Page 99 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 99

Bahan  kajiannya  meliputi:  knnsep-konsep  dasar  dalam  Pendidikan  IPS,
                                   Tradisi  Pendidikan  IPS  di  Indonesia  dan  Negara-negara  lain,  Kurikulum
                                   Pendidikan  IPS  serta  perbandingannya  dengan  Kurikulum  IPS  di  Negara-
                                   negara  lain,  Standar  isi  dan  kompetensi  Pendidikan  IPS  di  sekolah,
                                   Pengembangan silabus dan RPP IPS di sekolah, Kajian materi IPS SD SMP dan
                                   SMTA,  Pengembangan  sumber  belajar  dan  media  IPS,  Pengembangan
                                   strategi  pembelajaran  IPS,  Masalah  dan  kesulitan  belajar,  dan  Penilaian
                                   program proses dan hasil belajar IPS

                             16)   Landasan Pendidikan
                                   Mata  kuliah  ini  menekankan  pada  upaya  untuk  memeberikan  wawasan
                                   kepada  mahasiswa  berkaitan  dengan    prinsip-prinsip  dasar  pembelajaran
                                   khususnya  yang  terkait  dengan  Pendidikan  IPS.  Prinsip-prinsip  dasar  yang
                                   dimaksud mencakup landasan filosofis, landasan landasan historis, landasan
                                   yuridis,  landasan  psikologis,  dan  landasan  paedagogis.  Melalui  pemberian
                                   mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman kritis mengenai
                                   masalah  ke-IPS-an  baik  sebagai  bidang  kajian  akademik  maupun  sebagai
                                   program pendidikan di tingkat persekolahan.

                          17)      Studi Masyarakat Indonesia dan Global
                          18)      Mata  kuliah  ini  bertujuan  untuk  menanamkan  pengetahuan,  sikap  dan
                                   perilaku mahasiswa sebagai warga negara Indonesia yang mampu “berbikir
                                   dan berwawasan global tetapi bertindak secara lokal ke-Indonesiaan (think
                                   globally,  act  locally)”.    Mahasiswa  diharapkan  mampu  memerankan  diri
                                   dalam  kancah  global  tanpa  kehilangan  jati  diri  ke-Indonesiaan-nya.  Topik
                                   materi  yang  mendukung  kajian  mata  kuliah  ini  diantaranya  keragaman
                                   masyarakat Indonesia dari perspektif sosial budaya, ekonomi, dan ekologis
                                   dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Di samping itu, dikaji juga posisi, peran
                                   dan tantangan Indonesia dalam konteks perkembangan global, serta dampak
                                   positif dan negatifnya.






















                       Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         95
   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104