Page 98 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 98

keswadayaan di kalangan orang miskin, kelompok-kelompok sosial lain yang
                                   termaginalisasi  dan/atau  siapapun  yang  membutuhkannya,  baik  secara
                                   individu maupun kolektif agar mereka mampu memberdayakan dirinya guna
                                   mewujudkan  kesejahteraan  lahir  batin  secara  berkelanjutan.  Pencapaian
                                   sasaran ini tidak cukup hanya dalam bentuk penyampaian gagasan, tetapi
                                   juga  melalui  praksis  sosial  berbentuk  berbagai  kegiatan  nyata  yang
                                   terstruktur,    yang  melembaga  dalam  suatu  wadah  organisasi,  yakni  LSM
                                   (Lembaga  Swadaya  Masyarakat).  Gagasan  ini  berimplikasi  terhadap
                                   pentingnya  pengembangkan  pengetahuan  tentang  LSM,  baik  yang
                                   menyangkut dasar hukum, sistem pengelolaan, pengembangan modal sosial,
                                   modal ekonomi dan modal-modal lainnya dengan berbagai aksi nyata yang
                                   menyertainya.  Dengan  cara  ini  diharapkan  seseorang  tidak  saja  dapat
                                   berkecimpung dalam wadah LSM, tetapi juga memiliki semangat kepedulian
                                   sosial guna memperkuat keprofesionalannya sebagai  tenaga kependidkan
                                   dalam bidang IPS.

                             13)   Pembangunan Kesejahteraan Sosial
                                   Mata  kuliah  ini  membahas  teori  dan  konsep  perencanaan  dan  kebijakan
                                   pembangunan      social,   mengevaluasi   perencanaan     dan    kebijakan
                                   pembangunan social yang sedang dan telah berjalan, dan mengembangkan
                                   model perencanaan dan kebijakan pembangunan social yang tepat dalam
                                   konteks  masyarakat  Indonesia  yang  multikultur.  Mahasiswa  mampu
                                   menganalisis dan mengintegrasikan secara selektif materi-materi tersebut ke
                                   dalam bidang pendidikan IPS dan memiliki sikap serta keterampilan dalam
                                   merencanakan dan merumuskan kebijakan pembangunan social khusunya di
                                   bidang pendidikan.

                             14)   Analisis Sumberdaya dan Pembelajaran IPS di sekolah (studi lapangan)
                                   Mata  kuliah  ini  bertujuan  memberikan  pengalaman  langsung  kepada
                                   mahasiswa    tentang  praktek  nyata  keberadaan  pendidikan  IPS  di  dunia
                                   persekolahan. Dalam mata kuliah ini mahasiswa melakukan kegiatan studi
                                   lapangan ke sekolah untuk melihat secara langsung, kemudian melakukan
                                   pemetaan sumberdaya dan pembelajaran IPS yang dilakukan selama ini, baik
                                   menyangkut  aspek  guru,  siswa,  sarana/media  pembelajaran,  perangkat
                                   pembelajaran sampai pada praktek pembelajaran di kelas. Hasil dari studi
                                   lapangan  yang  disusun  dalam  bentuk  laporan  kemudian  dalam
                                   seminar/diskusi dibawah arahan dosen pengempu mata kuliah. Hasil laporan
                                   tersebut dapat dijadikan bahan refleksi dan evaluasi oleh mahasiswa untuk
                                   merencanakan topik penelitian tesisnya.


                             15)   Pendidikan IPS
                                   Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan meningkatkan
                                   pemahaman  kritis,  nilai-nilai,  dan  keterampilan  sosial  mahasiswa  dalam
                                   mengembangkan  IPS sebagai  program pendidikan di tingkat persekolahan.




                       Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         94
   93   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103