Page 98 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 98
keswadayaan di kalangan orang miskin, kelompok-kelompok sosial lain yang
termaginalisasi dan/atau siapapun yang membutuhkannya, baik secara
individu maupun kolektif agar mereka mampu memberdayakan dirinya guna
mewujudkan kesejahteraan lahir batin secara berkelanjutan. Pencapaian
sasaran ini tidak cukup hanya dalam bentuk penyampaian gagasan, tetapi
juga melalui praksis sosial berbentuk berbagai kegiatan nyata yang
terstruktur, yang melembaga dalam suatu wadah organisasi, yakni LSM
(Lembaga Swadaya Masyarakat). Gagasan ini berimplikasi terhadap
pentingnya pengembangkan pengetahuan tentang LSM, baik yang
menyangkut dasar hukum, sistem pengelolaan, pengembangan modal sosial,
modal ekonomi dan modal-modal lainnya dengan berbagai aksi nyata yang
menyertainya. Dengan cara ini diharapkan seseorang tidak saja dapat
berkecimpung dalam wadah LSM, tetapi juga memiliki semangat kepedulian
sosial guna memperkuat keprofesionalannya sebagai tenaga kependidkan
dalam bidang IPS.
13) Pembangunan Kesejahteraan Sosial
Mata kuliah ini membahas teori dan konsep perencanaan dan kebijakan
pembangunan social, mengevaluasi perencanaan dan kebijakan
pembangunan social yang sedang dan telah berjalan, dan mengembangkan
model perencanaan dan kebijakan pembangunan social yang tepat dalam
konteks masyarakat Indonesia yang multikultur. Mahasiswa mampu
menganalisis dan mengintegrasikan secara selektif materi-materi tersebut ke
dalam bidang pendidikan IPS dan memiliki sikap serta keterampilan dalam
merencanakan dan merumuskan kebijakan pembangunan social khusunya di
bidang pendidikan.
14) Analisis Sumberdaya dan Pembelajaran IPS di sekolah (studi lapangan)
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada
mahasiswa tentang praktek nyata keberadaan pendidikan IPS di dunia
persekolahan. Dalam mata kuliah ini mahasiswa melakukan kegiatan studi
lapangan ke sekolah untuk melihat secara langsung, kemudian melakukan
pemetaan sumberdaya dan pembelajaran IPS yang dilakukan selama ini, baik
menyangkut aspek guru, siswa, sarana/media pembelajaran, perangkat
pembelajaran sampai pada praktek pembelajaran di kelas. Hasil dari studi
lapangan yang disusun dalam bentuk laporan kemudian dalam
seminar/diskusi dibawah arahan dosen pengempu mata kuliah. Hasil laporan
tersebut dapat dijadikan bahan refleksi dan evaluasi oleh mahasiswa untuk
merencanakan topik penelitian tesisnya.
15) Pendidikan IPS
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan meningkatkan
pemahaman kritis, nilai-nilai, dan keterampilan sosial mahasiswa dalam
mengembangkan IPS sebagai program pendidikan di tingkat persekolahan.
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 94