Page 96 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 96

Mata kuliah ini menelaah secara kritis dan mendalam tentang pemberlakuan
                                 dan  pengembangan    kurikulum  Pendidikan  IPS  di  Indonesia,  sejak  awal
                                 munculnya bidang ilmu IPS hingga pemberlakuan Kurikulum Tingkat Satuan
                                 Pendidikan    (KTSP)  dan  Kurikulum  2013  di  sekolah  dan  perguruan  tinggi.
                                 Kajian kritis terhadap pemberlakuan masing-masing kurikulum juga dikaitkan
                                 dengan  pengembangan  assesmen  pembelajaran  IPS  di  sekolah  dan
                                 perguruan  tinggi.  Dalam  menelaah  kurikulum  Pendidikan  IPS  di  Indonesai
                                 juga  membandingkanya  dengan  kurikulum  di  negara-negara  lain,  seperti
                                 Amerika, Inggris, Australia dan negara-negara Asia Tenggara.

                             7)   Manusia, Ruang dan Pengelolaan Sumberdaya
                                 Manusia,  Ruang  dan  Pengelolaan  Sumberdaya  Mata  kuliah  ini  mengkaji
                                 berbagi  teori  dan  konsep  serta  fenomena  empiric  interaksi  manusia  dan
                                 pengelolaan sumberdaya dalam ruang untuk menunjang kehidupan manusia.
                                 Fokus  kajiannya  adalah  interkasi  manusia  dengan  lingkungan  dan
                                 pengelolaan sumberdaya, pemanfaatan ruang dan dan sumberdaya secara
                                 harmoni  dan  berkelanjutan,  kaitan  pembangunan  dengan  ruang  dan
                                 pengelolaan  sumberdaya,  masalah-masalah  keruangan  dan  pengelolaan
                                 sumberdaya. Tujuan mata kuliah ini adalah menanamkan sikap menghargai
                                 keberadaan  ruang  dan  sumberdaya,  pengetahuan  dan  pemahaman  serta
                                 keterampilan  untuk  hidup  harmonis  dan  berkelanjutan  dalam  ruang  dan
                                 lingkungan  sumberdaya  yang  terbatas.  Materi  tersebut  dapat  dijadikan
                                 acuan  dalam  melakukan  riset  dalam  bentuk  tesis  yang  dikaitkan  dengan
                                 pendidikan IPS.

                             8)   Teori-Teori Sosial Budaya, Demokratisasi dan Civil Society
                                 Matakuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep-
                                 konsep dan/atau teori-teori sosial baik  sebagai kerangka berpikir maupun
                                 acurannya. Kajian seperti ini sangat penting, tidak hanya untuk mengenal
                                 suatu kejadian masa lalu, tetapi juga sebagai skemata bagi tindakan masa kini
                                 guna menjadikan diri kita lebih arif dalam menyikapi suatu permasalahan
                                 sosial.  Kesemuanya  ini  bisa  pula  berkontribusi  bagi  penguatan
                                 keprofesionalan  tenaga  kependidikan  dalam  bidang  IPS.  Di  samping  itu,
                                 matakuliah  ini  juga  memberikan  pemahaman  kepada  mahasiswa  tentang
                                 hakikat kekuasaan baik mendasarkan diri pada budaya politik lokal maupun
                                 pemikiran modern dan postmodern mencakup di dalamnya poststrukturalis.
                                 Kekuasaan  memerlukan  regulasai  antara  lain  melalui  sistem  penataan
                                 kehidupan bermasyarakat, bernegara, dan berbangsa  berdasarkan pada asas
                                 demokrasi.  Pembentukan  negara  demokatis  memerlukan  demokratisasi
                                 secara berkelanjutan  dalam berbagai bidang kehidupan, tidak saja dalam
                                 bidang politik, tetapi juga dalam sosial, ekonomi, dan budaya. Demokratisasi
                                 dalam  kehidupan  bernegara  membutuhkan  kontrol  yang  agar  masyarakat
                                 politik  tidak  berkerja  sama  dengan  masyarakat  ekonomi  untuk
                                 mengeksploitasi  masyarakat  luas.  Kontrol  sosial  dilakukan  oleh  berbagai
                                 pihak,  tidak  saja  media  massa,  tetapi  juga  civil  society.  Aspek  ini  perlu




                       Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         92
   91   92   93   94   95   96   97   98   99   100   101