Page 82 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 82
c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,
berbangsa,bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,
memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan
bangsa;
e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan
kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
f. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap
masyarakat dan lingkungan;
g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan
bernegara;
h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
i. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang
keahliannya secara mandiri; dan
j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan
kewirausahaan.
k. Menunjukkan integritas tinggi dalam lingkup kehidupan sosial dan
profesional dengan megedepankan nilai-nilai luhur keharmonisan
sesuai dengan falsafah Tri Hita Karana
2) CPL Pengetahuan:
a. Menguasai konsep pengetahuan, dan wawasan yang luas serta
kemampuan professional dalam bidang keilmuan Pendidikan IPS dan
ilmu-ilmu social sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan,
teknologi dan atau seni.
b. Menguasai pengetahuan dan wawasan yang luas tentang pemecahkan
permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuan
Pendidikan IPS dan ilmu-ilmu sosial melalui pendekatan inter atau
multidisipliner
c. Menguasai konsep, prinsip, aplikasi berbagai metode pembelajaran
inovatif, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran bidang
pendidikan IPS dan ilmu-ilmu social.
d. Menguasai pengetahuan dan wawasan yang luas dalam mengelola riset
dan pengembangan yang berkontribusi pada peningkatan kemaslahatan
masyarakat, pengembangan keilmuan Pendidikan IPS dan ilmu-ilmu
social berdasarkan nilai-nilai fafsafah Pancasila dan Tri Hita Karana.
3) CPL Keterampilan Umum:
a. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif
dalam penerapan teknologi Pendidikan dan Pembelajaran IPS yang
memperhatikan dan menerapkan nilai-ni;ai humaniora sesuai bidang
keahlian Pendidikan IPS dalam rangka menghasilkan prototipe, karya
desain, produk seni, atau inovasi teknologi bernilai tambah, menyusun
konsepsi ilmiah atau karya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika
ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah
dalam laman perguruan tinggi, serta artikel yang dipresentasikan atau
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 78