Page 191 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 191
Sasaran Perkuliahan Manajemen Strategik dalam Pendidikan adalah agar
mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi,
dan/atau seni baru di dalam bidang Manajemen Strategik Pendidikan atau praktek
profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, inovatif, original,
dan teruji, serta mampu memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan
teknologi, dan/atau seni dalam bidang Manajemen Strategik Pendidikan melalui
pendekatan inter, multi dan transdisipliner. Materi perkuliahan mencakup pokok
bahasan pendidikan (sekolah) sebagai organisasi non profit, manajemen fungsional
organisasi pendidikan, fungsi-fungsi manajemen pendidikan, manajemen mutu
terpadu dalam pendidikan, manajemen strategik sebagai paradigma baru dalam
pendidikan, evaluasi untuk perbaikan implementasi manajemen strategik dalam
pendidikan, pengembangan manajemen startegik dalam pendidikan,
pengintegrasian manajemen strategik dengan SDM dalam pendidikan, dan aspek-
aspek sososiokultural manajemen strategik dalam pendidikan.
3)
21) Manajemen Konferensi, Seminar, Penataran, dan Pelatihan
Sasaran perkuliahan manajemen konferensi, seminar, penataran, dan pelatihan
adalah agar mahasiswa mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi,
dan/atau seni baru dalam bidang manajemen konferensi, seminar, penataran, dan
pelatihan atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya
kreatif, original, dan teruji, serta mampu memecahkan permasalahan pada bidang-
bidang tersebut melalui pendekatan inter, multi dan transdisipliner. Materi
perkuliahan mencakup manajemen dan operasional konferensi, seminar,
penataran, dan pelatihan. Materi kuliah ini mengadopsi konsep dalam dunia
pariwisata yang populer dengan istilah MICE (Meeting/pertemuan,
convention/konvensi, Incentive/bonus, Exhibition/ pameran) untuk diterapkan di
dunia pendidikan. Produk akhir perkuliahan adalah rancangan pelaksanaan,
monitoring, dan pelaporan kegiatan konferensi, seminar, penataran, dan pelatihan
3)
22) Manajemen Pengembangan Profesi dan Perilaku Tenaga Pependidikan
Sasaran Perkuliahan Manajemen Pengembangan Profesi dan Perilaku Tenaga
Kependidikan adalah agar mahasiswa memiliki kemampuan untuk
mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di dalam bidang
Manajemen Pengembangan Profesi dan Perilaku Tenaga Kependidikan atau praktek
profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji,
serta mampu memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan teknologi,
dan/atau seni dalam bidang Manajemen Pengembangan Profesi dan Perilaku
Tenaga Kepen-didikan melalui pendekatan inter, multi dan transdisipliner. Materi
perkuliahan mencakup pengertian tenaga kependidikan, jenis dan kualifikasi tenaga
kependidikan, pemikiran dan setrategi pengembangan tenaga kependidikan yang
profesional, kompetensi professional tenaga kependidikan, evaluasi dan
pengukuran kinerja tenaga kependidikan, sistem pengawasan tenaga kependidikan,
sistem pelatihan tenaga kependidkan, pengembangan karir tenaga kependidikan,
pengakuan dan penghargaan tenaga kependidikan, perlindungan hukum tenaga
kependidikan, organisasi profesi tenaga kependidikan, peranan LPTK dalam
menyiapkan tenaga kependidikan
4)
23) Analisis Kritis Problematik, Hipotetik, dan Metodologik Teknologi Pembelajaran
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa mengembangkan kemampuan
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 187