Page 198 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 198

8)
                             46)   Semiotika dan Estetika
                                   Mata  kuliah  yang  mengkaji  prinsip-prinsip  tanda,  makna,  dan  keindahan  dalam
                                   berbagai bidang seni. Tujuannya memahami prinsip-prinsip tanda dan makna seni;
                                   serta memahami prinsip-perinsip keindahan seni rupa, seni pertunjukan, dan seni
                                   sastra. Materi mencakup prinsip-prinsip keindahan seni rupa, seni pertunjukan, dan
                                   seni sastra; serta prinsip-prnsip keindahan seni  karya siswa PAUD sampai SLTA

                                            8)
                             47)   Kritik Seni
                                   Mata kuliah kritik seni mengkaji prinsip-prinsip kritik seni. Tujuannya memahami
                                   prinsip-prinsip kritik seni akademik dan populer. Materi mencakup  prinsip-prinsip
                                   kritik seni akademik dan populer dan praktik berbagai bentuk penulisan kritik seni
                                   akademik dan populer

                                                              9)
                             48)   Pedagogi Pendidikan Jasmani
                                   Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami perkembangan konsep
                                   peserta  didik,  dan  pedagogik  kontemporer  karena  dampak  globalisasi,
                                   demokratisasi,  perkembangan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi,  khusunya
                                   teknologi  pembelajaran. Dikaji  pengaruh  filsafat  manusia  postmodernisasi,  teori
                                   kritik sosial, humanisme pembebasan, perjumpaan konsep pedagogik kontinental,
                                   dengan  aliran  pragmatisme,  pengaruh  teknologi  modern,  dan  pedagogik  kritis.
                                   Selanjutnya,  sebagai  ilmu  praksis,  kaitan  pedagogik  dengan  ilmu-ilmu  kognitif,
                                   antropologi, dan humaniora. Berbagai aliran dalam psikologi belajar dikaji secara
                                   kritis dan analisis agar mahasiswa mampu menggunakan berbagai teori belajar dan
                                   pembelajaran  yang  ada  dalam  berbagai  aliran,  baik  untuk  keperluan
                                   penyempurnaan  proses  belajar-mengajar  maupun  keperluan  pengembangan
                                   paradigma  penelitian  yang  dilakukan.  Pembahasan  juga  mencakup  faktor-faktor
                                   yang   memengaruhi    pembelajaran,   pendekatan   pembelajaran,   strategi
                                   pembelajaran, serta model-model pembelajarn inovatif dalam bidang pendidikan
                                   jasmani.  Pada  bagian  akhir  diperkenalkan  pembelajaran  dengan  memanfaatkan
                                   teknologi  informasi  dan  komunikasi  (e-learning),  baik  sebagai  suplemen,
                                   komplemen, maupun substitusi dari pembelajaran konvensional































                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         194
   193   194   195   196   197   198   199   200   201   202   203