Page 194 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 194
bidang pendidikan IPA melalui pendekatan inter, multi dan transdisipliner.
Perkuliahan mencakup penelitian kualitatif, penelitian deskriptif kuantitatif,
penelitian komparasi, dan penelitian korelasional, baik dengan pendekatan
eksperimen maupun ex post facto. Perkuliahan juga mengkaji penelitian
pengembangan, baik pengembangan model pembelajaran, media pembelajaran,
atau model evaluasi pembelajaran.
32) Orientasi Pendidikan IPA di Masa Depan 5)
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kompetensi untuk mengetahui
dan memahami perubahan di masyarakat yang berpeluang mengakibatkan
perubahan pada pendidikan IPA, termasuk pembelajaran IPA berbasis kearifan
lokal. Pengetahuan dan pemahaman tersebut selanjutnya digunakan untuk
melakukan inovasi dalam upaya merencanakan pendidikan IPA di masa depan.
Perkuliahan diawali dengan pengkajian kecenderungan perubahan pendidikan
pendidikan IPA yang berpeluang terjadi, mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat
mendorong terjadinya perubahan pendidikan IPA, serta mengidentifikasi kearifan
lokal yang terjadi secara turun-temurun di masyarakat yang berpeluang untuk
diangkat sebagai model pembelajaran IPA. Selanjutnya, mahasiswa diajak untuk
mengkaji inovasi yang perpeluang untuk dilakukan dalam upaya mengantisipasi
perubahan pendidikan IPA di masa depan.
6)
33) Analisis Kritis Penelitian Pendidikan Matematika Terkini
Penelitian Pendidikan Matematika berkembang pesat mengikuti perubahan cepat
pada bidang sosial, potitik, ekonomi, dan teknologi informasi. Revolusi industri 4.0
memberikan peluang dan tantangan dalam inovasi penelitian pendidikan
matematika baik dalam konteks lokal, nasional, regional dan internasional. Kuliah
ini mengkaji dan mengevaluasi penelitian terkini dalam Pendidikan Matematika
yang dimuat dalam jurnal internasional bereputasi. Berdasarkan kajian tersebut,
mahasiswa diajak mengidentifikasi permasalahan dalam pembelajaran matematika
yang dapat dijadikan topik penelitian. Produk kuliah berupa: kajian pustaka, analisis
meta, analisis materi tentang hasil pemikiran dan penelitian pendidikan
matematika terkini, serta topik penelitian baru di sekitar pembelajaran
matematika.
6)
34) Inovasi Model Pembelajaran dan Model Evaluasi Pembelajaran Matematika
Kuliah ini membahas, menganalisis, dan mengevaluasi berbagai konsep, topik,
pendekatan, model, strategi, metode, dan teknik dalam pembelajaran matematika.
Mahasiswa diajak mengembangkan prototype model pembelajaran matematika
yang inovatif. Pada bagian akhir perkuliahan mahasiswa diajak mengkaji berbagai
teori modern dalam evaluasi pembelajaran untuk diterapkan dalam pembelajaran
matematika, seperti seperti teori respon butir (item rensponse theory), partial
credit model (PCM) atau model Samejima, MRM (Mixed Rasch Model), RSM
(Ratting Scale Model), GPCM (Generalized Partial Credit Model), dan GRM (Graded
Response Model). Produk akhir perkuliahan adalah model pembelajaran
matematika, baik yang bersifat original maupun reverse engineering dan model
evaluasi pembelajaran matematika dengan pendekatan teori modern.
6)
35) Kajian Matematika Sekolah
Teknologi informasi dengan berbagai produknya berupa paket aplikasi, media
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 190