Page 99 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 99
Bahan kajiannya meliputi: knnsep-konsep dasar dalam Pendidikan IPS,
Tradisi Pendidikan IPS di Indonesia dan Negara-negara lain, Kurikulum
Pendidikan IPS serta perbandingannya dengan Kurikulum IPS di Negara-
negara lain, Standar isi dan kompetensi Pendidikan IPS di sekolah,
Pengembangan silabus dan RPP IPS di sekolah, Kajian materi IPS SD SMP dan
SMTA, Pengembangan sumber belajar dan media IPS, Pengembangan
strategi pembelajaran IPS, Masalah dan kesulitan belajar, dan Penilaian
program proses dan hasil belajar IPS
16) Landasan Pendidikan
Mata kuliah ini menekankan pada upaya untuk memeberikan wawasan
kepada mahasiswa berkaitan dengan prinsip-prinsip dasar pembelajaran
khususnya yang terkait dengan Pendidikan IPS. Prinsip-prinsip dasar yang
dimaksud mencakup landasan filosofis, landasan landasan historis, landasan
yuridis, landasan psikologis, dan landasan paedagogis. Melalui pemberian
mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman kritis mengenai
masalah ke-IPS-an baik sebagai bidang kajian akademik maupun sebagai
program pendidikan di tingkat persekolahan.
17) Studi Masyarakat Indonesia dan Global
18) Mata kuliah ini bertujuan untuk menanamkan pengetahuan, sikap dan
perilaku mahasiswa sebagai warga negara Indonesia yang mampu “berbikir
dan berwawasan global tetapi bertindak secara lokal ke-Indonesiaan (think
globally, act locally)”. Mahasiswa diharapkan mampu memerankan diri
dalam kancah global tanpa kehilangan jati diri ke-Indonesiaan-nya. Topik
materi yang mendukung kajian mata kuliah ini diantaranya keragaman
masyarakat Indonesia dari perspektif sosial budaya, ekonomi, dan ekologis
dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Di samping itu, dikaji juga posisi, peran
dan tantangan Indonesia dalam konteks perkembangan global, serta dampak
positif dan negatifnya.
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 95