Page 195 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 195

belajar,  dan kecerdasan buatan sudah menjadi tuntutan di  era revolusi industri 4.0
                                   ini.  Kajian  matematika  sekolah  memberikan  studi  mendalam  tentang  materi
                                   matematika  sekolah  dengan  penekanan  pada  pemahaman  materi,    aplikasi
                                   teknologi  untuk  merepresentasikan  materi  tersebut,  skenario  pembelajaran,
                                   evaluasi pembelajaran, seerta media yang representatif. Kajian  materi matematika
                                   sekolah ini dapat  bervariasi dan dinamis, sesuai perkembangan ilmu pengetahuan
                                   dan teknologi serta kurikulum yang berlaku. Misalnya berupa pendalaman materi
                                   pada  Geometri Simplek Euclid, Ruang Probabilitas,  Logika Fuzzy, dan seterusnya,
                                   yang dapat membawa implikasi pada perubahan kurikulum matematika sekolah.
                                   Kuliah  dapat  berupa  tatap  muka  atau  daring  dalam  bentuk  presentasi  dosen,
                                   diskusi,    dan  penyajian  makalah  oleh  mahasiswa.  Produk  kuliah  berupa  kajian
                                   pustaka, analisis meta, maupun analisis materi matematika sekolah

                                                                                     6)
                             36)   Analisis dan Desain Kurikulum Pendidikan Matematika
                                   Seiring  dengan  tuntutan  revolusi  industri  4.0  kurikulum  pendidikan  matematika
                                   juga mengalami tantangan untuk perubahan. Kuliah diawali dengan analisis hasil
                                   studi internasional pendidikan matematika untuk memberikan pengetahuan dan
                                   pemahaman  kepada  mahasiswa  tentang  keunggulan  dan  kelemahan  siswa
                                   Indonesia  dibandingkan  siswa  dari  negara-negara  peserta  lainnya.  Hasil  analisis
                                   tersebut  selanjutnya  digunakan  untuk  menganalisis  kurikulum  matematika
                                   berdasarkan berbagai konsep, topik, metode, dan teknik yang terkait dengan desain
                                   kurikulum Pendidikan Matematika. Kuliah dapat berupa tatap muka atau daring
                                   dalam bentuk presentasi dosen, diskusi,  dan penyajian makalah oleh mahasiswa.
                                   Produk kuliah berupa kajian pustaka tentang berbagai konsep, topik, metode, dan
                                   teknik yang terkait dengan desain kurikulum pendidikan matematika.

                                                                    6)
                             37)   Pemecahan Masalah Matematika
                                   Kuliah  ini  mengkaji  secara  mendalam  dan  cermat  tentang  teknik-teknik  dasar
                                   pemecahan  masalah  dalam  berbagai  domain,  termasuk  aljabar,  teori  bilangan,
                                   kombinatorik, geometri, dan logika, serta penerapannya dalam berbagai bidang.
                                   Mahasiswa    akan  mempelajari  teknik  ini  dengan  benar-benar  mengerjakan
                                   kumpulan  masalah  di  masing-masing  bidang  ini,    membaca  dan  memeriksa
                                   penelitian  tentang  berbagai  aspek  pemecahan  masalah  dan  penelitian  dalam
                                   pendidikan matematika, termasuk   pendidikan guru matematika. Kuliah ini dapat
                                   berbentuk proyek pengembangan model pemecahan masalah matematika dalam
                                   berbagai  bidang,  termasuk  aljabar,  teori  bilangan,  kombinatorik,  geometri,  dan
                                   logika.  Produk  kuliah  berupa  rumusan  model-model  masalah  matematika  dan
                                   strategi pemecahanya

                             38)   Analisis Sistematik Teori, Model dan Teknik Konseling7)
                                   Mata  kuliah  ini  bertujuan  memfasilitasi  mahasiswa  mengembangkan
                                   kemampuan berpikir kritis dan sistematis berkaitan dengan berbagai teori,
                                   pendekatan,  model  dan  teknik  konseling  sebagai  paradigma  membantu
                                   individu  untuk  mengembangkan  potensi  dan/atau  mengambil  keputusan
                                   dari problematika yang dialami melalui kajian teoretik maupun penelusuran
                                   emperik melalui hasil hasil penelitian terkini. Dalam perkuliahan ini, secara
                                   khusus mahasiswa diajak mengkritisi konsep dan implikasi berbagai teori,
                                   pendekatan, model dan teknik konseling klasik, kontenporer, modern dan




                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         191
   190   191   192   193   194   195   196   197   198   199   200