Page 195 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 195
belajar, dan kecerdasan buatan sudah menjadi tuntutan di era revolusi industri 4.0
ini. Kajian matematika sekolah memberikan studi mendalam tentang materi
matematika sekolah dengan penekanan pada pemahaman materi, aplikasi
teknologi untuk merepresentasikan materi tersebut, skenario pembelajaran,
evaluasi pembelajaran, seerta media yang representatif. Kajian materi matematika
sekolah ini dapat bervariasi dan dinamis, sesuai perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi serta kurikulum yang berlaku. Misalnya berupa pendalaman materi
pada Geometri Simplek Euclid, Ruang Probabilitas, Logika Fuzzy, dan seterusnya,
yang dapat membawa implikasi pada perubahan kurikulum matematika sekolah.
Kuliah dapat berupa tatap muka atau daring dalam bentuk presentasi dosen,
diskusi, dan penyajian makalah oleh mahasiswa. Produk kuliah berupa kajian
pustaka, analisis meta, maupun analisis materi matematika sekolah
6)
36) Analisis dan Desain Kurikulum Pendidikan Matematika
Seiring dengan tuntutan revolusi industri 4.0 kurikulum pendidikan matematika
juga mengalami tantangan untuk perubahan. Kuliah diawali dengan analisis hasil
studi internasional pendidikan matematika untuk memberikan pengetahuan dan
pemahaman kepada mahasiswa tentang keunggulan dan kelemahan siswa
Indonesia dibandingkan siswa dari negara-negara peserta lainnya. Hasil analisis
tersebut selanjutnya digunakan untuk menganalisis kurikulum matematika
berdasarkan berbagai konsep, topik, metode, dan teknik yang terkait dengan desain
kurikulum Pendidikan Matematika. Kuliah dapat berupa tatap muka atau daring
dalam bentuk presentasi dosen, diskusi, dan penyajian makalah oleh mahasiswa.
Produk kuliah berupa kajian pustaka tentang berbagai konsep, topik, metode, dan
teknik yang terkait dengan desain kurikulum pendidikan matematika.
6)
37) Pemecahan Masalah Matematika
Kuliah ini mengkaji secara mendalam dan cermat tentang teknik-teknik dasar
pemecahan masalah dalam berbagai domain, termasuk aljabar, teori bilangan,
kombinatorik, geometri, dan logika, serta penerapannya dalam berbagai bidang.
Mahasiswa akan mempelajari teknik ini dengan benar-benar mengerjakan
kumpulan masalah di masing-masing bidang ini, membaca dan memeriksa
penelitian tentang berbagai aspek pemecahan masalah dan penelitian dalam
pendidikan matematika, termasuk pendidikan guru matematika. Kuliah ini dapat
berbentuk proyek pengembangan model pemecahan masalah matematika dalam
berbagai bidang, termasuk aljabar, teori bilangan, kombinatorik, geometri, dan
logika. Produk kuliah berupa rumusan model-model masalah matematika dan
strategi pemecahanya
38) Analisis Sistematik Teori, Model dan Teknik Konseling7)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa mengembangkan
kemampuan berpikir kritis dan sistematis berkaitan dengan berbagai teori,
pendekatan, model dan teknik konseling sebagai paradigma membantu
individu untuk mengembangkan potensi dan/atau mengambil keputusan
dari problematika yang dialami melalui kajian teoretik maupun penelusuran
emperik melalui hasil hasil penelitian terkini. Dalam perkuliahan ini, secara
khusus mahasiswa diajak mengkritisi konsep dan implikasi berbagai teori,
pendekatan, model dan teknik konseling klasik, kontenporer, modern dan
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 191