Page 191 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 191

Sasaran  Perkuliahan  Manajemen  Strategik  dalam  Pendidikan  adalah  agar
                                   mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi,
                                   dan/atau seni baru di dalam bidang Manajemen Strategik Pendidikan atau praktek
                                   profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, inovatif, original,
                                   dan  teruji,  serta  mampu  memecahkan  permasalahan  yang  berkaitan  dengan
                                   teknologi, dan/atau seni dalam bidang Manajemen Strategik Pendidikan melalui
                                   pendekatan inter, multi dan transdisipliner. Materi perkuliahan mencakup pokok
                                   bahasan pendidikan (sekolah) sebagai organisasi non profit, manajemen fungsional
                                   organisasi  pendidikan,  fungsi-fungsi  manajemen  pendidikan,  manajemen  mutu
                                   terpadu dalam pendidikan, manajemen strategik sebagai paradigma baru dalam
                                   pendidikan,  evaluasi  untuk  perbaikan  implementasi  manajemen  strategik  dalam
                                   pendidikan,   pengembangan    manajemen     startegik   dalam   pendidikan,
                                   pengintegrasian manajemen strategik dengan SDM dalam pendidikan, dan aspek-
                                   aspek sososiokultural manajemen strategik dalam pendidikan.

                                                                                         3)
                             21)   Manajemen Konferensi, Seminar, Penataran, dan Pelatihan
                                   Sasaran  perkuliahan  manajemen  konferensi,  seminar,  penataran,  dan  pelatihan
                                   adalah  agar  mahasiswa  mampu  mengembangkan  pengetahuan,  teknologi,
                                   dan/atau seni baru dalam bidang manajemen konferensi, seminar, penataran, dan
                                   pelatihan  atau  praktek  profesionalnya  melalui  riset,  hingga  menghasilkan  karya
                                   kreatif, original, dan teruji, serta mampu memecahkan permasalahan pada bidang-
                                   bidang  tersebut  melalui  pendekatan  inter,  multi  dan  transdisipliner.  Materi
                                   perkuliahan  mencakup  manajemen  dan  operasional  konferensi,  seminar,
                                   penataran,  dan  pelatihan.  Materi  kuliah  ini  mengadopsi  konsep  dalam  dunia
                                   pariwisata   yang   populer   dengan   istilah   MICE   (Meeting/pertemuan,
                                   convention/konvensi, Incentive/bonus, Exhibition/ pameran) untuk diterapkan di
                                   dunia  pendidikan.  Produk  akhir  perkuliahan  adalah  rancangan  pelaksanaan,
                                   monitoring, dan pelaporan kegiatan konferensi, seminar, penataran, dan pelatihan

                                                                                                   3)
                             22)   Manajemen Pengembangan Profesi dan Perilaku Tenaga Pependidikan
                                   Sasaran  Perkuliahan  Manajemen  Pengembangan  Profesi  dan  Perilaku  Tenaga
                                   Kependidikan   adalah   agar   mahasiswa    memiliki   kemampuan    untuk
                                   mengembangkan  pengetahuan,  teknologi,  dan/atau  seni  baru  di  dalam  bidang
                                   Manajemen Pengembangan Profesi dan Perilaku Tenaga Kependidikan atau praktek
                                   profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji,
                                   serta  mampu  memecahkan  permasalahan  yang  berkaitan  dengan  teknologi,
                                   dan/atau  seni  dalam  bidang  Manajemen  Pengembangan  Profesi  dan  Perilaku
                                   Tenaga Kepen-didikan melalui pendekatan inter, multi dan transdisipliner. Materi
                                   perkuliahan mencakup pengertian tenaga kependidikan, jenis dan kualifikasi tenaga
                                   kependidikan, pemikiran dan setrategi pengembangan tenaga kependidikan yang
                                   profesional,  kompetensi  professional  tenaga  kependidikan,  evaluasi  dan
                                   pengukuran kinerja tenaga kependidikan, sistem pengawasan tenaga kependidikan,
                                   sistem pelatihan tenaga kependidkan, pengembangan karir tenaga kependidikan,
                                   pengakuan  dan  penghargaan  tenaga  kependidikan,  perlindungan  hukum  tenaga
                                   kependidikan,  organisasi  profesi  tenaga  kependidikan,  peranan  LPTK  dalam
                                   menyiapkan tenaga kependidikan

                                                                                                            4)
                             23)   Analisis Kritis  Problematik, Hipotetik, dan Metodologik Teknologi Pembelajaran
                                   Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa mengembangkan kemampuan




                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         187
   186   187   188   189   190   191   192   193   194   195   196