Page 196 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 196

postmodern serta perkembangannya dalam hasil hasil studi emperik terkini.
                                   Berdasarkan  itu,  mahasiswa  mencoba  menformulasi  suatu  gagasan  baru
                                   mengenai  pengembangan  dan  atau  implementasi  teori,  model,  teknik
                                   konseling tertentu dalam gagasan tertulis. Produk tambahan dalam mata
                                   kuliah ini adalah berupa draft artikel atau artikel yang siap dipublikasikan
                                   berbasis kajian systematik literature ataupun mini research

                             39)   Analisis  Sistematik  Problematika  dan  Perkembangan  Profesi  Bimbingan
                                                 7)
                                   dan Konseling
                                   Mata  kuliah  ini  bertujuan  memfasilitasi  mahasiswa  mengembangkan
                                   kompetensi  dan  wawasan  mahasiswa  tentang  problematika,  wawasan
                                   profesional,  dan  perkembangan  paradigm  pelayanan  bimbingan  dan
                                   konseling dalam setting pendidikan (sekolah dan perguruan tinggi) serta di
                                   luar sekolah. Secara khusus mahasiswa mengkritisi berbagai kebijakan dan
                                   pelaksanaan  layanan  bimbingan  dan  konseling  di  berbagai  setting
                                   berdasarkan  peraturan  perundangan,  pedoman  dalam  naskah  akademik,
                                   serta gagasan tertulis dari berbagai sumber tentang perkembangan profesi
                                   bimbingan  dan  konseling.  Mahasiswa  mencoba  menformulasikan  suatu
                                   kebijakan  atau  pedoman  pelaksanaan  layanan  bimbingan  konseling  pada
                                   setting  tertentu.  Produk  tambahan  dalam  mata  kuliah  ini  berupa  naskah
                                   akademik atau artikel ilmiah yang mengkaji tentang kebijakan dan pedoman
                                   pelaksanaan bimbingan konseling pada setting tertentu

                             40)   Pengembangan  Instrument  dan  Diagnosis  Individu  dalam  Konseling
                                                 7)
                                   Komprehensif
                                   Mata  kuliah  ini  bertujuan  memfasilitasi  mahasiswa  mengembangkan
                                   pengetahuan,  wawasan  dan  keterampilan  mengembangkan  berbagai
                                   instrument  yang  diperlukan  dalam  diagnosis  kondisi  psikologis  individu
                                   sebagai tahapan awal dari pengembangan program dan intervensi konseling.
                                   Instrumen dan alat diagnosis yang dikembangkan dapat berupa tes, non-tes,
                                   serta  produk  inovatif  lainnya  yang  memanfaatkan  teknologi  sebagai
                                   terobosan  baru  dalam  diagnosis  kondisi  psikologis  individu  dalam  rangka
                                   pelayanan  konseling  dalam  berbagai  setting.  Produk  yang  dihasilkan
                                   mahasiswa  dalam  perkuliahan  ini  adalah  alat  atau  instrument  diagnosis
                                   psikologis  individu  yang  bersifat  inovatif  (dapat  memanfaatkan  teknologi
                                   tertentu)  baik  berupa  blueprint  maupun  produk  yang  telah  teruji  secara
                                   terbatas. Produk lain yang dihasilkan dalam perkuliahan ini berupa HKI (hak
                                   cypta, maupun paten).

                                                                            7)
                             41)   Pengembangan Model Konseling Inovatif
                                   Perkuliahan ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa mengembangkan gagasan
                                   dan  kemampuan  menciptakan  model  konseling  yang  inovatif  yang  berorientasi
                                   pada satu atau lebih paradigma teori konseling tertentu. Dengan mengkaji berbagai
                                   paradigma,  teori,  atau  model  konseling  tertentu,  mahasiswa  menyusun  model
                                   konselingnya sendiri yang diorientasikan untuk membantu individu atau kelompok
                                   individu  tertentu  untuk  mengembangkan  kemampuan  atau  mengambil  suatu




                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         192
   191   192   193   194   195   196   197   198   199   200   201