Page 194 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 194

bidang  pendidikan  IPA  melalui  pendekatan  inter,  multi  dan  transdisipliner.
                                   Perkuliahan  mencakup  penelitian  kualitatif,  penelitian  deskriptif  kuantitatif,
                                   penelitian  komparasi,  dan  penelitian  korelasional,  baik  dengan  pendekatan
                                   eksperimen  maupun  ex  post  facto.    Perkuliahan  juga  mengkaji  penelitian
                                   pengembangan, baik pengembangan model pembelajaran, media pembelajaran,
                                   atau model evaluasi pembelajaran.

                             32)   Orientasi Pendidikan IPA di Masa Depan  5)
                                   Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kompetensi untuk mengetahui
                                   dan  memahami  perubahan  di  masyarakat  yang  berpeluang  mengakibatkan
                                   perubahan  pada  pendidikan  IPA,  termasuk  pembelajaran  IPA  berbasis  kearifan
                                   lokal.  Pengetahuan  dan  pemahaman  tersebut  selanjutnya  digunakan  untuk
                                   melakukan  inovasi  dalam  upaya  merencanakan  pendidikan  IPA  di  masa  depan.
                                   Perkuliahan  diawali  dengan  pengkajian  kecenderungan  perubahan  pendidikan
                                   pendidikan IPA yang berpeluang terjadi, mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat
                                   mendorong terjadinya perubahan pendidikan IPA, serta mengidentifikasi kearifan
                                   lokal  yang  terjadi  secara  turun-temurun  di  masyarakat  yang  berpeluang  untuk
                                   diangkat sebagai model pembelajaran IPA. Selanjutnya, mahasiswa diajak untuk
                                   mengkaji  inovasi  yang  perpeluang  untuk  dilakukan  dalam  upaya  mengantisipasi
                                   perubahan pendidikan IPA di masa depan.

                                                                                      6)
                             33)   Analisis Kritis Penelitian Pendidikan Matematika Terkini
                                   Penelitian Pendidikan Matematika berkembang pesat mengikuti perubahan cepat
                                   pada bidang sosial, potitik, ekonomi, dan teknologi informasi.  Revolusi industri 4.0
                                   memberikan  peluang  dan  tantangan  dalam  inovasi  penelitian  pendidikan
                                   matematika baik dalam konteks lokal, nasional, regional dan internasional. Kuliah
                                   ini  mengkaji  dan  mengevaluasi  penelitian  terkini  dalam  Pendidikan  Matematika
                                   yang dimuat dalam jurnal internasional bereputasi. Berdasarkan kajian tersebut,
                                   mahasiswa diajak mengidentifikasi permasalahan dalam pembelajaran matematika
                                   yang dapat dijadikan topik penelitian. Produk kuliah berupa: kajian pustaka, analisis
                                   meta,  analisis  materi  tentang  hasil  pemikiran  dan  penelitian  pendidikan
                                   matematika  terkini,  serta  topik  penelitian  baru  di  sekitar  pembelajaran
                                   matematika.

                                                                                                        6)
                             34)   Inovasi Model Pembelajaran dan Model Evaluasi Pembelajaran Matematika
                                   Kuliah    ini  membahas,  menganalisis,  dan  mengevaluasi  berbagai  konsep,  topik,
                                   pendekatan, model, strategi, metode, dan teknik dalam pembelajaran matematika.
                                   Mahasiswa diajak mengembangkan prototype  model pembelajaran matematika
                                   yang inovatif. Pada bagian akhir perkuliahan mahasiswa diajak mengkaji berbagai
                                   teori modern dalam evaluasi pembelajaran untuk diterapkan dalam pembelajaran
                                   matematika,  seperti  seperti  teori  respon  butir  (item  rensponse  theory),  partial
                                   credit  model  (PCM)  atau  model  Samejima,  MRM  (Mixed  Rasch  Model),  RSM
                                   (Ratting Scale Model), GPCM (Generalized Partial Credit Model),  dan GRM (Graded
                                   Response  Model).  Produk  akhir  perkuliahan  adalah  model  pembelajaran
                                   matematika,  baik yang bersifat original maupun reverse engineering dan model
                                   evaluasi pembelajaran matematika dengan pendekatan teori modern.

                                                              6)
                             35)   Kajian Matematika Sekolah
                                   Teknologi  informasi  dengan  berbagai  produknya  berupa  paket  aplikasi,  media




                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         190
   189   190   191   192   193   194   195   196   197   198   199