layanan bimbingan konseling pada
setting tertentu. Produk tambahan dalam mata kuliah ini berupa naskah
akademik atau artikel ilmiah yang mengkaji tentang kebijakan dan pedoman
pelaksanaan bimbingan konseling pada setting tertentu
40) Pengembangan Instrument dan Diagnosis Individu dalam Konseling
7)
Komprehensif
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa mengembangkan
pengetahuan, wawasan dan keterampilan mengembangkan berbagai
instrument yang diperlukan dalam diagnosis kondisi psikologis individu
sebagai tahapan awal dari pengembangan program dan intervensi konseling.
Instrumen dan alat diagnosis yang dikembangkan dapat berupa tes, non-tes,
serta produk inovatif lainnya yang memanfaatkan teknologi sebagai
terobosan baru dalam diagnosis kondisi psikologis individu dalam rangka
pelayanan konseling dalam berbagai setting. Produk yang dihasilkan
mahasiswa dalam perkuliahan ini adalah alat atau instrument diagnosis
psikologis individu yang bersifat inovatif (dapat memanfaatkan teknologi
tertentu) baik berupa blueprint maupun produk yang telah teruji secara
terbatas. Produk lain yang dihasilkan dalam perkuliahan ini berupa HKI (hak
cypta, maupun paten).
7)
41) Pengembangan Model Konseling Inovatif
Perkuliahan ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa mengembangkan gagasan
dan kemampuan menciptakan model konseling yang inovatif yang berorientasi
pada satu atau lebih paradigma teori konseling tertentu. Dengan mengkaji berbagai
paradigma, teori, atau model konseling tertentu, mahasiswa menyusun model
konselingnya sendiri yang diorientasikan untuk membantu individu atau kelompok
individu tertentu untuk mengembangkan kemampuan atau mengambil suatu
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 192