Page 97 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 97

dipahami  guna  memberikan  sumbangan  bagi  keprofesionalan  tenaga
                                 kependidkan dalam bidang IPS.

                             9)   Sistem Sosiokultural Perspektif Tri Hita Karana
                                 Matakuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang sistem
                                 sosiokultural  yang  terdiri  dari  tiga  komponen  dasar,  yakni  superstruktur
                                 ideologi, struktur sosial, dan infrastruktur material yang berhubungan secara
                                 sistemik.  Sistem  sosiokultural  dapat  dilihat  dari  sudut  pandang  Tri  Hita
                                 Karana.  Artinya,  praktik-praktik  sosial  yang  melibatkan  hubungan
                                 antarmanusia    yang  tercermin  pada  struktur  sosial,  tidak  terlepas  dari
                                 infrastruktur material antara lain ekologi/lingkungan alam. Kesenuanya ini
                                 terikat pada superstruktur ideologi mencakup di dalamnya  ideologi lokal, Tri
                                 Hita  Karana  yang  menekankan  bahwa  kebahagiaan  hidup  manusia
                                 bergantung  pada  kemampuan  manusia  untuk  mewujudkan  harmoni
                                 teologis, sosial, dan ekologis. Pemahaman tentang hal ini sangat penting,
                                 tidak saja untuk menumbuhkembangkan kecerdasan spiritual, kecerdasan
                                 sosial,  dan  kecerdasan  ekologis,  tetapi  juga  untuk  memperkuat
                                 keprofesionalan tenaga kependidikan dalam bidang IPS

                             10)   Tesis
                                   Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari proposal tesis yang telah dikaji
                                   dan diseminarkan dalam mata kuliah metodologi penelitian serta telah lulus
                                   dalam  ujian  proposal  seminar  tesis    mendapat  persetujuan  dari  tim
                                   pembimbing dan penguji. Selama penelitian dan penulisan tesis, mahasiswa
                                   bekerja mandiri di bawah arahan dan bimbingan tim pembimbing. Dalam
                                   mengerjakan penulisan tesis mahasiswa wajib berkonsultasi dengan dosen
                                   pembimbing dengan prosedur yang telah ditetapkan dalam Buku Pedomana
                                   Penulisan Tesis

                             11)   Edupreneur bidang IPS Berbasis Digitalisasi
                                   Mata  kuliah  ini  bertujuan  membekali  mahasiswa  untuk  mengembangkan
                                   pilihan profesi sebagai peneliti dan pengembang serta kewirausahaan sosial
                                   di bidang pendidikan IPS, di samping profesi utama sebagai pendidik bidang
                                   pendidikan IPS. Materi pokok pembelajaran mencakup pengembangan jiwa
                                   kewirausahaan,  analisis  kelayakan  bisnis,  interpersonal  skills,  mengkaji
                                   peluang-peluang  bisnis  bidang  pendidikan  IPS  seperti  pengembangan
                                   program  pendidikan  IPS,  materi  ajar  (handhout,  buku  referensi,  modul),
                                   teknologi pembelajaran berbasis ICT (blog, video youtube) dan produk serta
                                   layanan  pendidikan  IPS  lainnya.  Pengembangan  edupreneur  ini  akan
                                   bermanfaat pada peningkatan kualitas pendidikan IPS dan alternatif profesi
                                   yang relevan dengan keahlian mahasiswa.

                             12)   Kewirausahaan Sosial dan Pengembangan LSM
                                   Matakuliah  ini  memberikan  pemahaman  kepada  mahasiswa  tentang
                                   pentingnya  kewirausahaan  sosial  sebagai  metode  untuk  mengembangkan




                       Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         93
   92   93   94   95   96   97   98   99   100   101   102