Page 197 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 197

keputusan yang diperlukan untuk mengembangkan diri yang mengacu dalam satu
                                   atau lebih bidang pribadi, belajar, sosial, karier, dan spritual. Produk yang dihasilkan
                                   mahasiswa dalam perkuliahan ini berupa rancangan model konseling yang telah
                                   dirumuskan  latar,  setting,  prosedur,  dan  orientasinya  berdasarkan  hipotesa
                                   tertentu sehingga memiliki tingkat kesiapan untuk diuji coba atau didesiminasi pada
                                   setting individu atau kelompok individu tertentu. Mahasiswa dapat memilih salah
                                   satu produk tambahan yang berupa HKI (hak cypta atau paten sederhana) atau
                                   artikel ilmiah yang layak dipublikasikan

                                                                                  7)
                             42)   Pengembangan Model Konseling Sosial Budaya
                                   Perkuliahan ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa mengembangkan gagasan
                                   dan kemampuan berasaskan budaya lokal. Dengan mengkaji berbagai kearifan lokal
                                   di  bidang  konseling,  mahasiswa  dibimbing  menyusun  model  konseling  untuk
                                   membantu individu atau kelompok individu tertentu untuk dapat mengambil suatu
                                   keputusan yang diperlukan untuk pengembangan dirinya dalam belajar, kehidupan
                                   sosial, karier, maupun. Produk yang dihasilkan mahasiswa dalam perkuliahan ini
                                   berupa rancangan model konseling yang telah dirumuskan latar, setting, prosedur,
                                   dan  orientasinya  berasaskan  kearifan  budaya  lokal.  Model  tersebut  diharapkan
                                   sudah memiliki tingkat kesiapan untuk diuji coba atau didesiminasi pada setting
                                   individu atau kelompok individu tertentu. Bila memungkinkan, mahasiswa dapat
                                   mengajukan karya tersebut untuk menjadi artikel ilmiah atau hak cipta

                                                                  8)
                             43)   Kajian Pendidikan Seni Di Sekolah
                                   Mata kuliah yang mengkaji konsep, teori, praktik,  dan isu pendidikan seni di sekolah
                                   melalui  kegiatan  latihan  pengkajian  dalam  bentuk    karya  tulis  dan  diskusi.
                                   Tujuannya  adalah  menganalisis  secara  kritis  konsep,  teori,  praktik,  dan  isu
                                   pendidikan  di  sekolah:  PAUD,  SD,  SMP,  dan  SMA/SMK,  serta  memahami  esensi
                                   kurikulum pendidikan seni dengan berbagai komponen yang tercakup di dalamnya.
                                   Materi kajian mencakup  konsep, teori, dan praktik, pendidikan seni di sekolah:
                                   PAUD, SD, SMP, dan SMA/SMK; sejarah dan esensi kurikulum seni 1947-sekarang;
                                   serta isu masa kini pendidikan seni di sekolah

                                                                       8)
                             44)   Pembelajaran Inovatif  Pendidikan Seni
                                   Mata kuliah yang mengkaji konsep, teori, dan praktik sistem pembelajaran inovatif
                                   dalam pendidikan seni. Tujuannnya mengkaji konsep, teori sistem pembelajaran
                                   inovatif dalam pendidikan seni  dan mengkaji konsep, teori,  dan berbagai bentuk
                                   media  pengajaran  pendidikan  seni.  Materi  mencakup  konsep  dan  teori  sistem
                                   pembelajaran inovatif dalam pendidikan seni dan praktik  bentuk pengembangan
                                   media pengajaran pendidikan seni

                                                                 8)
                             45)   Seni Dalam Perspektif Teori Kritis
                                   Mata  kuliah  yang  mengkaji  seni  sebagai  perwujudan  dari  nilai  estetika,  nilai
                                   ekonomi, nilai politik,  nilai kuasa (ideologi), nilai religi, nilai sosial-budaya (socio-
                                   cultural),  nilai  teori,  dan  etika  yang  melandasinya.    Tujuannya  memahami  seni
                                   sebagai perujudan nilai estetis, nilai ekonomi, nilai politik,  nilai kuasa (ideologi),
                                   nilai  religi,  nilai  teori,  dan  etika  yang  melandasinya;  serta  memahami  etika
                                   berkesenian  dan  norma-norma  lainnya.  Materi  mencakup  nilai  estetis,  nilai
                                   ekonomi, nilai politik,  nilai kuasa (ideologi), nilai religi, nilai teori, dan etika yang
                                   melandasinya; serta etika berkesenian dan norma-norma lainnya




                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         193
   192   193   194   195   196   197   198   199   200   201   202